PELAYANAN GURU KELAS TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR Indonesia

Main Article Content

anisa dhea
irman suherman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Guru Kelas Terhadap Siswa Lamban Belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN Tenjoayu Cicurug Kabupaten Sukabumi. Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug mencakup 3 hal, yaitu: (1) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi alokasi waktu yang belum terlaksana dengan maksimal, yaitu guru kelas telah melakukan pemberian tambahan waktu untuk penyelesaian tugas pada siswa lamban, namun belum memberikan tambahan jam suatu mata pelajaran untuk siswa lamban belajar; (2) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi isi atau materi belum terlaksana, yaitu guru kelas belum melaksanakan penurunan tingkat kesulitan materi suatu mata pelajaran dan belum melaksanakan pengurangan atau penghilangan materi tertentu untuk siswa lamban belajar; (3) Layanan pendidikan guru kelas dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, kecuali dalam hal analisis tugas guru kelas memberikan tugas yang sama antara siswa lamban belajar dan siswa lainnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan guru kelas terhadap siswa lamban belajar di kelas III B SDN Tenjoayu Cicurug dalam hal modifikasi proses belajar mengajar telah terlaksana dengan baik, namun secara keseluruhan pelayanan ini belum terlaksana secara maksimal

Article Details

How to Cite
dhea, anisa, & suherman, irman. (2021). PELAYANAN GURU KELAS TERHADAP SISWA LAMBAN BELAJAR: Indonesia. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 4(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/4626
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Apriyanto, N. (2012). Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. (Chrisna, Penyunt.) Jogjakarta: Javalitera.

Cahyanti, R. (2019, Juli 31). PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ANAK SLOW LEARNER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III MIM PK WIROGUNAN. Dipetik Desember 19, 2019, dari UMS ETD-db: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75008

Gintings, A. (2014). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V. (t.thn.). Dipetik Februari 11, 2020, dari kbbi.kemdikbud.go.id: http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Layanan

Khayati, A. (2016). LAYANAN PENDIDIKAN BAGI SISWA SLOW LEARNER OLEH GURU DI KELAS III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(25), 2.365-2.372.

Kustawan, D., & Meimulyani, Y. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus serta Implementasinya. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media .

Lathifah, Z. K., Kholik, A., Firmansyah, W., Suherman, I., Amril, L. O., Adri, H. T., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi FKIP UNIDA. Bogor: Unida Press.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenada media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 70 Tahun 2009 Pasal 3 Ayat 2 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. (t.thn.).

Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/62

Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/18

Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/8

Qur'an Kemenag. (t.thn.). Dipetik Januari 16, 2020, dari quran.kemenag.go.id: http://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/22

Rofiah, N. H. (2015). PROSES IDENTIFIKASI: “MENGENAL ANAK KESULITAN BELAJAR TIPE DISLEKSIA BAGI GURU SEKOLAH DASAR INKLUSI”. Inklusi, 2(1), 114.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2015). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta, cv.

Setiawan, N. (2013). Menggagas Pendidikan Bermakna Bagi Anak yang Lamban Belajar (Slow Learner). (Qoni, Penyunt.) Yogyakarta: Familia.

Sholichah, A. S. (2018). TEORI-TEORI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN. Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 28.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsi, I., & Haryanto. (2018). Identifikasi dan Asesmen Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Triani, N., & Amir. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (slow learner). Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Undang-undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 tentang Pendidikan dan Kebudayaan. (t.thn.).

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1 Tentang Guru dan Dosen. (t.thn.).

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.).

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 32 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (t.thn.).

Wardani, I., Tarsidi, D., Hernawati, T., & Astati. (2018). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wijaya, A. S. (2016). LAYANAN AKOMODASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21(5), 1.988-1.995.

Wikipedia. (t.thn.). Dipetik februari 2, 2020, dari wikipedia.org: https//id.m.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_Khusus

Wulandari, R. (2013). Teknik Mengajar Siswa dengan Gangguan Bicara dan Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Kyta.