Pengaruh Lingkungan Pendidikan Tinggi Terhadap Keterampilan Komunikasi Remaja

Main Article Content

Audra Putra Sabarudin
Silva Intan Lestari
Putri Aisah Adhetia
Nanda Akmal Maulana

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pendidikan tinggi yang semakin menjadi pilar utama dalam kehidupan remaja, memberikan panggung yang unik untuk memahami bagaimana pengalaman ini dapat membentuk keterampilan komunikasi mereka. Lingkungan pendidikan tinggi sering mendorong remaja untuk melakukan refleksi yang lebih dalam terhadap nilai, keyakinan, dan tujuan hidup mereka. Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana lingkungan pendidikan tinggi dapat membentuk dan memengaruhi keterampilan komunikasi remaja, dengan harapan hasil penelitian ini dapat memberikan dasar untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum yang lebih berfokus pada aspek pengembangan remaja. Dengan menganalisis data dari remaja melalui kuesioner, hasil menunjukkan bahwa remaja berpendidikan tinggi cenderung memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik, terutama lingkungan perguruan tinggi memiliki pengaruh terhadap keterampilan komunikasi serta keterampilan komunikasi terbentuk dari keterbiasaan dalam melakukan komunikasi, mencerminkan kompleksitas pengaruh lingkungan pendidikan tinggi yang dipahami melalui kerangka teori identitas diri. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana lingkungan pendidikan tinggi memengaruhi keterampilan komunikasi remaja. Dengan hasil ini, diharapkan penelitian ini memberikan landasan untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum yang lebih berfokus pada aspek pengembangan remaja.

Article Details

How to Cite
Sabarudin, A. P. ., Lestari, S. I. ., Adhetia, P. A. ., & Maulana, N. A. . (2024). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Tinggi Terhadap Keterampilan Komunikasi Remaja. Karimah Tauhid, 3(1), 739–752. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11689
Section
Articles

References

Briandana, R., Fasta, F., Mihardja, E. J., & Qasem, A. (2021). “Exploring Self Identity: An Analysis of Audience Reception of Vlogs”. Jurnal ASPIKOM, 6(2), 303. https://doi.org/10.24329/aspikom.v6i2.921

Faliyandra, F. (2020). ” Model Komunikasi Pendidikan di Sosial Media Pada Era Perkembangan Teknologi”. Islam Universalia : International Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(3).

Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Irham, D. M., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021).”Implikasi Egosentris Dan Spiritual Remaja Dalam Mencapai Perkembangan Identitas Diri”. Motiva : Jurnal Psikologi, 4(1), 18–31.

Haq, K. (2016) “ Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Terhadap Kemampuan Komunikasi ”, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), pp. 32–39. Available at: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3928.

Laelah, N. A., & Aeni, M. H. (2023).”Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa”. Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya Dan Islam, 2(2). https://doi.org/10.15408/virtu.vxxx.xxxxx

Liap, A. L., Permana, D., Nurmahdi, A., Wibowo, W., & Chong, D. (2023). “Memengaruhi Self Identity, Social Influence Untuk Decisions To Visit Objek Wisata Hutan Bakau”: Tinjauan Pustaka. Jurnal Doktor Manajemen, 6(1).

Mahadi, U. (2021). ”Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran)” .JOPPAS : Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2).

Nisa, H. (2022).” Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter” . Universum : Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(1).

Pertiwi, Y., Wijaya, A., Simatupang, S., & Studi Manajemen, P. (2019). “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Bangun”. Sultanist : Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(9). https://sultanist.ac.id/index.php/sultanist

Romli, K., Marhayati, N., Dermawan, A., & Kusuma, B. M. A. (2019). “Implikasi Egosentris Dan Spiritual Remaja Dalam Mencapai Perkembangan Identitas Diri”. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(1). http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar

Soedarsono, D. K. (2022). "”‘Pesan Komunikasi Pendidikan Di Media Televisi’”. Jurnal Ilmiah Komunikasi |MAKNA, 2(2).

Vandela, F., & Sugiarto, A. (2021). “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Manajemen, 12(3), 429. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i3.4913

Wahyuni, E. (2015) ‘Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum’, Jurnal Komunikasi Islam, 05.

Most read articles by the same author(s)