KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM ABU HAMID AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN

Main Article Content

Rahmad Syah Dewa
Zahra Khusnul Lathifah
Syukri Indra

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada kualitas pendidikan pasca pandemi mengalami kemerosotan yang signifikan. Salah satunya terjadi degradasi moral atau akhlak pada  peserta didik, menyempurnakan akhlak merupakan misi ajaran Islam yang harus dilakukan. Banyak daripada ilmuwan Islam yang telah menuliskan konsep pendidikan Akhlak salah satunya Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Ihya Ulumuddin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan konsep kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset kepustakaan (library research) dengan kitab Ihya Ulumuddin sebagai sumber primer dan analisis konten sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali dimaknai sebagai khuluq, yakni suatu perangai (watak atau tabiat) sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu yang melekat kuat dalam jiwa seseorang dan terlihat secara alamiah tanpa perlu direncanakan atau dipikirkan sebelumnya. Adapun konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali adalah usaha mendorong dan membentuk jiwa manusia guna mendekatkan diri kepada Allah Swt., (akhlakul karimah), yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Kemudian, kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin dimaknai sebagai suatu pedoman pendidikan akhlak yang terdiri dari tujuan pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak dan penilaian pendidikan akhlak.

Article Details

How to Cite
Syah Dewa, R., Khusnul Lathifah, Z. ., & Indra, S. (2023). KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM ABU HAMID AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10969
Section
Articles

References

Al-Ghazali, A.-I. A. H. (2014). Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia diterjemahkan dari Tahzib Al-Akhlaq wa Mu’ajalat Amaradh Al-Qulub.

Al-Ghazali, A. H. M. bin M. (2016). Ihya ’Ulum al-din Jilid III. Bandung: Mirza.

Al-Ghazali, I. (2003). Ihya ’Ulumiddin Jilid V terjemahan Moh. Zuhri. Semarang: Asy-Syifa.

Ashari, H. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali, Skripsi. Jawa Timur: Institut Agama Islam Ponorogo: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Faiz, A. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan Moral Dan Karakter. Education And Development, 10(2), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3671

Haudi. (2021). Manajemen Kurikulum. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Huges, H., & Nurjaman, U. (2022). Pendidikan Moral Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Al Qalam, 16(1), 106. https://doi.org/: 10.35931/aq.v16i1. 814

Indonesia, R. (2003). Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia (LN.2003/NO). Jakarta.

Jauhari, M. I. (2018). Pengantar Ilmu Jiwa Umum Dengan Konfirmasi Islam. Sumenep Madura: Mutiara Press.

KPAI. (2022). Update Data Infografis KPAI-Per 31-08-2020.

Munshorif. (2022). Pendidikan Akhlak Dalam Persepektif Imam Al-Ghazali. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Oktavia, P., Sayuti, A., & Khotimah, K. (2022). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuhal Walad. Mubtadiin, 8(01), 96–97.

Saepuddin. (2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali (Telaah atas Kitab Ayyuhal al Walad Fi Nashihati al Muta’allimin Wa Mau’izhatihim Liya’lamu Wa Yumayyizuu ’Ilman Nafi’an). Antimicrobial Agents and Chemotherapy (Vol. 58). Diambil dari

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520%0Ahttps://aac.asm.org/content/58/12/7250

Saifi, M. M. (2017). Konsepsi Psikologi Terhadap Lingkungan Pendidikan Islam Di Suatu Lembaga. Tabawi: Jurnal Pendidikan Islami, 2(1), 7–10.

Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Kependidikan, 5(1), 43–45.

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Misbah: Tafsir Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Suban, A. (2020). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Idaarah, IV(1), 90.

Triwiyanto, T. (2021). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, A. H., Muali, C., & Sholehah, B. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 94–95.

Winahyu, A. I. (2020). Dampak Pandemi Kualitas Pendidikan Alami Penurunan. Diambil 20 Mei 2022, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/321039/dampak-pandemi-kualitas-pendidikan-alami-penurunan