Publication Ethics

 

PETUNJUK PUBLIKASI JURNAL AGROINDUSTRI HALAL

Jurnal Agroindustri Halal (JAH) akan menerbitkan hasil penelitian atau ulasan ilmiah dengan fokus tema kimia pangan, biokimia pangan, pengolahan pangan halal, teknologi industri pertanian, manajemen dan pemodelan agroindustri, teknik dan sistem industri, teknik manajemen lingkungan agroindustri, rekayasa dan bioproses produk biomaterial halal, dan lain-lain. JAH akan terbit setiap bulan April dan Oktober.

JAH akan menjembatani informasi terkini yang dilakukan oleh peneliti dan praktisi dalam bidang tersebut di atas.  Penelitian yang diterbitkan di JAH adalah penelitian terbaru dan tidak ditemukan pada jurnal lainnya. Oleh karena itu, diperlukan standar yang disetujui oleh semua yang terlibat dalam JAH yaitu penulis, editor, reviewer, penerbit, dan masyarakat.

Program studi Teknologi Pangan dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Ilmu Pangan Halal , Universitas Djuanda Bogor bertindak sebagai penerbit Jurnal Agroindustri Halal,  yang bertanggung jawab mengawal seluruh proses penerbitan, memahami etika dan tanggung jawab.

Program studi Teknologi Pangan dan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Ilmu Pangan Halal , Universitas Djuanda Bogor akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain, jika berguna dan diperlukan.

Tugas Editor

  1. Editor JAH akan memutuskan artikel yang  diterbitkan setelah melalui tahapan – tahapan yang ditetapkan. Editor dipandu oleh kebijakan Dewan Editor jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku, seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor lain atau mitra bestari dalam membuat keputusan ini.
  2. Editor dapat memutuskan reviewer yang sesuai dengan bidang keahlian manuskrip yang akan direview.
  3. Editor menjamin proses review berlangsung seacar adil, tidak bias, dan tepat waktu. Adil dengan mementingkan konteks intelektual, bukan ras, gender, kepercayaan, etnis, kewarganegaraan, dan pandangan politik.
  4. Proses editorial adalah proses yang transparan, lengkap dengan penilaian yang jujur
  5. Editor menjaga kerahasiaan semua materi yang terdapat pada manuskrip dan segala komunikasi dengan reviewer, kecuali dengan persetujuan penulis dan reviewer
  6. Editor tidak menggunakan informasi dalam manuskrip yang belum diterbitkan untuk kepentingan riset editor kecuali dengan diketahui dan persetujuan penulis
  7. Editor tidak terlibat pada manuskrip yang ditulis sendiri, anggota keluarga, atau produk dan jasa dimana editor tertarik pada hal tersebut
  8. Editor menjaga integritas catatan publikasi dengan meninjau dan menilai dugaan kesalahan penelitian, publikasi, review, editorial dengan penerbit
  9. Editor mengkomunikasikan kepada penerbit jika dugaan kesalahan terbukti dengan tindakan koreksi, pencabutan terbitan, dan tindakan lain yang relevan

 

Tugas Reviewer

  1. Reviewer memberi saran kepada editor dalam pengambilan keputusan
  2. Reviewer akan mereview manuskrip yang sesuai dengan bidangnya dan memiliki hak menolak permintaan editor untuk mereview manuskrip
  3. Reviewer menjaga kerahasiaan manuskrip
  4. Segala materi dan informasi yang belum dipublikasikan tidak digunakan untuk penelitian reviewer atau kepentingan pribadi lainnya tanpa diketahui oleh penulis
  5. Reviewer mengidentifikasi yang belum disitasi oleh penulis. Pernyataan dari penelitian sebelumnya yang mendukung pernyataan artikel harus memiliki sitasi. Reviewer dapat melaporkan kepada editor jika reviewer mengetahui adanya kesamaan manuskrip dengan manuskrip lain atau overlap dengan yang telah dipublikasikan di jurnal lain
  6. Reviewer bersifat objektif
  7. Reviewer meminta pertimbangan kepada editor sebelum mereview manuskrip jika terdapat potensi konfik karena kompetisi, kolaborasi, atau hubungan lainnya dengan penulis, perusahaan, pemberi dana, atau institusi yang terkait dengan manuskrip

 

Tugas penulis

  1. Penulis harus menyajikan manuskrip yang akurat tentang penelitian atau ulasan ilmiah yang telah dilakukan. Data ditulis secara akurat. Artikel harus memuat detail dan referensi yang cukup sehingga memungkinkan orang lain mereplikasi penelitian tersebut. Pernyataan palsu atau tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Ulasan dan artikel publikasi harus akurat dan obyektif.
  2. Penulis dapat dimintai data mentah untuk keperluan review editorial. Data mentah dapat diakses publik dan seharusnya tetap disimpan untuk jangka waktu tertentu setelah publikasi.
  3. Penulis meyakinkan bahwa apa yang ditulis adalah karya asli. Apabila penulis menggunakan karya atau pernyataan dari penulis lain, maka harus menggunakan sitasi. Segala bentuk plagiarisme tidak dapat diterima. Setiap artikel yang masuk akan dicek plagiarismenya menggunakan software.
  4. Penulis tidak menerbitkan artikel dengan isi esensi yang sama di lebih dari satu jurnal.
  5. Pengakuan sumber lain harus jelas dan ditulis dengan cara menyitasi publikasi lain. Informasi yang didapatkan secara pribadi boleh digunakan dengan mendapat izin dari sumber. Informasi yang diperoleh dari manuskrip referensi atau aplikasi hibah, tidak boleh digunakan tanpa izin tertulis eksplisit dari penulis yang terlibat.
  6. Penulis adalah seseorang yang memiliki kontribusi secara signifikan terhadap konsep, desain, eksekusi, dan interpretasi penelitian. Semua yang memiliki kontribusi di list sebagai co – author. Sedangkan orang lain yang terlibat dalam substansi atau aspek tertentu dapat ditulis sebagai kontributor. Corresponding author telah mengecek nama yang ditulis dalam artikel dan meyakinkan bahwa semua co – authors telah membaca dan menyetujui artikel yang dibuat dan akan dipublikasikan.
  7. Jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya dalam penggunaannya, penulis harus mengidentifikasi secara jelas dalam artikel. Jika penelitian melibatkan subyek hewan atau subyek manusia, penulis harus memastikan pernyataan bahwa semua prosedur dilakukan sesuai dengan hukum dan pedoman kelembagaan yang relevan, dan komite kelembagaan telah menyetujui. Hak privasi subyek manusia harus selalu diperhatikan.
  8. Semua penulis harus mengungkapkan setiap konflik kepentingan finansial atau substansi lainnya yang mungkin mempengaruhi artikel. Semua sumber keuangan penelitian harus diungkapkan. Contoh-contoh potensi konflik kepentingan yang harus diungkapkan mencakup pekerja, konsultasi, kepemilikan saham, honorarium, kesaksian ahli, paten, dan hibah atau pendanaan lainnya. Potensi konflik kepentingan harus diungkapkan sedini mungkin.
  9. Apabila penulis menemukan kesalahan dalam publikasi, penulis harus segera mengomunikasikannya kepada editor jurnal untuk diperbaiki. Apabila editor mendapatkan notifikasi kesalahan dari pihak ketiga, maka kewenangan di tangan penulis untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel.

Referensi : ELSEVIER Ethical Guidelines for Journal Publication