INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS INKLUSIF SD ISLAM PLUS DAARUL JANNAH
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan guru kelas, mengetahui jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan GPK, dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat pada diri siswa slow learner. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Latar penelitian yaitu Sekolah Dasar Islam Plus Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor.
Penelitian ini menghasilkan temuan jenis-jenis interaksi sosial pada siswa slow learner di kelas inklusif diantaranya: Jenis interaksi sosial siswa slow learner dengan guru kelas dan GPK yaitu 1)Apersepsi pada awal pembelajaran bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum guru memberikan materi pelajaran pada kegiatan inti, 2)Interaksi penyajian materi pelajaran matematika guru kelas sering melakukan secara berulang untuk menjelaskan materi, media yang digunakan yaitu media konkrit dan audio visual, metode yang digunakan guru kelas yaitu tugas kelompok dan diskusi, 3)Interaksi penyelesaian tugas yaitu mengingatkan tugas, memberikan tugas tambahan diluar jam pull out. Faktor pendorong siswa slow learner yaitu motivasi dan dukungan keluarga. Faktor penghambat yaitu intelegensi rendah, tidak percaya diri, tidak dapat manajemen waktu.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani Puspita, O. (2013). Model Dan
Metode Pembelajaran Di Sekolah. 154.
Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada
Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2),
https://doi.org/10.15294/kreano. v6i2.4168
Faujiah, R., & Rusli, R. (2013). Jurnal Sosial Humaniora ISSN 2087- 4928 Volume 4 Nomor 2,
Oktober 2013. 7. Fitrianah, N. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi Melalui Model Pull Out di MI
Nurul Huda Kalanganyar Sedati. http://eprints.umsida.ac.id/4044/ 1/Nur%20Fitrianah.pdf Giawa, S. Y. (2017). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 277.
Hadi, F. R., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learners Di Kelas Inklusi. 7.
Irawan, H. (2019). Interaksi Sosial. In Interaksi Sosial. Pt. Aksara Sinergi Media.
Jamaris, M., & Hartati, S. (2017). The Role Of The Undergraduate Students’ Self-Regulation S And Its Influence To Their Academic Achievements. 9.
Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif & Upaya Implementasinya (1st Ed.). Luxima.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87.
Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V4i2 .1881
Mumpuniarti, O., Rudiyati, S., & Cahyaningrum, E. S. (2011). Kebutuhan Belajar Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Di Kelas Awal Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta. 15.
Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. 1, 11.
Mutmainah, M. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar- Rahman, 3.
Ningsih Yati, R. (2019). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learner Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kela V Sdn 158 Seluma. Google Scholar. Http://Repository.Iainbengkulu.A c.Id/3628/1/Resmi%20yati%20ni ngsih.Pdf
Nurmalasari, D. (2019). Interaksi Pembelajaran Siswa Slow Learner Kelas Iib Sd Panggang Bantul. 10.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. 1(83), 11. Purwaningrum, J. P. (2018). International Conference On Mathematics, Science And Education 2017 (Icmse2017). Journal Of Physics: Conference Series, 983, 011001. Https://Doi.Org/10.1088/1742- 6596/983/1/011001
Ranita, R., Nuary, N., & Guruh, M. (2017). Pendekatan Individual Terhadap Slow Learner; Perspektif Bimbingan Dan Konseling Islam. Garuda.Ristekdikti.Go.Id.
Rasmitadila, R., Boeriswati, E., & Zulela, Z. (2017). Peers’ Instructions In Inclusive Classroom: Slow Learner
Students And Typical Students. International Journal Of Multidisciplinary And Current Research, Vol.5 (July/Aug 2017
Issue.
Rasmitadila, R., Samsudin, A., & Prasetyo, T. (2019). Teacher- Students’ Instructional Interactions Analysis (Tsiia): A Case Study In Inclusive English Classrooms In Indonesia. The International Journal Of Interdisciplinary Educational
Studies, 14(1), 1–22. Https://Doi.Org/10.18848/2327- 011x/Cgp/V14i01/1-22
Saifudin, M. F. (2018). Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 6.
Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Slow Learner. Vol 1 No 2, 5.
Sudaryanto, S. (2019). Interaksi Sosial. Alprin.
Sugiarti, R. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa Slow Learner Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Negeri Semarang. Https://Jurnalwacana.Psikologi.F k.Uns.Ac.Id/Index.Php/Wacana/ Article/View/71, Vol 5, No 1 (2013).
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i 1.144
Triani, T., Nani, N., & Amir, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Luxima Metro Media.
Utami, N. E. B. (2019). Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (Sd N Bangunrejo 2 Yogyakarta). Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 271–290. Https://Doi.Org/10.14421/Al- Bidayah.V10i2.164
Widiyastuti, N., Juhana Senjaya, A., & Damayanti Lestari, W. (2019). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Segitiga Berdasarkan Jenis Apersepsi Alfa Zone Dan Mathematical Habits Of Mind Level Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 41–48.
Https://Doi.Org/10.31943/Mathlin e.V4i1.106