PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, sebagai upaya peneliti untuk memberikan gambaran minat membaca siswa di sekolah, dalam hal ini adalah SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok. Minat siswa dalam membaca buku di sekolah ini masih rendah, hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu faktor pendukung ataupun faktor penghambat. Faktor pendukung minat membaca itu adalah perpustakaan sekolah dan penjaga perpustakaan yang siap melayani keperluan siswa dalam hal peminjaman buku, dan juga koleksi buku bacaan yang tersedia yang cukup memadai. Faktor penghambat minat membaca siswa ada dua yaitu faktor yang datang dari dalam sekolah, yaitu minat membaca siswa itu sendiri dan waktu kunjungan yang terbatas. Sedangkan faktor dari luar sekolah yaitu motivasi yang diberikan orang tua kepada anak yang masih rendah akan pentingnya membaca. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat membaca siswa, perpustakaan di SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok menyelenggarakan program literasi dan lomba-lomba literasi bagi siswanya agar minat membaca siswa dapat meningkat.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aulawi, B. Moch. (2012). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakaloka. Vol.4 No. 1, 119.
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif - Analisis Data. Depok: RajaGrafindo Persada.
Faizah., Utami. D, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: DIRJENDIKDASMEN KEMENDIKBUD.
Farandina, N. (2017). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SDIT Muhamadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya , Vol.6 No. 8, 61-63.
Gusmayanti, W., Fauziyah, R.S., & Muhdiyati, I. (2018). Pengaruh Minat Membaca Cerita Pahlawan pada Hasil Pengajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. 5(2).123-134
Masyhuri, I. (2010). Memberdayakan Perpustakaan Sekolah. Pustakaloka Vol. 2 No.1, 24.
Permendikbud No. 25 tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Rasmitadila, R. (2014). IMPLEMENTASI USULAN STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK (BRAIN BASED TEACHING) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS SD PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013. Jurnal Sosial Humaniora, 5(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Malang: MNC Publishing.
UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.