PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN BOJONG RANGKAS 02

Main Article Content

Cahyani Hadza Nabilah
Afridha Sesrita
Irman Suherman

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik, up to date, membuat berpikir kritis, memiliki pemikiran yang konseptual serta mudah untuk mengakses berbagai sumber belajar. Bersama dengan teknologi, maka guru harus mewujudkan sebuah pembelajaran berbantu media pembelajaran agar minat siswa dalam belajar menjadi lebih meningkat. Aplikasi articulate storyline merupakan sebuah aplikasi multimedia interaktif yang dapat digunakan oleh guru atau siswa. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwa guru menggunakan media benda untuk pembelajaran di kelas khususnya pada materi gaya, selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan guru, guru lebih sering menggunakan media pembelajaran jenis benda, visual dan proyeksi diam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi articulate storyline sebagai media pembelajaran pada materi gaya. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal dan revisi produk. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil validasi ahli materi menyatakan media valid dengan rata-rata nilai 79,65%. Selanjutnya hasil validasi ahli media menyatakan media valid dengan rata-rata nilai 86,16%. Pada uji coba produk media valid dengan rata-rata 81,93%. Dari hasil data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa media berbasis articulate storyline valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Hadza Nabilah, C., Sesrita, A. ., & Suherman, I. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN BOJONG RANGKAS 02. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11045
Section
Articles

References

Ani, Y. (2014). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013.

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty., I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovatife Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 58-64.

Lastrijanah., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geobord Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100. November 29, 2017. https://ojs.unida.ac.id/jtdik/article/view/895.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Minkova, Y. (2016). Contemporary Multimedia Authoring Tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(10), 2586-2588.

Minkova, Y. (2016). Contemporary Multimedia Authoring Tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6(10), 2586-2588.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. JURNAL DIMENSI, 7(1), 19-35. Januari 24, 2019. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631.

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-9410(1991)117.

Susilana, R., & Riyana, C. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018). Media pembelajaran cetakan 2. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan cetakan 21. Bandung: Alfabeta.

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38-44.

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. BIOEDU: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169-174.