PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN KASUS BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN

Authors

  • Siti Alfi Napisah Universitas Djuanda
  • Irman Suherman Universitas Djuanda
  • Ridwan Haris Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13306

Keywords:

Kepemimpinan, Peran Kepala Sekolah, Bullying

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA Cahaya Insani Al Um Bogor, dan tujuan penelitian adalah untuk menentukan peran kepala sekolah dalam mencegah bullying di institusi pendidikan berbasis pesantren. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pengumpulan data atau analisis. Studi kasus adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis diketahui bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin di MA Cahaya Insani Al Um, terdapat tujuh peran yang telah terealisasikan oleh kepala sekolah. Tujuh peran yang di maksud ialah, educator, motivator, supervisor, leader, manager, inovator, dan administrator. Kepala sekolah MA Cahaya Insani Al Um telah menjalankan tujuh peran tersebut dengan sangat maksimal, salah satu contoh upaya kepala sekolah dalam menjalankan perannya ialah dengan berinovasi mengadakan seminar untuk para guru, seminar untuk siswa, pembekalan bagi para siswa, dan beberapa inovasi lainnya. Hal ini dilakukan oleh kepala sekolah dengan tujuan menciptakan lingkungan aman dan nyaman agar terhindar dari hal-hal negatif seperti tendangan perundungan atau biasa disebut dengan bullying.

References

Djafry.N., (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing Dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Hatta, M. (2018). Tindakan Perundungan (Bullying) Dalam Dunia Pendidikan Ditinjau Berdasarkan Hukum Pidana Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2).

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran Dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201.

Lathifah, Z. K., Setyaningsih, S., & Wulandari, D. (2022). Exploring Internal Quality Assurance System for Pesantren in Indonesia. Journal of Higher Education Theory & Practice, 22(16).

Putri, E. A., Adri, H. T., Lathifah, Z. K., Muhdiyati, I., & Efendi, I. (2023). MENTORING IN THE IMPLEMENTATION OF STUDENT CHARACTER AND CREATIVITY EDUCATION IN SB KAMPUNG BHARU, MALAYSIA. In PROCEEDING DJUANDA INTERNATIONAL CONFERENCE (pp. 229-235).

Mahrudin, A. (2019). Pedoman Penulisan Dan Penyusunan Skripsi. Unida Press. Bogor.

Manora, H. (2019). Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 119-125.

Mulyasa .E., (2022) Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Pt Raja Grafindo Persada

Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.

Suherman, I. (2018). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Upaya Pencapaian Efektivitas Sekolah.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Alfi Napisah, S. ., Suherman, I. ., & Haris, R. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN KASUS BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 231–238. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13306
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)