Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi dampak dan sejauh mana metode pembelajaran di luar ruangan memengaruhi tingkat kreativitas siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Cijayanti 06, pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Sampel dipilih secara purposif dengan menggunakan metode Pengambilan Sampel Nonprobabilitas Berdasarkan Jenis Pengambilan Sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan metode pembelajaran di luar ruangan dan kreativitas siswa, dengan signifikansi uji sebesar 5.440 > 2.002 dan dampak positif sebesar 38,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan tingkat kreativitas siswa dan merupakan salah satu alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. 5, 187–200. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3533
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675
Iswanti, P., & Usodo, B. (2016). PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(6), 632–640.
Suratmi,yuniasih. (2018). Deskripsi Kemampuan Berpikir kreatif matematis. FKIP UMP, 2018 7. 2013, 7–20.
Machrus,Agus. (2012). Pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kreativitas berpikir siswa dalam matematika.
Manik, P., Saraswati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2), 257–269.
Ovan, S. P. (2022). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA (1st ed.). KENCANA.
Paramita Daniar, Wijayanti Ratna, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (M. Mursyid (Ed.); ke 3). WIDYA GAMA PRESS.
Rahman, A., Sukri, M., Teknik, J. P., Kampus, I. P. G., Ibrahim, T., & Bahru, J. (2021). Pembangunan Instrumen Karakter Kreatif Pelajar Pendidikan Teknikal Dan Latihan Vokasional ( TVET ). 2, 112–122.
Samura, A. O. (2019). MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. 5(1), 20-
Sani, S. A., & Setiawan, I. P. (2020). YUME : Journal of Management Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME : Journal of Management, 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778
Nurvita & Indriani, D. (2020). METODE OUTDOOR STUDY DAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANAWA KABUPATEN DONGGALA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 17(1), 66–80.
Argarini, D. F., Budiyono, B., & Sujadi, I. (2014). Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii Smp N 1 Kragan Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Mathematicsand Mathematics Education, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.20961/jmme.v4i2.9970
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675
Ismail. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(2), 26–27.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942