INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN BARANG DI PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13368Keywords:
Persediaan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan BarangAbstract
Inventarisasi Sarana dan Prasarana Merupakan suatu pencatatan dan pendataan komoditas atau barang kepemilikan sekolah yang ditulis dalam buku inventaris barang dengan rapi dan sistematis berdasarkan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, kegiatan inventarisasi peralatan pada suatu instansi atau lembaga dapat meningkatkan pengelolaan barang yang efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan inventarisasi sarana dan prasarana. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sedangkan validitas yang dilakukan ialah uji kredibilitas dengan menggunakan teknik, waktu dan triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran inventarisasi sarana dan prasarana sebagai upaya optimalisasi pengelolaan barang di Pesantren Tahfizh Al-Qur'an dan Arab Bina Madani Putri Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tersedianya inventarisasi sarana dan prasarana tetapi pencatatannya tidak maksimal karena tidak memiliki buku khusus untuk inventarisasi, 2) terdapat program kerja dilakukan setiap 2 minggu sekali dan pelaporan inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan setahun sekali, 3) faktor pendukung inventarisasi sarana dan prasarana ialah dengan kerjasama yang baik serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam pemeliharaan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran dalam menjaga inventaris pesantren.
References
Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.Huda, M. N. (2020). Inventarisasi dan penghapusan sarana prasarana pendidikan. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 25-25.
Ibrahim, B. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, S. (2010). Inventaris Barang Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, XV, (03).
Lathifah, Z. K. ., Maryani, N., & Vebriyanti , M. M. (2023). The Identification Of Library Management Procedure In The School With C Accreditation Status . Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 157–167. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.10603
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola lembaga pendidikan secara mandiri). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novita, M. (2017). Sarana dan prasarana yang baik menjadi bagian ujung tombak keberhasilan lembaga pendidikan islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.
Nudin, M. I. (2020). Motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 3.1 (2020): 1-16.
Qomar, M. (. (2016). Manajemen pendidikan islam. Malang: Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Syahril. (2004). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Jurusan Administrasi Pendidikan UNP.
UNIDA. (2022). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi. Bogor: Unida Press.
Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan Penelitian gabungan. A. Muri Yusuf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).