INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN BARANG DI PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR

Authors

  • Siti Maria Ulfah Ulfah Universitas Djuanda
  • Novi Maryani Universitas Djuanda
  • Syukri Indra Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13368

Keywords:

Persediaan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Barang

Abstract

Inventarisasi Sarana dan Prasarana Merupakan suatu pencatatan dan pendataan komoditas atau barang kepemilikan sekolah yang ditulis dalam buku inventaris barang dengan rapi dan sistematis berdasarkan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, kegiatan inventarisasi peralatan pada suatu instansi atau lembaga dapat meningkatkan pengelolaan barang yang efektif dan efisien, dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan inventarisasi sarana dan prasarana. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sedangkan validitas yang dilakukan ialah uji kredibilitas dengan menggunakan teknik, waktu dan triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran inventarisasi sarana dan prasarana sebagai upaya optimalisasi pengelolaan barang di Pesantren Tahfizh Al-Qur'an dan Arab Bina Madani Putri Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tersedianya inventarisasi sarana dan prasarana tetapi pencatatannya tidak maksimal karena tidak memiliki buku khusus untuk inventarisasi, 2) terdapat program kerja dilakukan setiap 2 minggu sekali dan pelaporan inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan setahun sekali, 3) faktor pendukung inventarisasi sarana dan prasarana ialah dengan kerjasama yang baik serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam pemeliharaan. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran dalam menjaga inventaris pesantren.

References

Barnawi & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.Huda, M. N. (2020). Inventarisasi dan penghapusan sarana prasarana pendidikan. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 25-25.

Ibrahim, B. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail, S. (2010). Inventaris Barang Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, XV, (03).

Lathifah, Z. K. ., Maryani, N., & Vebriyanti , M. M. (2023). The Identification Of Library Management Procedure In The School With C Accreditation Status . Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 157–167. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.10603

Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola lembaga pendidikan secara mandiri). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novita, M. (2017). Sarana dan prasarana yang baik menjadi bagian ujung tombak keberhasilan lembaga pendidikan islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.

Nudin, M. I. (2020). Motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 3.1 (2020): 1-16.

Qomar, M. (. (2016). Manajemen pendidikan islam. Malang: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahril. (2004). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Jurusan Administrasi Pendidikan UNP.

UNIDA. (2022). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi. Bogor: Unida Press.

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan Penelitian gabungan. A. Muri Yusuf.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Ulfah, S. M. U., Maryani, N. ., & Indra, S. (2024). INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN BARANG DI PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN DAN BAHASA ARAB BINA MADANI PUTRI BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 239–247. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13368
Abstract viewed = 0 times