Pengaruh Emoji Whatsapp: Analisa Penerimaan Pesan Komunikasi Remaja di Universitas Djuanda Bogor

Authors

  • Muhamad Fauzi Swarna Universitas Djuanda
  • Audra Putra Sabarudin Universitas Djuanda
  • Tri Dewi Bilqis Universitas Djuanda
  • Ivana Ismia Anwar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11876

Keywords:

Emoji Whatsapp, Komunikasi Visual, Penerimaan Pesan

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran emoji dalam komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa Universitas Djuanda Bogor melalui platform pesan instan WhatsApp. Dengan fokus pada aspek ekspresif emoji sebagai bahasa digital, penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam pada sepuluh responden. Temuan menunjukkan   bahwa   emoji   tidak   hanya   berfungsi   sebagai   elemen   visual pendukung, tetapi juga memainkan peran kunci dalam mengekspresikan emosi, memperjelas pesan, dan memperkaya komunikasi. Analisis isi pesan teks WhatsApp mengungkapkan bahwa emoji tidak hanya sekadar pelengkap teks, tetapi juga berfungsi sebagai penekanan, pengganti kata-kata, dan penyampai humor. Dalam konteks akademis, penggunaan emoji muncul sebagai elemen positif yang dapat membentuk hubungan interpersonal di antara remaja. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kontribusi emoji dalam konteks komunikasi digital remaja, menggambarkan peran mereka sebagai alat esensial dalam membentuk dan memperkaya komunikasi interpersonal.

 

References

Ahmadi, D. (2005). Interaksi Simbolik : Suatu Pengantar. 56.

Arafah, B., & Hasyim, M. (2019). Linguistic Functions Of Emoji In Social Media Communication. Opción, 35(24). https://ssrn.com/abstract=3609199

Bagaskara, R. S., Nur, F., & Putri, F. (2023). Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten dalam Komunikasi Virtual Mahasiswa The Effect of Using Emoji on Warm Impression and Competence on Student Virtual Communication. 15(2), 134–143.

Bowen, P., & Hua, L. (2021). Analysis of Computer Graphic Image Design and Visual Communication Design. Journal of Physics: Conference Series, 1827(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1827/1/012141

Darmalaksana, W. (2022). Panduan penulisan skripsi & tugas akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–40.

Darmawan, C., Silvana, H., Zaenudin, H. N., & Effendi, R. (2019). Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 159–169.

Derung, T. N. (2017). Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(1), 118–131. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i1.33

Haris, A., & Amalia, A. (2018). Makna Dan Simbol Dalam Proses Interaksi Sosial (Sebuah Tinjauan Komunikasi). Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), 16. https://doi.org/10.24014/jdr.v29i1.5777

Koltsova, E. A., & Kartashkova, F. I. (2022). Digital Communication and Multimodal Features: Functioning of Emoji in Interpersonal Communication. RUDN Journal of Language Studies, Semiotics and Semantics, 13(3), 769–783. https://doi.org/10.22363/2313-2299-2022-13-3-769-783

Mohd Zain, N., & Isam, H. (2019). Emoji Dan Ekspresi Emosi Dalam Kalangan Komuniti Siber. Pendeta Journal of Malay Language, Education and Literature, 10(1), 12–23. https://doi.org/10.37134/pendeta.vol10.2.2019

Mussardo, G. (2019). Sumber Data Penelitian. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Nawawi, D. achmad, & Saidi, A. I. (2023). Kajian Persepsi Visual Pengguna Peta Diagram Rute Krl Jabodetabek. 14(1), 60–67.

Nurdin, A., & Labib, M. (2021). Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Communcatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.15575/cjik.14912

Putri, S. N. J., Aiman, U., Sudirman, M. Y., Kurniawan, N. A., & Pambudi, P. R. (2021). Pengaruh Emoji Dalam Media Layanan Bimbingan Dankonseling Online Terhadap Metakognitif Konseling. Jurnal Psikodidaktika, 6(1).

Rakhman, A. K. (2020a). Emoji Pada Media Sosial Sebagai Komunikasi Antarbudaya. Jurnal Mozaik Komunikasi, 2(2).

Rakhman, A. K. (2020b). Emoji Pada Media Sosial Sebagai Komunikasi Antarbudaya. Jurnal Mozaik Komunikasi, 2.

Utoyo, A. W. (2023). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. XVI(1).

Vanichvasin, P. (2020). Effects of Visual Communication on Memory Enhancement of Thai Undergraduate Students, Kasetsart University. Higher Education Studies, 11(1), 34. https://doi.org/10.5539/hes.v11n1p34

Yurisma, D. Y., & Prasetya, A. J. (2021). Pengenalan desain komunikasi visual dan animasi dalam dunia industri untuk pelajar Sekolah Menengah Atas. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.17509/tmg.v1i1.34297

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Swarna, M. F., Sabarudin, A. P. ., Bilqis, T. D., & Anwar, I. I. (2024). Pengaruh Emoji Whatsapp: Analisa Penerimaan Pesan Komunikasi Remaja di Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1608–1628. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11876
Abstract viewed = 70 times

Most read articles by the same author(s)