IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KATULAMPA 1 BOGOR

Main Article Content

Ika Sartika
Teguh Prasetyo
Resti Yektyastuti

Abstract

Salah satu adanya keterkaitan pada Kurikulum 2013 adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan kompetensi inti baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang dikuasai sesudah proses pembelajaran dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada penilaian kompetensi inti sikap spiritual dan sosial (KI-1), kompetensi inti pengetahuan (KI-3), dan kompetensi inti keterampilan (KI-3) di SDN Katulampa 1 Bogor.

Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang menemuan suatu phenomena untu memaknai suatu masalah dan menyelidiki suatu masalah baik secara individu, kelompok dan situasi yang berada pada di lapangan yang kita teliti.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan triangulasi yaitu mereduksi data yang relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

 Hasil penelitian ini untuk mengetahui guru telah merencanakan penilaian yang disesuaikan degan rencana pembelajaran dan silabus  yang dimuat diinstrumen penilaian sesuai dengan kompetensi inti serta kompetensi dasar (KD). Untuk pelaksanaan guru telah melaksanakan perencanaan yang searah dengan baik serta memeriksa hasil pekerjaan siswa. Tahap evaluasi penilaian guru telah melaksanakan hasil belajar siswa yaitu mengadakan ulangan, serta upaya tindaklanjutnya berupa remedial dan pengayaan. Dalam penilaian ini guru telah memahami penilaian yang berkaitan dengan kegamaan (KI-1) dan sikap terhadap teman dan guru (KI-2), kemapuan secara tertulis dan lisan (KI-3), dan bukti produk hasil siswa (KI-4).

Article Details

How to Cite
Sartika, I., Prasetyo, T., & Yektyastuti, R. (2019). IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KATULAMPA 1 BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1663
Section
Articles

References

Apri Damai S.K dan Rusmawan,(2015), Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Cakrawala Pendidikan
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Kunandar, 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. J
akarta: PT. Raja Grapindo Persada.Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasih Imas dan Sani, B., 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian.
Prasetyo, Teguh. 2017. Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia .vol 5 (1) SSN 2338-4743 (print), ISSN 2460-9927(online)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto ,Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar , Jakarta: Kencana Prenada Media Grou
Trianto. 2017. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana.

Most read articles by the same author(s)