PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN BOJONG RANGKAS 02
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik, up to date, membuat berpikir kritis, memiliki pemikiran yang konseptual serta mudah untuk mengakses berbagai sumber belajar. Bersama dengan teknologi, maka guru harus mewujudkan sebuah pembelajaran berbantu media pembelajaran agar minat siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat. Aplikasi articulate storyline merupakan sebuah aplikasi multimedia interaktif yang dapat digunakan oleh guru atau siswa. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa guru menggunakan media benda untuk pembelajaran di kelas khususnya pada materi gaya, selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan guru, guru lebih sering menggunakan media pembelajaran jenis benda, visual dan proyeksi diam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi articulate storyline sebagai media pembelajaran pada materi gaya. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal dan revisi produk. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil validasi ahli materi menyatakan media valid dengan rata-rata nilai 79,65%. Selanjutnya hasil validasi ahli media menyatakan media valid dengan rata-rata nilai 86,16%. Pada uji coba produk media valid dengan rata-rata 81,93%. Dari hasil data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa media berbasis articulate storyline valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ani, Y. (2014). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013.
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty., I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovatife Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 58-64.
Lastrijanah., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geobord Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100. November 29, 2017. https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/view/895.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Minkova, Y. (2016). Contemporary Multimedia Authoring Tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(10), 2586-2588.
Minkova, Y. (2016). Contemporary Multimedia Authoring Tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(10), 2586-2588.
Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. JURNAL DIMENSI, 7(1), 19-35. Januari 24, 2019. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631.
Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-9410(1991)117.
Susilana, R., & Riyana, C. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018). Media pembelajaran cetakan 2. Jawa Timur: Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan cetakan 21. Bandung: Alfabeta.
Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38-44.
Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. BIOEDU: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169-174.