MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) PESERTA DIDIK

Main Article Content

Muhammad Maldi Gunawan
Abdul Kholik
Omon Abdurakhman

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah pengaplikasian pelayanan yang optimal bagi peserta didik dari proses penerimaan siswa baru hingga  penyelesaiannya dalam kegiatan belajar di sekolah (kelulusan). SMP IT YASPIDA adalah sekolah yang berlandaskan visi, misi dan tujuan yang jelas maka dari itu dituntut untuk memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin bagi para siswa dari awal pengrekrutmen peserta didik baru, proses kegaiatan belajar mengajar dengan hasil evaluasi dari prestasi akademik dan non akademik, serta pembentukan kepercayaan diri melalui kegiatan pembinaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana periset hanya mendeskripsikan secara fakta atau fenomena akan gagasan realita bentuk implementasi manajemen kesiswaan dalam membentuk kepercayaan diri peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMP IT YASPIDA, tekhnik kumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dalam penganalisaan data menggunakan model yaitu reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Hasil akhir yang diperoleh yaitu bentuk rekruitmen peserta didik baru berdasarkan SOP yang ditetapkan oleh KEPSEK dan wakil kurikulum, serta membentuk kepercayaan peserta didik melalui kegiatan pembinaan, kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah seperti ekstrakulikuler dan intrakulikuler yaitu dilakukan dengan melakukan pembinaan terhadap peseta didik yang mempunyai minat dan bakat keterampilan sesuai dengan potensinya.  evaluasi kegiatan belajar baik secara akademik maupun non akademik.

Article Details

How to Cite
Maldi Gunawan, M., Kholik, A. ., & Abdurakhman, O. . (2023). MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) PESERTA DIDIK. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/11041
Section
Articles

References

Abin, M. R. (2017). Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. TA'ALLUM Jurnal Pendidikan Islam, 87-102.

Aisah, A. M. (2015). Pengaruh Pelayanan Manajemen Kesisiwan terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal Ta'dibi. Vol.4. No.1 .

Alhuda, N. S. (2020). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Media Manajamen Pendidikan. Vol. 2. No.2, 209.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. JUrnal Konseling GUSJIGANG. Vol. 2 No. 2, 182-189.

Astuti. (2021). Manajemen Peserta Didik. ADARA jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 11. No 2, 133-144.

Didin Kurniadin, M., & Dr. Imam Machali, M. (2014). Manajemen Pendidikan (Konsep, Prinsip dan Pengelolaan Pendidikan). Jakarta: Ar-

Ruzz Media.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif . Jakarta: Rajawali Pers.

Faturahman, S. (2022). Manajemen Peserta Didik di MTS Persisi Lempong Garut. Tadbir Muwahhid. Vol.6 No. 1, 33-46.

Fitria Mardika, R. U. (2020). Peningkatan Kepercayaan Siswa SMP dengan Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Square. Jurnal Axiom Pendidikan dan Matematika. Vol. 9 No.1 , 87-89.

H, E. M. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iffa Dian Pratiwi, H. L. (2018). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri X. Psikologi Teori dan Terapan, Vol. 7, No. 1 , 43-49.

Moleong, L. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perdana, F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar . Jurnal Eduekos. Vol. 7 No.2, 70-89.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Suminar, W. (2018). Manajemen Peserta Didik untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Pacitan. Muslim Heritage. Vol.1. No.2 , 280-391.

Tanjung, Z. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRIT). Vol. 2.No.2 , 1- 4.

Most read articles by the same author(s)