PENGARUH KELANCARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS III SD.

Main Article Content

Rima Maulidiawati
Teguh Prasetyo
Wilis Firmansyah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh signifikan kelancaran membaca teks eksposisi terhadap pemahaman bacaan pada murid kelas III SD. Latar belakang permasalahan pada fokus penelitian ini di SDN Cikaret 02 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor kurang memaksimalkan literat dalam pembelajaran membaca, kelancaran membaca menggunakan teks eksposisi dan pemahaman bacaan murid.

        Penelitian ini merupakan jrnis penelitian kuantitatif dengsn desain penelitioan expost facto dengan alat analisis berupa regresi sederhana, sampel penelitan 95 murid kelas III SDN Cikaret 02. Pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Instrumen tes telah memenuhi estimasi validitas dan uji reliabilitas ysng telah ditetapkan. Data ysng diperoleh dianalisis memakai analisis regresi sederhana dan menggunakan uji signifikansi untuk melihat pengaruh signifikan.

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kelancaran membaca teks eksposisi terhadap pemahaman bacaan. Hasil analisis menunjukkan thitung sebesar 11,815 dengan signifikansi 0,000 dan dengan menentukan persaman regresi ysng terbentuk yaitu Y = a + bX atau 6,525 + 0,524X. Selain itu, sumbangan kelancaran membaca teks eksposisi terhadap pemahamsn bacaan diketahui sebesar 60%.

Article Details

How to Cite
Maulidiawati, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2019). PENGARUH KELANCARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS III SD. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1662
Section
Articles

References

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Alek dan H. Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arifin, Zainal. 2013. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Eni, Fatma Wulandari. 2017. Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6, No. 2, Seri A 129- 134.
Gusmayanti, W., Fauziah, R. S. P., & Muhdiyati, I. (2018). PENGARUH MINAT MEMBACA CERITA PAHLAWAN PADA HASIL PENGAJARAN. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 123-134.
Grant, Sonia. 2016. Influence of Ethnic-Based Scripts on Reading Fluency and Reading Comprehension of Secondary School Student. Bloomington: AuthorHouse.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan; dari Anak sampai usia Lanjut. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia
Intan, Permata Hapsari. 2014. One Stay Three Stray: Strategi Meningkatkan Keterampilan Menulis Jenis Teks Eksposisi Dalam Pembelajaran Genre-Based Writing. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 30, No. 1.
Khateb, Asaid. 2016. Reading Fluency; Current Insights from Neurocognitive Research and Intervention Studies. Haifa: Springer International Publishing Switzerland
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia; Kurikulum 2013. Kota Depok: PT Rajagrafindo Persada

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa. (2017). SIGNIFIKANSI METODE GUIDE READING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM TEORI MEMBACA NYARING, DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126-139.

Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Sleman: Deepublish CV BUDI UTAMA
Mikha, Agus Widiyanto. 2013. Statistika Terapan; Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rahim, Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Rasinski, Timothy and James K. Nageldinger. 2016. The Fluency Factor; Authentic Instruction and Assesment for Reading Success in The Common Core Classroom. New York: Teachers College Press.
Rokhmansyah, Alfian. 2017. Teori Filologi. Yogyakarta: CV Istana Agency.
Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Setiarini, Indah Wukir dan Santi Artini. 2014. Cakap Berbahasa Indonesia; Kelas X SMA. Jakarta: Yudhistira.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sri Wardani. Using Speed Reading and Extensive Reading Activities to Improve Students’ Reading Fluency. Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol. 2 , No. 3, ISSN 2338-8110
Subadiyono. 2010. Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Pendekatan Interaktif. Forum Kependidikan, Vol. 30 No. 1, ISSN 0215-9392
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: ALFABETA
Sujariah. 2010. Skripsi: Studi Komparasi Kelancaran Membaca Huruf Latin Dengan Buku Nurani dan Kelancaran Membaca Huruf Dengan Buku Qiro’ati di RA Al-Khoiriyah 2 Semarang. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sya, M. F. (2015). KETERAMPILAN MENULIS ESAI NARATIF BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEER REVIEW. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2)
Widyorini, Endang dan Julia Maria van Tiel. 2017. Disleksia; Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Jakarta: Prenada
Suryani dan Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media
Yasa, Rawdhah Binti. 2014. Rancangan Pelatihan Pengucapan Kata Untuk Meningkatkan Kelancaran Membaca Murid Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 1 No. 1.