DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA: KAJIAN LITERATUR

Authors

  • Diva Syakira Nurisma Universitas Djuanda
  • Afridha Sesrita Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13813

Keywords:

Permainan Tradisional, Kelereng, Matematika

Abstract

Permainan tradisional kelereng menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak permainan tradisional kelereng pada hasil belajar matematika. Penelitian  ini menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan atau studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada hasil belajar matematika siswa SD. Hal ini dikarenakan permainan tradisional kelereng mengandung konsep matematika seperti konsep bangun datar, bangun ruang, trigonometri, jarak, dan operasi hitung bilangan bulat. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa SD.

References

Anriani Pulungan, N., & Adinda, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Daerah Padangsidimpuan Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 1–28.

Arini, & Sesrita, A. (2024). Proses Pembelajaran dan Media yang di Gunakan di SDN Harjasari. Karimah Tauhid, 3(2), 1538–1547. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11807

Choeriyah, Y., Kholik, A., & Prasetyo, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Di Kelas V SDN Gunung Bunder 05. Al-Kaff: Jurnal Sosial …, 1(1), 28–36.

Firnanda Lailatul, I., & Arissona Dia Indah, S. (2024). Penggunaan Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 76–83. https://doi.org/https://doi.org /10.56773/pjer. v1i2.8 Penggunaan

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., & Rusli, R. K. (2022). Islamic Classroom Management Model in Thailand’s Primary Schools. Kependidikan, 8(4), 857–868.

Maisaroh, S. U., & Sari, M. (2022). Pengaruh Permainan Kelereng terhadap Motorik Kasar Anak Kelompok B di Paud Nurul Huda Desa Banyuurip Banyuasin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 2928–2934.

Maysaroh, S., Luliani, E., & Wulandari, A. (2021). Hubungan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 214–221.

Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611

Mulyatna, F., Nurrahman, A., & Seruni. (2020). Pembelajaran Matematika Sd / Mi Yang Inovatif Melalui Permainan Bekel dan Kelereng. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.

Purnama, S. R., & Jatmiko. (2024). Penggunaan Permainan Kelereng dalam Pendekatan Etnomatematika sebagai Sarana Pembelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran 3, 286–293.

Rahmatia, R., & Armin, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 35–42. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.193

Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial Dengan Hasil Belajar Ips Materi Pph. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976

Rohmatun, H., & Rasyid, A. (2022). Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technologi, Society) Berbantuan Media Video Terhadap Pemaham Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 4, 118–125.

Sarah, S., Huri, S., & Ningsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng Di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i1.4289

Sesrita, A. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI CTL BERASOSIASI TEKNIK THINK-PAIR-SHARE IMPROVED. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318

Sesrita, A., Edwita, & Gusti, Y. (2023). DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 01, 1–23.

Shofiyati, N. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dan Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Ingkling. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 140–147. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.7014

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 59–64.

Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19–30.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Syakira Nurisma, D., Sesrita, A. ., & Kholik, A. . (2024). DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA: KAJIAN LITERATUR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 266–272. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13813
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)