PELAYANAN GURU KELAS TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Guru Kelas Terhadap Siswa Lamban Belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tenjoayu Cicurug Kabupaten Sukabumi. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug mencakup 3 hal, yaitu: (1) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi alokasi waktu yang belum terlaksana dengan maksimal, yaitu guru kelas telah melakukan pemberian tambahan waktu untuk penyelesaian tugas pada siswa lamban, namun belum memberikan tambahan jam suatu mata pelajaran untuk siswa lamban belajar; (2) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi isi atau materi belum terlaksana, yaitu guru kelas belum melaksanakan penurunan tingkat kesulitan materi suatu mata pelajaran dan belum melaksanakan pengurangan atau penghilangan materi tertentu untuk siswa lamban belajar; (3) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, kecuali dalam hal analisis tugas guru kelas memberikan tugas yang sama antara siswa lamban belajar dan siswa lainnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, namun secara keseluruhan pelayanan ini belum terlaksana secara maksimal
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DAFTAR PUSTAKA
Apriyanto, N. (2012). Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. (Chrisna, Penyunt.) Jogjakarta: Javalitera.
Cahyanti, R. (2019, Juli 31). PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III MIM PK WIROGUNAN. Dipetik Desember 19, 2019, dari UMS ETD-db: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75008
Gintings, A. (2014). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V. (t.thn.). Dipetik Februari 11, 2020, dari kbbi.kemdikbud.go.id: http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Layanan
Khayati, A. (2016). LAYANAN PENDIDIKAN BAGI SISWA SLOW LEARNER OLEH GURU DI KELAS III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(25), 2.365-2.372.
Kustawan, D., & Meimulyani, Y. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasinya. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media .
Lathifah, Z. K., Kholik, A., Firmansyah, W., Suherman, I., Amril, L. O., Adri, H. T., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi FKIP UNIDA. Bogor: Unida Press.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenada media Group.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 70 Tahun 2009 Pasal 3 Ayat 2 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. (t.thn.).
Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/62
Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/18
Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/8
Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/22
Rofiah, N. H. (2015). PROSES IDENTIFIKASI: “MENGENAL ANAK KESULITAN BELAJAR TIPE DISLEKSIA BAGI GURU SEKOLAH DASAR INKLUSI”. Inklusi, 2(1), 114.
Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2015). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta, cv.
Setiawan, N. (2013). Menggagas Pendidikan Bermakna Bagi Anak yang Lamban Belajar (Slow Learner). (Qoni, Penyunt.) Yogyakarta: Familia.
Sholichah, A. S. (2018). TEORI-TEORI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN. Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 28.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsi, I., & Haryanto. (2018). Identifikasi dan Asesmen Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Triani, N., & Amir. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (slow learner). Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.
Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 tentang Pendidikan dan Kebudayaan. (t.thn.).
Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1 Tentang Guru dan Dosen. (t.thn.).
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.).
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 32 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.).
Wardani, I., Tarsidi, D., Hernawati, T., & Astati. (2018). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wijaya, A. S. (2016). LAYANAN AKOMODASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21(5), 1.988-1.995.
Wikipedia. (t.thn.). Dipetik februari 2, 2020, dari wikipedia.org: https//id.m.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_Khusus
Wulandari, R. (2013). Teknik Mengajar Siswa dengan Gangguan Bicara dan Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Kyta.