UPAYA MEMENUHI HASIL MAKSIMAL BIADANG STUDY MATEMATIKA MEMAKAI GAYA PENGKAJIAN KOOPERATIF BERUPA STAD
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk terpenuhinya nilai maksimal matimatika dengan cara penerapan model STAD yang menjadi corak atau menggambarkan PTK. Pelajar kelas tiga SDN Gn. Picung 08 Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018 menjadi subjek dari penelitian ini, yang berjumlah 30 orang, dengan rincian: Enam belas laki-laki dan empat belas perempuan dengan tingkat kemampuan akademik heterogen. KKM yang ditetapkan disekolah tersebut yakni 65. sedangkan substansi bangun datar pada bidang study matematika belum mencapai kriteria tersebut. PTK memakai gaya pengkajian kooperatif berupa stad digunakan Peneliti sebagai guna mencari solusi dan pemecahan masalah yang ada di dalam kelas, Metode ini dilakukan dengan dua siklus yang mana siklus satu dan siklus dua ini menggunakan empat tahapan: yang pertama tahap planning atau perencanaan, tahap ke dua implementation atau pelaksanaan, tahap ke tiga observation atau pengamatan, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut disajikan dan diimplementasikan dengan langkah-langkah pembelajaran model tipe STAD. Data aktivitas guru, data aktivitas siswa, serta perolehan hasil dalam kegiatan belajar mengajar dijadikan bentuk dan jenis pengumpulan data. diakhir siklus, dilakukan evaluasi dan dicatat dilembar obervasi. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada perolehan hasil di siklus I yaitu 56% menjadi 80% di siklus II. Ini berarti upaya memenuhi hasil maksimal biadang study matematika memakai gaya pengkajian kooperatif berupa stad sudah terpenuhi dan dianggap tuntas.
Article Details
How to Cite
Marpuah, E., Efendi, I., & Wulandari, R. W. (2019). UPAYA MEMENUHI HASIL MAKSIMAL BIADANG STUDY MATEMATIKA MEMAKAI GAYA PENGKAJIAN KOOPERATIF BERUPA STAD. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1680
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, S., & dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Bahrudin, D. S., & Ason. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Student Archievement Division STAD) pada siswa kelas V SDN 02 kotabatu kecamatan tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 1.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Galia Indonesia.
Harjodipuro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Kusyadi, D., & Luthfi, M. U. (2011). Pendidikan Agama Islam Untuk Smp Kelas IX. Depok: CV.Arya Duta.
Muhadi, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sahira Media.
Musyadah, E. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran STAD Pada siswa kelas V Muhammadiyah Ngadipuro Dukuh kabupaten Magelang. Magelang: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Pentashih, L. (2004). Mashap Alquran,Alqur'an dan Terjemahannya. Bandung: J.ART.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Undang-undang, N. 2. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wardani, I., & dan, W. K. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksa
Bahrudin, D. S., & Ason. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Student Archievement Division STAD) pada siswa kelas V SDN 02 kotabatu kecamatan tanah Pinoh. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 2, Nomor 1.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Galia Indonesia.
Harjodipuro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Kusyadi, D., & Luthfi, M. U. (2011). Pendidikan Agama Islam Untuk Smp Kelas IX. Depok: CV.Arya Duta.
Muhadi, (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Sahira Media.
Musyadah, E. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran STAD Pada siswa kelas V Muhammadiyah Ngadipuro Dukuh kabupaten Magelang. Magelang: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Pentashih, L. (2004). Mashap Alquran,Alqur'an dan Terjemahannya. Bandung: J.ART.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Undang-undang, N. 2. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wardani, I., & dan, W. K. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksa