STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah suatu proses sadar dalam rangka mempengaruhi peserta didik agar mampu menyesuaikan dan menempatkan diri sebaik mungkin dengan lingkungan sekitar, dengan tujuan dapat merubah segala aspek dalam diri peserta didik ke arah yang lebih baik lagi. Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting dalam kalangan kehidupan, baik individu maupun kelompok. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDIT AL-Barokah Madani terungkap beberapa permasalahan yang berkaitan dengan kemandirian belajar siswa yaitu, kurangnya percaya diri siswa, tidak yakin akan kemampuan dirinya sendiri, siswa kurang dukungan dari orang lain, dan prestasi belajar siswa laki-laki lebih rendah dibanding dengan prestasi siswa perempuan yang bisa dilihat dari nilai rata-rata Raport semester ganjil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan kemandirian belajar siswa antara laki-laki dan perempuan kelas V SDIT AL-Barokah Madani. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu komparasi yang dilakukan di SDIT AL-Barokah Madani kecamatan Cidahu kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 26 siswa dan semua siswa dijadikan sebagai responden. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket kuesioner dengan jumlah responden 26 peserta didik, hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan kemandirian belajar antara siswa laki-laki dan perempuan. Diketahui dari hasil perhitungan nilai t hitung 0,6441 < 1,708 ttabel atau thitung lebih kecil dari t tabel sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aini , P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul . Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, 48-65.
Aisyah, S., Kurniasih, D., & Fitriani. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah Vol 6 No 2 , 76-86.
Alfatihah, M. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar PAI Siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. Volume. 1, No. 2, , 197-207.
Budiman, M. H., & Budi, U. L. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016. Universitas Terbuka Convention Center, 143-154.
Firmansyah, W., & Supriatna, I. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: UNIDA PRESS.
Hariyanto, D., Murtinugraha, E., & Iriani, T. (2012). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik II Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenCil Jurusan
Rijal, S., & Bachtiar , S. (2015). Hubungan antara sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 2 , 15-20.
Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak . KOORDINAT Vol. XVI No. 1 , 31-43.
Sisdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Sugiyarni, Rosmawati, & Saam, Z. (2017). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan SDN 14 Pekanbaru. Vol. 2, No. 2, 104-115.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suid, Syafrina, A., & Tursinawati. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 1 No.5, 70-81.
Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta Selatan: Change Publication.
Supriani, Y. (t.thn.). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2 , 210-220.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth VOL II NO 2, 368-388.
Tresnaningsih, F., Santi, D. P., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa kelas III SDN Karang Jalak I dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Penelitian Pendidikan p-ISSN 2407-4837, e-ISSN 2614-1728 Volume 6, Nomor 2, , 51-59.
Komalasari,Kokom(2015). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. PT.Refika Aditama