MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA MELALUI KEGIATAN SENI RUPA DI KELAS III SD ISLAM IBNU HAJAR

Main Article Content

Fatmawati Fatmawati
Rasmitadila
Fikni Mutia Rachma

Abstract

Disleksia sebagai gangguan belajar yang spesifik mempengaruhi perkembangan kemampuan aksara dan bahasa. Siswa dengan kebutuhan disleksia mampu untuk berkreasi di bidang seni rupa. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian terkait motivasi belajar dengan tujuan untuk menganalisis motivasi belajar, mendeskripsikan semangat belajar dan faktor pendorong semangat belajar siswa disleksia dalam belajar seni rupa. Studi ini melibatkan guru kelas, guru pendamping khusus, dan siswa ABK disleksia di Sekolah Islam Ibnu Hajar Bogor Katulampa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk memberi motivasi belajar kepada siswa hendaknya dimulai dari guru memberikan penjelasan mengenai tujuan yang akan dicapai. Motivasi belajar tidak hanya diberikan kepada siswa reguler saja, namun siswa dengan kebutuhan khusus juga mendapatkan kesempatan yang sama dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu faktor pendorong semangat belajar dapat diperoleh dari internal maupun eksternal siswa.

Article Details

How to Cite
Fatmawati, F., Rasmitadila, & Fikni Mutia Rachma. (2022). MOTIVASI BELAJAR SISWA DISLEKSIA MELALUI KEGIATAN SENI RUPA DI KELAS III SD ISLAM IBNU HAJAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6539
Section
Articles

References

Abidin, Jefri Marzal, Rohati Rohati. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Disleksia Pada Materi Eksponensial Di Kota Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 02

Afifuddin dan M. Sobry Sutikno. 2008. Pengelolaan Pendidikan (Teori dan Praktek). Prospect. Bandung.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aidha Sabri , Zulmiyetri , Damri. 2018. Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Kata Berpola KV-KVK Bagi Anak Disleksia”. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol. 2 No. 2.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic And Statistical Manual of Mental Disorder Edition “DSM-5”. Washington DC: American Psychiatric Publishing. Washington DC.

Anggun. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pengenalan Sains Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. (Online).http://digilib.unila.ac.id/23796/3/Skripsi%20tanpa%20bab%20pe mbahasan.pdf.

Anthony Gidden 1984 C

constitution of Society: The Outline of the Theory of Structuration. Cambridge: Polity Press 1984

Arikunto, Suharsimi. 1989. Manajemen Penelitian. PT. Rineka Cipta: Jakarta Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 25-38.

Derek Wood, dkk. (2012). Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta: Katahati.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Rajawali Pers

Fatchan. A, 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Jenggala Pustaka. Malang

Hallahan, Daniel P. dan James M. Kauffman. 1988. Exceptional Children: Introduction to Special Education, 4th ed. New Jersey: Prentice-Hall.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Irlen, Helen. 2005. Reading by the Colors. Penerbit : Perigee Trade: New York.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jawa Pos. (2016, Oktober 30). Anak Disleksia, Jangan Sampai Dicap Bodoh. Diambil kembali dari Pressreader: https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20161030/282235190209528

Jazuli M. 2001. Paradigma Seni Pertunjukan. Yogyakarta. Yayasan Lentera Budaya

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kirk, S., Gallagher, J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. 2012. Educating Exceptional Children. Wadsworth: Cengage Learning

Kusuma, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Marhaeni GA. 2015. The Journal of Health.Poltekkes Denpasar. Bali

Moleong LJ. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014, November 8). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuta

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saparahayuningsih Sri. 2016. Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 1 (1), 7-14

Sardiman A. M.. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Selden, Raman. 1991. Panduan Pembaca Teori Sastra Masa Kini. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Spanier. & Thompson, C. (1984). The interpersonal theory psychology. New York: John Wiley & Sons.

Subini, Nini. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Wakschlag, Lauren S., Choi, Seung W., Carter, Alice S. (2012). Defining the developmental parameters of temper loss in early childhood: implication for developmental psychopathology. The Journal of Child Psychology and Psychiatry (Vol. 53, No.11, November 2012).

Widyorini Endang, Julia Maria van Tiel. 2017. Disleksia: Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Penerbit Kencana, Jakarta

Yohanika, Dita. 2012. Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus di Sekolah Penyelenggara Inklusi. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.