https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/issue/feedAL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA 2024-06-30T04:01:56+00:00Zahra Khusnul Lathifahzahra.khusnul.latifah@unida.ac.idOpen Journal Systems<p>AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted manuscripts will go through double-blind peer review and editorial review before being granted acceptance for publication. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA has a mission to disseminate various results of student scientific research as a means of information and knowledge media, especially for students of the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education, Djuanda University in the fields of Education, Management of Islamic Education, Language Education Arabic, Islamic economics and finance. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA publishes research articles in Teaching and Learning, Curriculum, Evaluation, Inclusive Learning Innovation, Management of Islamic education, Guidance on educational and institutional management, Arabic Language, Islamic Economics, and finance.</p>https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13325 ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU DONGENG PESERTA DIDIK ANAK-ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR2024-05-02T03:56:58+00:00Sindy Yusa Elyanasindyyusaelyana123@gmail.comMega Febriani Syamega.febriani.sya@unida.ac.idWillis Firmansyahwillis.firmansyah@unida.ac.id<p>Dongeng adalah sebuah karya sastra yang mempunyai kontribusi terkait penanaman dan pengembangan nilai-nilai karakter yang biasanya diintegrasikan di dalam mata pelajaran, seperti dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan mata pelajaran yang sesuai untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai-nilai karakter yang pada dongeng di pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diambil dari jurnal-jurnal nasional terbitan dari tahun 2017 - 2023. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 10 jurnal di penelitian ini memiliki nilai karakter yang berbeda-beda, namun memiliki urgensi yang sama yaitu menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai Karakter kepada siswa di sekolah dasar melalui cerita dongeng agar siswa dapat mudah memahami dan mudah untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.</p>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13350PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 KOTA BOGOR2024-05-03T08:07:40+00:00Atik Dwi Purwantiatikdwipurwanti16@gmail.comAmir Mahrudinamir.mahrudin@unida.ac.idMuhammad Rendi Ramdhanimuhamad.rendi.ramdhani@unida.ac.id<table> <tbody> <tr> <td width="602"> <p>Pada pembelajaran kurikulum merdeka, kurikulum ini menguatkan pembelajaran terdiferensiasi yang disesuaikan dengan tahap capaian peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mendorong guru untuk menggunakan berbagai metode pengajaran untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan kurikulum merdeka di MAN 2 Kota Bogor terutama dalam aspek metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka, sehingga dinilai cukup baik. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sesuai dengan konsep kurikulum merdeka yaitu metode belajar berbasis <em>student centered</em>. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka dari Kemendikbud dan Kemenag, dan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya, pendidik mengupayakan untuk menggunakan metode yang berpusat kepada peserta didik.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13358PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKAMANAH TERHADAP INISIASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT)2024-05-06T02:52:17+00:00Satrio Anggorosatrio.anggoro@unida.ac.idTuti Kurniatuti.kurnia@unida.ac.idWildan Munawarwildan.munawar@unida.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap inisiasi Baitul Maal Wat Tamwil di Desa Sukamanah dan untuk mengetahui apakah terdapat persepsi positif dan negatif, sehingga akan menimbulkan perbedaan persepsi untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi desa sukamanah. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan teknik Chi-Square deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang ditujukan kepada 100 orang masyarakat desa sukamanah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dari persepsi pengetahuan indikator berita, pemahaman nilai-nilai islam, lingkungan social terhadap inisiasi pendirian BMT di Desa Sukamanah.</p>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13345PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH SMP ISLAM AL MUSTARIH2024-06-26T06:11:01+00:00Muhamad Basir Jaliljm877827@gmail.comHasan Bisrihasan.bisri@unida.ac.idAbdul Kholikabdul.kholik@unida.ac.id<table> <tbody> <tr> <td width="602"> <p>Sekolah SMP Al Mustarih dikenal karena kepemimpinan aktif dan kreatif dari kepala sekolahnya yang memainkan peran strategis dalam menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif. Kepemimpinan kepala sekolah diidentifikasi sebagai faktor penting dalam keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan di SMP Islam Al Mustarih. Metode survei kuantitatif digunakan dengan populasi 110 siswa dan sampel 36 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kepemimpinan kepala sekolah sebesar 46.69 (SD = 3.710) dan skor rata-rata penerapan manajemen pendidikan sebesar 39.86 (SD = 3.642). Uji normalitas menunjukkan distribusi data yang normal (p > 0,05). Selanjutnya, hasil regresi linier menunjukkan hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan (r = 0,756, p < 0,05). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah menjelaskan 56,1% variasi dalam penerapan manajemen pendidikan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa kepala sekolah di Al Mustarih memainkan peran yang aktif dan strategis dalam menggerakkan seluruh sumber daya pendidikan yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap keseluruhan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13405PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD AMALIAH CIAWI2024-06-27T03:52:09+00:00Audia Rizky Amaliyaaudiarizki18@gmial.comDidin Syamsudindidin.syamsudin@unida.ac.idMochammad Deddy Soe`aiddymoch.deddysoe'aiddy@unida.ac.id<p>Media pembelajaran aplikasi Quizizz merupakan upaya yang dilakukan penelitian untuk meningkatkan dan memotivasi siswa sekolah dasar Amaliah Ciawi dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Metode penentuan sampel menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, dengan populasi sebanyak 34 siswa kelas IV SD Amaliah Ciawi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain <em>NonEquivalent Pre-test</em> dan<em> Prosttest Control Group Design</em>. Data diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Quizizz ini berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik kelas IV SD Amaliah Ciawi. Hal ini ditunjukan dengan hasil olah data yang menyatakan bahwa terdapat 18 dari 20 butir soal dengan hasil valid dan pada instrumen reliabilitas dengan nilai 0,718 > 0,60 atau menunjukkan bahwa reliabel. Pada uji normalitas hasil menunjukkan bahwa nilai uji <em>Kolmogorov-Smirnov Pre-test </em>yaitu 0,200 dan <em>Prosttest </em>0,060, sedangkan uji normalitas dengan <em>Shapiro-Wilk </em>menunjukkan hasil <em>pre-test </em>0,431 dan <em>Prosttest </em>dengan hasil 0,060, dari hasil tersebut > 0,05, maka terdapat hasil yang signifikan dan normal. Hasil dari uji t menunjukkan nilai 0,05 yang dikatakan cukup dari 0,05 dan hasil dari hipotesis yaitu nilai signifikan 0,05, yang berarti cukup dari 0,05. Maka dari itu, H<sub>o </sub>ditolak dan H<sub>a</sub> diterima.</p>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13306PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN KASUS BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN2024-05-03T08:13:47+00:00Siti Alfi Napisahalvinafisah70@gmail.comIrman Suhermanirman.suherman@unida.ac.idRidwan Harisridwan.haris@unida.ac.id<p>Penelitian ini dilakukan di MA Cahaya Insani Al Um Bogor, dan tujuan penelitian adalah untuk menentukan peran kepala sekolah dalam mencegah bullying di institusi pendidikan berbasis pesantren. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pengumpulan data atau analisis. Studi kasus adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis diketahui bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin di MA Cahaya Insani Al Um, terdapat tujuh peran yang telah terealisasikan oleh kepala sekolah. Tujuh peran yang di maksud ialah, <em>educator, motivator, supervisor, leader, manager, inovator, dan administrator</em>. Kepala sekolah MA Cahaya Insani Al Um telah menjalankan tujuh peran tersebut dengan sangat maksimal, salah satu contoh upaya kepala sekolah dalam menjalankan perannya ialah dengan berinovasi mengadakan seminar untuk para guru, seminar untuk siswa, pembekalan bagi para siswa, dan beberapa inovasi lainnya. Hal ini dilakukan oleh kepala sekolah dengan tujuan menciptakan lingkungan aman dan nyaman agar terhindar dari hal-hal negatif seperti tendangan perundungan atau biasa disebut dengan <em>bullying</em>.</p>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13368 INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN BARANG DI PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR2024-05-06T02:50:08+00:00Siti Maria Ulfah Ulfahsmariaulfah122@gmail.comNovi Maryaninovi.maryani@unida.ac.idSyukri Indrasyukri.indra@unida.ac.id<p>Inventarisasi Sarana dan Prasarana Merupakan suatu pencatatan dan pendataan komoditas atau barang kepemilikan sekolah yang ditulis dalam buku inventaris barang dengan rapi dan sistematis berdasarkan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, kegiatan inventarisasi peralatan pada suatu instansi atau lembaga dapat meningkatkan pengelolaan barang yang efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan inventarisasi sarana dan prasarana. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sedangkan validitas yang dilakukan ialah uji kredibilitas dengan menggunakan teknik, waktu dan triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran inventarisasi sarana dan prasarana sebagai upaya optimalisasi pengelolaan barang di Pesantren Tahfizh Al-Qur'an dan Arab Bina Madani Putri Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tersedianya inventarisasi sarana dan prasarana tetapi pencatatannya tidak maksimal karena tidak memiliki buku khusus untuk inventarisasi, 2) terdapat program kerja dilakukan setiap 2 minggu sekali dan pelaporan inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan setahun sekali, 3) faktor pendukung inventarisasi sarana dan prasarana ialah dengan kerjasama yang baik serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam pemeliharaan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran dalam menjaga inventaris pesantren.</p>2024-06-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13810CARA GURU MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DI SEKOLAH DASAR2024-06-13T03:25:09+00:00Riska Damayantiriskadamayanti1416@gmail.comRasmitadilarasmitadila@unida.ac.idAfridha Sesritaafridha.sesrita@unida.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan daya ingat siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu studi pustaka (<em>library research</em>). Metode penelitian ini adalah rangkaian proses mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mengevaluasi konsep-konsep dalam topik pembahasan tertentu untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. <em>Systematic literature review</em> meliputi tiga tahap yaitu <em>planning</em>, pada tahap ini peneliti memilih topik penelitian yaitu cara guru meningkatkan kemampuan daya ingat siswa di sekolah dasar menggunakan web google scholar dengan rentang waktu 2024-2020;<em> conductin, </em>peneliti memulai dengan mencari dan mengumpulkan artikel<em>; </em>dan<em> reporting, </em>peneliti menulis hasil dalam bentuk tulisan. Berdasarkan kajian tujuh artikel, cara guru dalam meningkatkan daya ingat sangat beragam yaitu dengan penggunaan model memori, metode simulasi, metode bernyanyi, media flashcard, metode ITIK, metode mind mapping dan metode mnemorik dalam pembelajaran.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13364PERAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SDN BUBULAK 012024-06-30T03:04:25+00:00Aliva Dwi Lestari Alivadwilestarialiva2712@gmail.comDaningsih Kurniasaridaningsih.kurniasari@unida.ac.idErlinaerlina@unida.ac.id<p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan peran lingkungan sosial sekolah dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SDN Bubulak 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SDN Bubulak 01. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Ada 4 tahapan dalam teknik analisis data ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa peserta didik di SDN Bubulak 01 sudah cukup mendekati karakter disiplin. Banyak bentuk peran lingkungan sosial sekolah yang dilakukan untuk membentuk karakter disiplin diantaranya yaitu kegiatan upacara bendera, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan pramuka.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/13813DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA: KAJIAN LITERATUR2024-06-30T04:01:56+00:00Diva Syakira Nurismadivasyakiraaa@gmail.comAfridha Sesritaafridha.sesrita@unida.ac.idAbdul Kholikabdul.kholik@unida.ac.id<p>Permainan tradisional kelereng menjadi alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak permainan tradisional kelereng pada hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian kepustakaan atau studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada hasil belajar matematika siswa SD. Hal ini dikarenakan permainan tradisional kelereng mengandung konsep matematika seperti konsep bangun datar, bangun ruang, trigonometri, jarak, dan operasi hitung bilangan bulat. Kesimpulannya bahwa permainan tradisional kelereng berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa SD.</p>2024-06-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA