INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS INKLUSIF SD ISLAM PLUS DAARUL JANNAH

Main Article Content

yani hernawati
Siti Pupu Fauziah
Rasmitadila

Abstract

Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan guru kelas, mengetahui jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan GPK, dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat pada diri siswa slow learner. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar penelitian yaitu Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor.
Penelitian ini menghasilkan temuan jenis-jenis interaksi sosial pada siswa slow learner di kelas inklusif diantaranya: Jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan guru kelas dan GPK yaitu 1)Apersepsi pada awal pembelajaran bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum guru memberikan materi pelajaran pada kegiatan inti, 2)Interaksi penyajian materi pelajaran matematika guru kelas sering melakukan secara berulang untuk menjelaskan materi, media yang digunakan yaitu media konkrit dan audio visual, metode yang digunakan guru kelas yaitu tugas kelompok dan diskusi, 3)Interaksi penyelesaian tugas yaitu mengingatkan tugas, memberikan tugas tambahan diluar jam pull out. Faktor pendorong siswa slow learner yaitu motivasi dan dukungan keluarga. Faktor penghambat yaitu intelegensi rendah, tidak percaya diri, tidak dapat manajemen waktu.

Article Details

How to Cite
hernawati, yani, Siti Pupu Fauziah, & Rasmitadila. (2023). INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS INKLUSIF SD ISLAM PLUS DAARUL JANNAH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6790
Section
Articles

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani Puspita, O. (2013). Model Dan

Metode Pembelajaran Di Sekolah. 154.

Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2),

https://doi.org/10.15294/kreano. v6i2.4168

Faujiah, R., & Rusli, R. (2013). Jurnal Sosial Humaniora ISSN 2087- 4928 Volume 4 Nomor 2,

Oktober 2013. 7. Fitrianah, N. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi Melalui Model Pull Out di MI

Nurul Huda Kalanganyar Sedati. http://eprints.umsida.ac.id/4044/ 1/Nur%20Fitrianah.pdf Giawa, S. Y. (2017). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 277.

Hadi, F. R., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learners Di Kelas Inklusi. 7.

Irawan, H. (2019). Interaksi Sosial. In Interaksi Sosial. Pt. Aksara Sinergi Media.

Jamaris, M., & Hartati, S. (2017). The Role Of The Undergraduate Students’ Self-Regulation S And Its Influence To Their Academic Achievements. 9.

Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya (1st Ed.). Luxima.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.

Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V4i2 .1881

Mumpuniarti, O., Rudiyati, S., & Cahyaningrum, E. S. (2011). Kebutuhan Belajar Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Di Kelas Awal Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta. 15.

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. 1, 11.

Mutmainah, M. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar- Rahman, 3.

Ningsih Yati, R. (2019). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kela V Sdn 158 Seluma. Google Scholar. Http://Repository.Iainbengkulu.A c.Id/3628/1/Resmi%20yati%20ni ngsih.Pdf

Nurmalasari, D. (2019). Interaksi Pembelajaran Siswa Slow Learner Kelas Iib Sd Panggang Bantul. 10.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. 1(83), 11. Purwaningrum, J. P. (2018). International Conference On Mathematics, Science And Education 2017 (Icmse2017). Journal Of Physics: Conference Series, 983, 011001. Https://Doi.Org/10.1088/1742- 6596/983/1/011001

Ranita, R., Nuary, N., & Guruh, M. (2017). Pendekatan Individual Terhadap Slow Learner; Perspektif Bimbingan Dan Konseling Islam. Garuda.Ristekdikti.Go.Id.

Rasmitadila, R., Boeriswati, E., & Zulela, Z. (2017). Peers’ Instructions In Inclusive Classroom: Slow Learner

Students And Typical Students. International Journal Of Multidisciplinary And Current Research, Vol.5 (July/Aug 2017

Issue.

Rasmitadila, R., Samsudin, A., & Prasetyo, T. (2019). Teacher- Students’ Instructional Interactions Analysis (Tsiia): A Case Study In Inclusive English Classrooms In Indonesia. The International Journal Of Interdisciplinary Educational

Studies, 14(1), 1–22. Https://Doi.Org/10.18848/2327- 011x/Cgp/V14i01/1-22

Saifudin, M. F. (2018). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 6.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. Vol 1 No 2, 5.

Sudaryanto, S. (2019). Interaksi Sosial. Alprin.

Sugiarti, R. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa Slow Learner Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Negeri Semarang. Https://Jurnalwacana.Psikologi.F k.Uns.Ac.Id/Index.Php/Wacana/ Article/View/71, Vol 5, No 1 (2013).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i 1.144

Triani, T., Nani, N., & Amir, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Luxima Metro Media.

Utami, N. E. B. (2019). Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (Sd N Bangunrejo 2 Yogyakarta). Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 271–290. Https://Doi.Org/10.14421/Al- Bidayah.V10i2.164

Widiyastuti, N., Juhana Senjaya, A., & Damayanti Lestari, W. (2019). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Segitiga Berdasarkan Jenis Apersepsi Alfa Zone Dan Mathematical Habits Of Mind Level Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 41–48.

Https://Doi.Org/10.31943/Mathlin e.V4i1.106