https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/issue/feed AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2024-09-04T10:15:18+00:00 Zahra Khusnul Lathifah zahra.khusnul.latifah@unida.ac.id Open Journal Systems <p>AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted manuscripts will go through double-blind peer review and editorial review before being granted acceptance for publication. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA has a mission to disseminate various results of student scientific research as a means of information and knowledge media, especially for students of the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education, Djuanda University in the fields of Education, Management of Islamic Education, Language Education Arabic, Islamic economics and finance. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA publishes research articles in Teaching and Learning, Curriculum, Evaluation, Inclusive Learning Innovation, Management of Islamic education, Guidance on educational and institutional management, Arabic Language, Islamic Economics, and finance.</p> https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13719 IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMAN 5 BOGOR 2024-06-07T05:59:04+00:00 Nisa Asilmi Dewi nisasilmidewiii@gmail.com Novi Maryani novi.maryani@unida.ac.id Syukri Indra syukri.indra@unida.ac.id <table> <tbody> <tr> <td width="602"> <p>Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan sekolah ramah anak di SMAN 5 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Pelaksanaan sekolah ramah anak di SMAN 5 Bogor; 2) Usaha untuk meningkatkan karakter disiplin siswa melalui pendidikan sekolah ramah anak; dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan sekolah ramah anak di SMAN 5 Bogor. Penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, yang kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 05 Bogor adalah sekolah ramah anak yang menerapkan kebijakan sekolah ramah anak dengan sistem yang bebas dari kekerasan dan diskriminasi. , Pelaksanaan kurikulum yang mana kurikulum yang digunakan sesuai dengan perkembangan anak, Pendidik dan Tenaga Pendidik yang mumpuni yang telah mempunyai kualifikasi guru. Sarana dan prasarana sekolah yang sudah memadai. Partisipasi anak di mana guru selalu melibatkan anak dalam segala hal yang mereka lakukan. Program sekolah yang ramah anak bergantung pada partisipasi orang tua dan masyarakat. Semua upaya guru untuk memastikan bahwa siswa datang ke sekolah dan masuk pada waktunya, melakukan tugas kelas yang diberikan, duduk pada tempat yang ditetapkan, mematuhi peraturan sekolah dan kelas untuk menunjukkan perilaku tertib, dan berpakaian rapi adalah bagian dari tanggung jawab dan disiplin siswa di sekolah. Faktor yang mendukung pelaksanaan Sekolah Ramah Anak adalah sikap positif dan dukungan dari berbagai pihak, yang memfasilitasi semaksimal mungkin sarana dan prasarana untuk kebutuhan sekolah, sehingga semua siswa merasa nyaman dan aman di sekolah, memiliki tenaga pendidik yang sudah memenuhi kualifikasi, dan memberikan sosialisasi atau edukasi tentang sekolah yang ramah anak dan hak-hak anak kepada siswa. Faktor penghambat ini termasuk fasilitas dan prasarana yang tidak ramah untuk anak berkebutuhan khusus, kurang pekanya siswa terhadap program sekolah yang ramah anak, dan kadang-kadang masih menggunakan kata umpatan atau kasar di sekolah.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13755 ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMAHAMI BAHASA PADA SOAL CERITA 2024-06-25T07:58:28+00:00 Siti Asiah siti.asiah09091998@gmail.com Mega Febriani Sya mega.febriani.sya@unida.ac.id Rosnawati rosnawati@unida.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan memberikan penjelasan tentang tahapan dalam mengidentifikasi soal cerita dan cara siswa Menyelesaikan Soal Cerita Bahasa Indonesia. Penulis melakukan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan atau menganalisis data. Menggunakan metode studi pustaka, yang mencakup buku, jurnal dan materi perkuliahan yang relevan. Jika guru mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh setiap siswa, akan lebih mudah bagi guru untuk memperbaiki kesalahan dan mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesalahan yang dilakukan oleh masing-masing siswa berbeda antara yang satu dengan yang lainnya yaitu Kesalahan dalam memahami masalah atau memahami apa yang dipertanyakan dalam soal, Kesalahan dalam membuat rencana / tahapan kesalahan setelah memahami apa yang dipertanyakan dalam soal atau tahapan ketika memiliki jawaban yang sesuai dengan pertanyaan, Kesalahan dalam melaksanakan rencana atau tahapan kesalahan dalam menuliskan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan, kesalahan dalam memeriksa kembali atau kesalahan dalam memeriksa kembali seluruh jawaban.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/14210 MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL TALKING STICK 2024-07-02T12:13:04+00:00 Tuti Rahmayanti tutirahmayanti1509@gmail.com Irma Inesia Sri Utami irmainesia.su@gmail.com Gugun Gunadi gugun.gunadi@unida.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>talkingstick</em> yang didasarkan pada temuan penelitian terdahulu, yang diperoleh dari seberapa besar peningkatan keaktifan belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran <em>talking stick</em>. Penelitian ini didasari karena kurangnya keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar (SD) yang disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara mengumpulkan jurnal yang relevan lalu dijelaskan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model <em>talking stick.</em> Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data yang ditemukan menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan setelah diterapkannya model <em>talking stick.</em> Hal ini terlihat dari beberapa pendapat yang mendukung bahwa model <em>talking stick</em> berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13077 PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS V SDN SELAKOPI KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2023/2024 2024-04-23T06:43:56+00:00 Ramdani ramdhanialfatih1@gmail.com Helmia Tasti Adri helmi.tasti.adri@unida.ac.id Yusuf Safari yusuf.safari@unida.ac.id <p>Pendidikan adalah salah satu upaya untuk dapat memberikan pengaruh terhadap peserta didik untuk dapat mengembangkan dan dapat mewujudkan potensi-potensi diri dengan baik. Potensi ini dapat berpengaruh baik dan buruknya sesuai dengan lingkungannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa Kelas V SD Negeri Selakopi Kota Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selakopi dengan jumlah 45 orang responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan <em>total sampling</em> dengan teknik <em>purposive sampling</em>. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD Negeri Selakopi Kota Bogor.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/14143 ANALISIS PENGGUNAAN AI CHATBOT SEBAGAI LEARNING TOOLS PADA SISWA KELAS X MAN 1 KABUPATEN TANGERANG 2024-07-08T03:11:50+00:00 Nabilah Sri Rejeki billasr01@gmail.com Ridwan Haris ridwan.haris@unida.ac.id Abdul Kholik abdul.kholik@unida.ac.id <table> <tbody> <tr> <td width="609"> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan AI Chatbot sebagai sebagai <em>Learning Tools</em> dalam pembelajaran di MAN 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik <em>non-probability sampling</em>, yaitu <em>purposive sampling</em>. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 315 siswa. Dengan menggunakan <em>rumus Slovin</em>, maka diperoleh sampel penelitian berjumlah 176 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dirancang melalui <em>skala likert </em>dengan skor nilai dari 1-5. Hasil perhitungan analisis deskriptif Persentase pada penelitian ini menggunakan bantuan spss versi 25 yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata Tingkat Penggunaan AI Chatbot Sebagai <em>Learning Tools</em> Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kabupaten Tangerang adalah <strong>61%,</strong> yang artinya siswa dapat memanfaatkan teknologi dalam Pendidikan khususnya AI Chatbot dengan cukup baik. Maka diharapkan dengan adanya AI Chatbot sebagai <em>learning tools</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimasa depan.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13027 ANALISIS PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR 2024-04-20T16:08:53+00:00 Irmya Daronsyah Myaicung@gmail.com Helmia Tasti Adri helmi.tasti.adri@unida.ac.id Anne Affane anne.affane@unida.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang tergambar pada sikap, perilaku, dan ketekunan dalam menghadapi tugas-tugas belajar pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh model <em>course review horay</em> terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode metode <em>library research</em> yaitu cara yang dipakai untuk menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat. Metode <em>library research</em> ini bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti jurnal,buku dokumentasi, internet dan pustaka. Subyek dalam penulisan penelitian ini mengacu pada beberapa jurnal yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model <em>course review horay</em> (CRH) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar. Siswa menjadi senang, tertarik dan bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran di Sekolah.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/14089 PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL- QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL- QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR 2024-07-01T03:19:33+00:00 Elis Munawaroh fuadah Elis elis.munawwaroh.fuad@gmail.com Mochammad Deddy Soe'addy moch.deddysoe'addy@unida.ac Muhammad Agus Mulyana agus.mulyana@unida.ac.id <p>Al-Quran adalah kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dengan baha-sa arab. Untuk memahani al-Quran salah satu caranya harus mampu menguasai ba-hasa arab. Bahasa arab menjadi salah satu cara dalam meningkatkan dorongan da-lam menghafal al-Quran. Maksud dari observasi ini membantu memahami pengaruh pembelajaran bahasa arab terhadap motivasi menghafal Al- Qur’an santri pesantren tahfidz Al- Qur’an dan bahasa arab bina madani putri bogor. Observasi tersebut memakai metode kuantitatif yaitu seperti cara survei. Sampel dalam observasi ini berjumlah 86 sampel. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, serta pengarsipan. Kemudian memakai cara analisis regresi linier simple. Di pondok pe-santren tahfidz Al- Qur’an dan bahasa arab bina madani putri bogor ini hasil ob-servasi bahwa santri memiliki pengaruh pengkajian bahasa Arab terkait dorongan menghafal al-Quran. Soal tersebut mengacu dari hasil uraian nilai thitung lebih banyak dari ttabel yakni, 4.924 &gt;1.9886 serta nilai signifikansi 0.001 lebih kecil dari nilai signif-ikansi 0.05 yang peneliti tentukan. Karena koefisien determinasi sebesar 22,4% dengan itu memiliki dampak baik, dalam menghafal Al- Qur’an maka dibutuhkannya suatu dorongan yang tinggi hal itulah yang mempengaruhi kemampuan santri dalam mengikuti pembelajaran. Sedemikian 76% merupakan bagian lain yang mengakibat-kan variable Y tidak ditelaah oleh observer. Tidak semua diteliti oleh peneliti con-tohnya yang dapat kita ketahui: aspek sarana prasarana, aspek individu setiap santri, aspek wilayah atau daerah, aspek hubungan semenda, aspek kepribadian serta ka-pasitas kemampuan santri.</p> 2024-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/14140 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN BAGI GENERASI Z 2024-07-01T22:34:03+00:00 R. Ali Pangestu ali.pangestu@unida.ac.od Siti Nazwa Hamidah nanajeaaana94@gmail.com Sofia Lutfiyati Sofi sofialutfiyati20@gmail.com <p>Banyak bisnis saat ini beralih ke pemasaran berbasis media sosial karena jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat. hal Ini, dilakukan untuk mencapai salah satu tujuan utama pemasaran,&nbsp; yaitu untuk mencapai pangsa pasar yang lebih besar, serta untuk mendapatkan saran dan masukan yang membantu perusahaan berkembang, dan hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sosial media . Generasi Z—juga disebut Gen Z—adalah kelompok yang dikenal sebagai digital native dan secara aktif dan sangat cepat beradaptasi dengan teknologi terbaru, termasuk media sosial, hal itu dapat dilihat bahwa 48% Gen z lebih sering mengakses sosial media dibandingkan dengan gen lainnya . tentunya hal ini menimbulkan kesempatan bagi kehadiran sosial media dalam mengoptimalkan penggunaanya sebagai salah satu media pemasaran, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menggunakan sosial media&nbsp; untuk mengefektifkan cara pemasaran di masyarakat, terutama pada gen z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik studi pustaka dengan kata kunci pemasaran dengan menggunakan media sosial. Dapat dilihat dari penelitian ini bahwa media sosial memiliki dampak yang besar bagi dunia pemasaran.</p> 2024-08-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/14798 PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH: STUDI LITERATUR 2024-07-25T04:01:36+00:00 Alfiyah Abdullah alfi.abdullah02@gmail.com Afridha Sesrita afridha.sesrita@unida.ac.id Abdul Kholik abdul.kholik@unida.ac.id <p>Riset ini bertujuan guna mendeskripsikan mengenai permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak usia sekolah dasar. Fokus penelitian ini mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak. Riset ini memakai jenis riset kualitatif dengan metode studi kepustakaan atau dikenal sebagai <em>literature review.</em> Analisis data memakai metode analisis deskriptif dengan memaparkan fakta-fakta, kemudian dianalisis serta dideskripsikan serta memberikan penjelasan yang cukup. Teknik pengumpulan data menggunakan Google Scholar sebagai sumber informasi utama karena terdapat banyak informasi berupa jurnal atau artikel yang terkait penelitian ini. Hasil riset membuktikan jika permainan tradisional sondah mengandung nilai-nilai karakter sesuai dengan norma yang ada di masyarakat seperti nilai kejujuran, kegigihan, tanggung jawab, kegigihan, komitmen dan sportivitas.</p> 2024-08-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/15366 IMPLEMENTASI BUDAYA LOKAL MASYARAKAT THAILAND DAN PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI PHATNAWITYA DEMONSTRATION SCHOOL YALA 2024-09-04T10:15:18+00:00 Nur Asti Maulida aidamaulidaaaa00@gmail.com Helmia Tasti Adri helmi.tasti.adri@unida.ac.id Abdul Kholik abdul.kholik@unida.ac.id <table> <tbody> <tr> <td width="609"> <p>Pentingnya implementasi budaya lokal pada peserta didik sebagai landasan dalam pembentukan karakter. Cara yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karakter dapat dilakukan dengan memasukkan unsur-unsur kebudayaan yang ada di wilayah tersebut. Pembiasaan baik dapat ditempuh melalui aturan-aturan yang diberlakukan sekolah seperti peningkatan keterampilan peserta didik dengan memberikan fasilitas dan dukungan, penggunaan bahasa tradisional dan penggunaan pakaian tradisional, sehingga dapat memicu perkembangan karakter pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya lokal Thailand dan pembentukan karakter peserta didik di Phatnawitya Demonstration School Yala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian didapatkan dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya lokal yang diterapkan di Phatnawitya Demonstration School dapat membentuk karakter peserta didik.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA