CARA GURU MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Riska Damayanti Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda
  • Afridha Sesrita Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13810

Keywords:

Guru, Daya Ingat, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan daya ingat siswa sekolah dasar.  Metode yang digunakan yaitu studi pustaka (library research). Metode penelitian ini adalah rangkaian proses mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mengevaluasi konsep-konsep dalam topik pembahasan tertentu untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya. Systematic literature review meliputi tiga tahap yaitu planning, pada tahap ini peneliti memilih topik penelitian yaitu cara guru meningkatkan kemampuan daya ingat siswa di sekolah dasar menggunakan web google scholar dengan rentang waktu 2024-2020; conductin, peneliti memulai dengan mencari dan mengumpulkan artikel; dan reporting, peneliti menulis hasil dalam bentuk tulisan. Berdasarkan kajian tujuh artikel, cara guru dalam meningkatkan daya ingat sangat beragam yaitu dengan penggunaan model memori, metode simulasi, metode bernyanyi, media flashcard, metode ITIK, metode mind mapping dan metode mnemorik dalam pembelajaran.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Anisah, S., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan kemampuan daya ingat siswa melalui metode bernyanyi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581.

Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166.

Hafidzoh Rahman, N., Mayasari, A., Arifudin, O., & Wahyu Ningsih, I. (2021). Pengaruh media flashcard dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi mufrodat bahasa arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Irwanto, Nasution, S. A., & Sesrita, A. (2021). Pengaruh penerapan model ioc berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar peserta didik kelas iv dalam aspek kognitif. Sittah: Journal of Primary Education, 2(1), 83–94.

Jusriana, A. (2022). Penerapan model pembelajaran memori untuk meningkatkan daya ingat peserta didik. Al asma : Journal of Islamic Education, 4(1), 61–70.

Latifah, A. Z., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50.

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61.

Najib, F. (2023). Pengaruh penggunaan media game edukatif wordwall terhadap kemampuan daya ingat mata pelajaran ipa pada siswa kelas 4 minu waru ii sidoarjo. UIN Sunan Ampel.

Ndasi, A. A. R., Endu, S., Dhoka, F. A., Mawa, H. A., & Lawe, Y. U. (2023). Peningkatan daya ingat siswa sd melalui metode simulasi. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 17–23.

Ni’mah, R. A., Agustin, R., Saifulloh, F., & Abdun, M. F. (2023). Penggunaan metode itik dalam menghafal aksara jawa untuk meningkatkan daya ingat siswa kelas iv mi/sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2, 13–21.

Nurfadila, I. (2020). Penerapan metode mnemonik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan.

Nuriah, S. S., & Sesrita, A. (2024). Analisis permasalahan guru terkait alokasi waktu, media pembelajaran dan kurikulum merdeka dalam merancang rpp. Karimah Tauhid, 3.

Purwono, A., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar tematik tema 9 subtema kekayaan sumber energi di indonesia siswa kelas iv mi addiniyah jiyu. Jurnal Program Studi PGMI, 8.

Rasmitadila. (2023). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. Insight Mediatama.

Rizki, I., Dwi, S., & Amaliyah, A. (2020). Efektivitas metode mnemonik terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran ips kelas v di sdn kutabumi ii kab. Tangerang. 4(1).

Rochanah, S. (2021). Upaya meningkatkan daya ingat tentang materi keseimbangan lingkungan dengan menerapkan teknik mind mapping. Journal on Education, 4(1), 114–127.

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa sd negeri. Sittah: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar tema “kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Damayanti, R., Rasmitadila, & Sesrita, A. . (2024). CARA GURU MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DI SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 248–254. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13810
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)