PENGARUH PENGENALAN KEAKSARAAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA

Main Article Content

Yayang Maulida
Rasmitadila Rasmitadila
Novi Maryani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa sekolah dasar yang belum bisa membaca, dikarenakan tidak mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebelum masuk ke sekolah dasar, atau kurangnya peran serta orang tua dalam melatih kecerdasan berbahasa anak, sehingga mempengaruhi kemampuan keaksaraan siswa yang berdampak pada kemampuan membacanya di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakahpengaruh pengenalan keaksaraan awal terhadap kemampuan membaca siswakelas I di SDN Kadaung 02. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kadaung 02 Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor yang berjumlah 45 siswa. Dengan teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang dimana seluruh populasi diambil dan dijadikan sampel.Teknik analisis yang digunakan adalahanalisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan regresi sederhana menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pengenalan keaksaraan awal terhadap kemampuan membaca di kelas I SDN Kadaung 02 kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, pengujian tersebut dapat dibuktikan dengan besarnya koefisien korelasi sebesar (0,343) yang mana lebih besar dari rtabel (0,248). Dengan sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 34,4% sedangkan sisanya 65,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berupa faktor fisiologi, faktor intelektual, lingkungan (latar belakang pengalaman siswa dirumah, dan ekonomi sosial keluarga siswa), dan psikologis.

Article Details

How to Cite
Maulida, Y., Rasmitadila, R., & Maryani, N. (2019). PENGARUH PENGENALAN KEAKSARAAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/1657
Section
Articles

References

Andayani. (2015). Problema dan Aksioma Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Yogyakarta: Cv Budi Utama

Langi A, dkk., (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. ISSN. 2354-614X Vol. 4 No. 8. Jurnal Kreatif Tadulako Online

Dalman, 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif Dan Kualitatif. Grafindo Persada, Jakarta.
Ernalis & D. syahruddin. 2017. Perekayasaan Model Pembelajaran Membaca permulaan Di Sekolah Dasar Berbasis Pengembangan Sikap, Keterampilan, Dan Pengetahuan ISSN.2085-1243 Vol. 9. No.1. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar

Tarigan. H.G., 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hidayatullah, A., dkk (2013), ALWASIMAl-Qur’an Tajwid Kode, Transliterasi Per Kata, Terjemah Per Kata, Bekasi: Cipta Bagus Segara

Humaira, M. A. (2015). Legenda Batu Hiu: Analisis Struktur, Konteks Penutur, Fungsi, dan Makna. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2): 108-120

Destiana, M. N (2012) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Batik –Sidoarjo, vol 1, no (1). Sidoarjo: UNESA
Chasanatun, Fida. Susari, H.D. Sunardi. Nurkamto, Joko. & Asrowi, (2016). Book Sharing: Parents’ Read Aloud Activities in Supporting Emergent Reading and Arts for Early Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol, 1( 1), ISSN 1043-1124. Madiun: PROSIDING ICTTE FKIP UNS.
Makarim, H., Holipah, S., Helmi., (2018). The Development Book Of Story Based Sundanese Culture As Media On Indonesian Language With Pantun Material In Iv Class Elementary School. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5(1): 70-82.
McGeown, S.P., Johnston, R.S., Medford, E. (2012). Reading Instruction Affects The Cognitive Skills Supporting Early Reading Development. Learning and Individual Differences, 22, 360–364.
National Reading Panel. (2000). Teaching Children to Read: An Evidence-Based Assesment of
The Scientific Research Literature on Reading and Its Implications for Reading
Instruction. Reports of The Subgroups.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif , Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi
Anak Usia Dini. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. (2015). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.
Rahim, F., (2011). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: BumiAksara
Rasmitadila, R. (2014). IMPLEMENTASI USULAN STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (BRAIN BASED TEACHING) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS SD PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013. Jurnal Sosial Humaniora, 5(1).
Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Aplikasi statistika dalam penelitian. Edisi pertama. Jakarta: ufuk sementara
Umar, A., (2016) Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Membaca.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 8.( 2), mei 2016, ISSN 01259334.
Yarmi G., Widyastuti R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Komputer Pada Siswa Kelas I Di Sdn Kalibata 03 Pagi Jakarta Timur. Vol. 1, No. 2, Jakarta: Profesi Pendidikan Dasar