HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIKUDA 01

Main Article Content

Revina Nur Oktaviani
Resti Yektyastuti
Irman Suherman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kepribadian guru terhadap minat belajar siswa di SDN Cikuda 01 Kabupaten Bogor pada tahun pembelajaran 2019-2020 jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif yang berdasarkan analisis statistik dengan metode korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV  sebanyak 49 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa tersebut. Kepribadian guru merupakan suatu hal yang menentukan keakraban hubungan guru dengan siswa, yang tercermin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing siswa. yang dimaksud dalam penelitian ini  adalah hubungan saling mempengaruhi yang terjadi antara guru kelas dengan minat belajar siswa di kelas. Minat belajar adalah Kecenderungan individu (siswa) untuk memusatkan perhatian dikarenakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan terhadap suatu objek atau situasi tertentu yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk studi pendahuluan serta menyebarkan angket pada pelaksanaan penelitian. Hasil dari penelitian diperoleh dari pengisian angket dari 49 responden (siswa), pada hasil pengujian uji lineritas didapatkan hasil nilai Fhitung pada tabel di atas diperoleh nilai Fhitung adalah 4.424 dan Ftabel 4.04 maka Fhitung > Ftabel yaitu 4.424 > 4.04 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear antara kepribadian guru terhadap minat belajar. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis, penelitian dapat dilanjutkan pada uji parametik.Hasil dari pengujian hipotesis  dapat dinilai dari koefisien korelasi sebesar 0.271 dan didapat nilai koefisien determinasi sebesar 0,029 atau 2.9%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian guru terhadap minat belajar dengan keeratan hubungan rendah, kepribadian guru memberikan sumbangan sebesar 2.9% terhadap minat belajar, sedangkan sisanya 97,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Nur Oktaviani, R., Yektyastuti, R. ., & Suherman, I. . (2023). HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIKUDA 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10967
Section
Articles

References

Amin, M. (2016). Pengembangan Bakat dan Minat. Jakarta: Direktoran Pembinaan SMK Ditjen Ditdaksmen Kemdikbud.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Siswa Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kesowo, B. (2019, Maret Rabu). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Retrieved from Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: kelembagaan.ristekdikti.go.id/.../uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafisah, E. (2009). Persepsi Siswa Terhadap Kepribadian Guru PAI Hubungannya Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI . Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11.

Peraturan Pemerintah Reoublik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Diambil kembali dari https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf.

Rofa'ah. (2016). Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Perspektif Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Roqib, M. &. (2011). Kepribadian Guru (Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat di Masa Depan). Yogyakarta : STAIN Purwokerto Pers.

Santika, D. A. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru dan Sosial Guru PPL Jurusan Pendidikan Teknis Informatika Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Se-Kota Singaraja. Senapati Ke- 8, 68.

Siregar, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana.

Slameto. (2010). Belaar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika Yang Lebih Komperhensip. Jakarta: Change Publication.

Surya, M. (2013). Bandung: Alfabeta.

Surya, M. (2013). Psikologi guru konsep dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Suyanto. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Suyanto, A. J. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Syofian. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yudrik, Z. (2013). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Most read articles by the same author(s)