PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA KELAS III SDN PARAKANMUNCANG 02 KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa yang secara klasikal belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 65. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu pemberian pre-test, treatment, dan post-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman IPA kelas III SDN Parakanmuncang 02 Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor melalui penerapan model pembelajaran experiential learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 37 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata indeks gain kelas eksperimen adalah 0,343 dengan kriteria sedang dan nilai rata-rata indeks gain kelas kontrol adalah 0,036 dengan kriteria rendah. Uji statistik menunjukan nilai signifikansi indeks gain sebesar 0,000. Berdasarkan nilai signifikansi tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata indeks gain kelas eksperimen lebih dari rata-rata indeks gain kelas kontrol. Hal ini menyatakan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
Article Details
How to Cite
Laraswati, L., Prasetyo, T., & Andriatna, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA KELAS III SDN PARAKANMUNCANG 02 KECAMATAN NANGGUNG KABUPATEN BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1682
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Susanto, A., 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Supardi., 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Adikita.
Sulfina, S.D., 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Experential Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minds-On Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N., 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Siregar, E dan Hartini, N., 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samatowa, U., 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Fathurrohman, M., 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jannah, M.S.F.. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model Di Kelas V Sdn 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Paradigma, 8 (1): 41-46.
Jihad, A dan Haris, A., 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Majid, A., 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmayanti, D., Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2017). PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM INTERAKSI SOSIAL BAGI SISWA AUTISME. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 101-114.
Supardi., 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta Selatan: Adikita.
Sulfina, S.D., 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Experential Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minds-On Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N., 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Siregar, E dan Hartini, N., 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samatowa, U., 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Fathurrohman, M., 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jannah, M.S.F.. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model Di Kelas V Sdn 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Paradigma, 8 (1): 41-46.
Jihad, A dan Haris, A., 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Majid, A., 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmayanti, D., Rasmitadila, & Prasetyo, T. (2017). PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM INTERAKSI SOSIAL BAGI SISWA AUTISME. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 101-114.