PENGARUH PERAN WALI KELAS (SEBAGAI PENGGANTI GURU BIMBINGAN KONSELING) TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA

Main Article Content

Putri Anjani
Rasmitadila
Novi Maryani
Muhammad Rendi Ramdhani

Abstract

This research aims to know Impact between the role of homeroom teacher  as substitute Counseling teacher to student learning discipline of grade 5 in Elementary School at Depok City. This researches is a type of quantitative researches with functional correlation and simple regression analysis. population in school research in Depok city consists of homeroom teacher in SDN Sukamaju Baru 1, SDN Sukamaju Baru 5, SDN Cilangkap 4,and SDN Sukamaju 10 and also students of grade 5 in SDN Sukamaju Baru 1. Sampling technique used Probability Sampling with random sampling. As many samples are used 7 the homeroom teacher and 70 students. Test hypotheses using correlation tests of Product moment from Pearson with the help of calculations using the program SPSS version 16.0, with the conclusion that there is no influence of the role of homeroom teacher as a substitute for teacher counseling guidance on learning discipline.

Article Details

How to Cite
Anjani, P., Rasmitadila, Maryani, N., & Muhammad Rendi Ramdhani. (2022). PENGARUH PERAN WALI KELAS (SEBAGAI PENGGANTI GURU BIMBINGAN KONSELING) TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(2), 155–166. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6470
Section
Articles

References

Asim, Titi Mirawati. 2016. Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa.Journal of ETS 2, no. 2.

Bangun, Darwin. 2018. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Ekonomi. Ekonomi dan pendidikan 5, no. 1

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

H, D. Rahmat, dan Herdi. 2013. Bimbingan Konseling Kesehatan Mental diSekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hartinah, Hj. Siti. 2008. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama

Hikmawati, Fenti. 2014. Bimbingan Konseling. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Koesoema A, D. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Muhidin, S. Ali dan Maman Abdurahman. 2017. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurihsan, Achmad Juntika. (2011). Bimbingan Konseling dalam berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 111. 2014. Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ridlo, M. Z. 2011. Virus Entrepreneurship KYAI 72 Prinsip dan Wejangan.Jakarta: Renebook.

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis,” 38. Yogyakarta: Deepublish.

Sasmito, Agus. (2012) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Mardisiswa. Economic Education Analysis Journal, 2.

Sobri, Muhammad, dan Moerdiyanto. Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 1, no. 1.

Sudarmanto, R Gunawan. 2013. Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS

Statistic 19. Bandar Lampung: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Taufiq, Agus, Hera L Mikarsa, dan Puji L Prianto. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tohirin. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliyantika, Siska. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X,XI,XII,. Jurusan Pendidikan Ekonomi 9, no. 1.

Most read articles by the same author(s)