STRATEGI DIFERENSIASI PENGEMBANGAN JASA PENDIDIKAN

Main Article Content

Siti Uluwiyah
Hania Pricilia
Luqmanul Hakim
Muhammad Nawawi
Abdul Kholik

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan strategi diferensiasi dalam pengembangan jasa pendidikan di SMK Haspa, mengetahui proses manajemen strategi yang dilakukan berupa perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada strategi diferensiasi dalam pengembangan jasa pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskripstif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di SMK Haspa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan: 1) Strategi diferensiasi SMK Haspa terletak pada kompetensi keahlian yang diterapkan yaitu Agribisnis, menerapkan sekolah gratis, dan melakukan program program dengan menyesuaikan kebutuhan siswa. 2) tahap perencanaan strategi yang dilakukan dengan pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan, identifikasi lingkungan internal dan eksternal, pemilihan dan penetapan alternatif strategi dan strategi khusus; 3) tahap implementasi strategi dilakukan dengan pengembangan budaya pendukung melalui prodram program yang diterapkan, pemanfaatan sistem informasi dan teknologi dalam pembelajaran serta pemasaran sekolah; 4) tahap evaluasi strategi yang dilakukan dengan peninjauan factor internal dan eksternal secara komprehensif, pengukuran kinerja denganevaluasi program, dan pengambilan tindakan korektif pada program yang terkendala atau tidak sesuai, melalui kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelola sekolah harus mampu menetapkan strategi diferensiasi layanan keunggulan yang tepat dan didasarkan pada analisis kebutuhan dan kecenderungan masyarakat.


Abstract


The research was conducted with the aim of explaining the differentiation strategy in the development of educational services at Haspa Vocational High School, knowing the strategy management process carried out in the form of planing, implementing, and evaluating the differentiation strategy in the development of educational services. The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach using interview, observation, and documentation techniques conducted at SMK Haspa. The results of the research conducted show: 1) Haspa Vocational High School’s differentiation strategy lies in the competency skills applied, namely Agribusiness, implementing free schools, and conducting programs to suit students needs; 2) the strategic planning stage which is carried out by developing a vision and mission, setting goals, identifying the internal and external environment, selecting and determining alternative strategies and specipic strategies; 3) the strategy implementation stage is carried out by developing a supporting culture through implemented programs, utilizing information systems and technology in learning and school marketing; 4)the strategy evaluation stage is carried out by comprehensively reviewing internal and external factors, measuring performance by evaluating programs, and taking corrective action on programs that are constrained or not suitable, through evaluation and monitoring activities which are carried out every 3 months. This study concludes that school administrators must be able to determine the right service excellence defferentation strategy and be based on an analysis of community needs and trends.

Article Details

How to Cite
Uluwiyah, S., Pricilia, H., Hakim, L., Nawawi, M., & Kholik, A. (2023). STRATEGI DIFERENSIASI PENGEMBANGAN JASA PENDIDIKAN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10885
Section
Articles

References

Agusna, C. 2020. Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY)

Arifudin O., Tanjung R., & Sofyan Y. 2020. Manajemen Strategik Teori dan Implementasi. CV. Pena Persada. Purwokerto.

Fadhli, M. 2020. Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Journal of Science and Research: 11-23.

Fathoni, M. A. 2010. Strategi Diferensiasi Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Kompetitif Layanan Pendidikan . Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial- Budaya: 147-179.

Maisaroh S. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Samudra Biru. Yogyakarta.

Martins, D. & Carvalho, C. (2013). Curriculum: an opportunity to develop the young's identity? Proceedings of European Conference on Curriculum Studies. Future Directions: Uncertainty and Possibility (CD-ROM). Braga: Institute of Education, University of Minho. Retrieved from http://repositorium.sdum.uminho.pt/handle/1822/26916?mode=full

Ngaisah R, Nurhayati R, & Nurbaeti A. 2020. Analisis Penerapan Strategi Harga dan Diferensiasi Produk dalam Keunggulan Bersaing Di Sekolah Alam Purwakarta. Eksisbank ( Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan), 4(1), 11-21.

Pacheco J. A. (2012). Curriculum Studies: What is the Field Today? Journal of The American Association for the Advancement of Curriculum Studies, 8 (1), 1-25.

Prasodjo T. 2021. Manajemen Strategi. Zahir Publishing. Yogyakarta.

Ria, H. Z. 2020. Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Madrasah Inspiratif Di Man 2 Ponorogo . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: 175-188.

Sahir S. H. 2021. Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia. Yogyakarta.

Satyarini, R. 2016. Strategi Diferensiasi Sebagai Alat Untuk Memenangkan Persaingan Pada Industri Kreatif Di Bandung. Bina Ekonomi: 47-55.

Steiner-Khamsi, G. (2012). Understanding policy borrowing and lending. In G. Steiner-Khamsi & F. Waldow (Org.), World yearbook of Education 2012. Policy Borrowing and Lending in Education (pp. 3-17). London: Routledge

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Taveira, M. C. & Campos, B. P. (1987). Identidade Vocacional de Jovens: Adaptação de uma Escala (DISI-O) [Youngs vocational identity: Adaptation of a Scale (DISI-O)]. Cadernos de Consulta Psicológica, 3, 55-67.

Wati, Y. D., & Murtadlo. 2021. Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus Di Smk N 5 Bojonegoro). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan: 965- 980.

Zahara, A. P., Danial, D. M., & Samsudin, A. 2020. Strategi Diferensiasi Sebagai Upaya Mewujudkan Keunggulan Bersaing pada UKM Furniture. Jurnal Pendidikan Ekonomi: 20-27.