DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA: KAJIAN LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13813Keywords:
Permainan Tradisional, Kelereng, MatematikaAbstract
Permainan tradisional kelereng menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak permainan tradisional kelereng pada hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan atau studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada hasil belajar matematika siswa SD. Hal ini dikarenakan permainan tradisional kelereng mengandung konsep matematika seperti konsep bangun datar, bangun ruang, trigonometri, jarak, dan operasi hitung bilangan bulat. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa SD.
References
Anriani Pulungan, N., & Adinda, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Daerah Padangsidimpuan Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 1–28.
Arini, & Sesrita, A. (2024). Proses Pembelajaran dan Media yang di Gunakan di SDN Harjasari. Karimah Tauhid, 3(2), 1538–1547. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11807
Choeriyah, Y., Kholik, A., & Prasetyo, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Di Kelas V SDN Gunung Bunder 05. Al-Kaff: Jurnal Sosial …, 1(1), 28–36.
Firnanda Lailatul, I., & Arissona Dia Indah, S. (2024). Penggunaan Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 76–83. https://doi.org/https://doi.org /10.56773/pjer. v1i2.8 Penggunaan
Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., & Rusli, R. K. (2022). Islamic Classroom Management Model in Thailand’s Primary Schools. Kependidikan, 8(4), 857–868.
Maisaroh, S. U., & Sari, M. (2022). Pengaruh Permainan Kelereng terhadap Motorik Kasar Anak Kelompok B di Paud Nurul Huda Desa Banyuurip Banyuasin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 2928–2934.
Maysaroh, S., Luliani, E., & Wulandari, A. (2021). Hubungan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 214–221.
Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
Mulyatna, F., Nurrahman, A., & Seruni. (2020). Pembelajaran Matematika Sd / Mi Yang Inovatif Melalui Permainan Bekel dan Kelereng. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.
Purnama, S. R., & Jatmiko. (2024). Penggunaan Permainan Kelereng dalam Pendekatan Etnomatematika sebagai Sarana Pembelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran 3, 286–293.
Rahmatia, R., & Armin, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Mistar Hitung pada Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 35–42. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.193
Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial Dengan Hasil Belajar Ips Materi Pph. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1976
Rohmatun, H., & Rasyid, A. (2022). Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technologi, Society) Berbantuan Media Video Terhadap Pemaham Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 4, 118–125.
Sarah, S., Huri, S., & Ningsih, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng Di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i1.4289
Sesrita, A. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI CTL BERASOSIASI TEKNIK THINK-PAIR-SHARE IMPROVED. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.318
Sesrita, A., Edwita, & Gusti, Y. (2023). DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 01, 1–23.
Shofiyati, N. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dan Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Ingkling. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 140–147. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.7014
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 59–64.
Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).