PROGRAM BENGKEL QUR’AN DALAM MENGANTISIPASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS FATHAN MUBINA

Main Article Content

Siti Rodiah
Hasan Bisri
Muhammad Rendi Ramdhani

Abstract





Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada masa pandemi Covid-19, yaitu kurang efektifnya pembelajaran jarak jauh terutama pada kegiatan intrakurikuler Al-Qur’an. Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama maka akan berdampak pada learning loss. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan pelaksanaan Program Bengkel Qur’an dalam mengantisipasi learning loss pada masa pandemi Covid-19 di MTs Fathan Mubina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan prosedur analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Bengkel Qur’an dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu, Baca Tulis Qur’an (BTQ), Tadarus Al-Qur’an, dan Tahfidz Al-Qur’an. Bagi peserta didik yang belum mahir membaca atau menulis huruf Arab diwajibkan mengikuti kegiatan BTQ. Bagi peserta didik yang sudah mahir Baca Tulis Qur’an diwajibkan mengikuti kegiatan Tadarus Al-Qur’an serta bagi peserta didik yang sudah mahir Baca Tulis Qur’an dan ingin melanjutkan pada hafalan diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan Tahfidz Al-Qur’an. Namun, bagi seluruh peserta didik kelas IX wajib mengikuti kegiatan Tahfidz karena persyaratan pengambilan ijazah di MTs Fathan Mubina harus memiliki hafalan Al-Qur’an, yakni juz ke-30. Upaya dalam mengantisipasi learning loss tergambar dari pelaksanaan setiap kegiatan Program Bengkel Qur’an yang dilakukan dengan menerapkan sistem pembelajaran tatap muka terbatas serta dilihat melalui hasil capaian peserta didik atau aspek kognitif dan aspek afektif peserta didik.





Article Details

How to Cite
Rodiah, S., Hasan Bisri, & Muhammad Rendi Ramdhani. (2023). PROGRAM BENGKEL QUR’AN DALAM MENGANTISIPASI LEARNING LOSS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS FATHAN MUBINA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/9422
Section
Articles

References

Andriani, P. C. (2021). Revitalisasi Pendidikan Anak: Berjuang Melawan ‘Learning Loss.’ https://rumahfaye.or.id/id/2021/09/30/melawan-learning-loss/

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Asih, N. S. (2021). Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Mengatasi Kecemasan Belajar (Studi Pada Remaja Awal di RT 06/RW 09 Komplek Pendidikan Rangkasbitung Lebak). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Bisri, H., & Abdillah, M. B. (2018). Pengelolaan model pembinaan Tahfidz Al-Qur’an. Tadbir Muwahhid, 2(1), 61.

Bogor, B. (2021). Keputusan Bupati Bogor Nomor : 443/441/kpts/Per-UU/2021. Pemerintah Kabupaten Bogor.

Buhaiti, A., & Sari, C. (2021). Modul Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Bismillah (Baca-Tulis-Tela’ah) PAUDQu Kementerian Agama Kota Depok. Penerbit A-Empat.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., L.N., F. A., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika X, 10.

Detik News. (2021). Nadiem: Pembelajaran Jarak Jauh Ciptakan Learning Loss Terbesar dalam Sejarah RI. https://www.dw.com/id/nadiem-sebut-pjj-ciptakan-learning-loss-terbesar-dalam-sejarah-ri/a-59623506#:~:text=Pendidikan-,Nadiem%3A Pembelajaran Jarak Jauh Ciptakan Learning Loss Terbesar dalam Sejarah,pengetahuan anak (learning loss).

Fatoni, S. (2021). Proposal Program Bengkel Qur’an.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2020). Survei Belajar dari Rumah.

Makhsun, M. (2021). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Mulok Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Yabakii Kesugihan 01 Kec. Kesugihan Kab. Cilacap. IAIN Purwokerto.

Riadi, R. F. (2021). Learning Loss di Indonesia; Serta Alternatif Solusi Pemecahannya. CV Semesta Irfani Mandiri.

Rivanto, D. (2017). Program Ekstrakurikuler Bengkel Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Blitar. IAIN Tulungagung.

Suryana, Y., Dian, & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Program Tahfidz Al-Qura’an. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3, 220–230.

Syifaul Fuada. (2022). Dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Masa Pandemi. Media Edukasi Indonesia.