PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Main Article Content

Kharisma D Rahmatika
Teguh Prasetyo
Ratna Wahyu Wulandari

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD IT At-Thoriq Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Sampel  dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD IT At-Thoriq sebanyak 55 siswa. Data instrumen pengumpulan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis regresi sederhana.  Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan p nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,949 > 1,674 dengan hasil nilai signifikan 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Article Details

How to Cite
Rahmatika, K. D., Prasetyo, T., & Wulandari, R. W. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1665
Section
Articles

References

Ali Muhidin, Sambas & Abdurahman, Maman., 2010. Analisis Korelasi, Regresi, dan jalur dalam Penelitian Dilengkapi Aplikasi Program, Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar., 2017. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra., 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
B. Uno, Hamzah., 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT. Bumi Aksara. Daryanto., 2016. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ibrahim & Nana Syaodih, 2010. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ma’mur Asmani, Jamal., 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM, Yogyakarta: PT. Diva Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
Rahayu, S., Rasmitadila, & Makarim, H. (2018). PENGGUNAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA DOWN SYNDROME. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 94-105.
Sadiman, Arief S, et. al, 2010. Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto, 2014. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)