Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi - Bogor

Main Article Content

Distya Riski Hapsari
Intan Kusumaningrum
Siti Aminah
Sri Dewi Puspitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh logo halal dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian dengan metode survei menggunakan kuesioner pada masyarakat muslim di kecamatan Ciawi-Bogor. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Logo Halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai regresi 0,472 dan tingkat signifikansinya 0,001. (2) Kesadaran Halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai regresi 0,469 dan tingkat signifikansinya 0,000. (3) Logo halal dan kesadaran halal  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansinya 0,000, lebih kecil dari 0,05 (p<0,05). Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 20,269 + 0,472X1 + 0,469X2. Pada penelitian tahap 2 dilakukan uji keamanan pangan boraks dan formalin pada produk bakso dalam kemasan dengan menggunakan tes kit dengan 2 kali ulangan, hasil penelitian dari 12 sampel tidak terdeteksi adanya formalin maupun boraks.

Kata Kunci: Logo halal, kesadaran halal,uji boraks, uji formalin

Article Details

How to Cite
Hapsari, D. R., Kusumaningrum, I., Aminah, S., & Puspitasari, S. D. (2019). Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi - Bogor. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 5(2), 196–203. https://doi.org/10.30997/jah.v5i2.1965
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>