STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH RELIGIUS DI SD ISLAM AL MUSTARIH

Main Article Content

Syahrul Sentosa
Hasan Bisri
Irman Suherman

Abstract

Abad ke-21 memberikan suatu tantangan yang sangat signifikan di berbagai dimensi kehidupan bangsa.
Semakin hari, moral generasi Bangsa mengalami kemerosotan, maka dari itu perlu adanya suatu pengembangan budaya religius di dalam dunia pendidikan khususnya di Sekolah Dasar bahwa kepala sekolah harus dengan tanggap menjalankan strategi dalam mengembangkan budaya religius. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara (kepala sekolah, guru
PAI dan Koordinator BTQ), observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini dengan
menggunakan analisis miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi kepala sekolah dalam
mengembangkan budaya religius di SD Islam Al Mustarih berjalan dengan baik bahkan pada saat pandemi covid-19 pun masih bisa dijalankan meskipun tidak 100 % dilakukan secara offline. Budaya religius erat kaitannya dengan pendidikan karakter. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam mengembangkan budaya religius diantaranya seperti shalat Dhuha Berjamaah, TAADAFI (tauhid, akhlaq, aqidah, tajwid, doa harian dan fiqih), PHBI, kultum, Tarhib Ramadahan, pengajian rutin guru, santunan kaum Dhuafa, Tahfidz Quran, Festival, galang dana palestina, dll. Selain itu dalam kegiatan PBM (Proses Belajar Mengajar) juga selalu dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat religius agar terdapat sinkronisasi antara ilmu pengetahuan dengan agama.

Article Details

How to Cite
Sentosa, S., Hasan Bisri, & Irman Suherman. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH RELIGIUS DI SD ISLAM AL MUSTARIH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/10144
Section
Articles

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan

Karakter Melalui Pendidikan

Agama Islam. Jurnal Al-Ulum,

(1), 25–38.

Asnawi, Wiyono, B. B., & Sunandar, A.

p-ISSN 2579-4876 | e-ISSN 2579-3470

DOI: 10.30997/jtm.vxix.xxxx

Tadbir Muwahhid, Vx Nx Bulan 20xx:xx-xx

(2020). Strategi Kepala Sekolah

Dalam Menciptakan Budaya

Religius Di Sekolah. 3(3),

–140.

Hadi, S. (2011). Pembelajaran Sosial

Emosional Sebagai Dasar

Pendidikan Karakter Anak Usia

Dini. Jurnal Teknodik, Xv(2),

–240.

Mulyadi, E. (2018). Strategi

Pengembangan Budaya Religius

Di Madrasah. Jurnal Kependidikan,

(1), 1–14.

Munif, M. (2016). Pengembangan

Pendidikan Agama Islam Sebagai

Budaya Sekolah. Jurnal

Pedagogik, 3(2), 46–57.

Muspiroh, N. (2018). Peran Kepala

Sekolah Dalam Menciptakan

Budaya Religius Siswa Studi

Kasus Di Sekolah Dasar Negeri

Grenjeng Kota Cirebon. Jiem

(Journal Of Islamic Education

Management), 2(2), 44.

Nurhidin, E. (2017). Inovasi

Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam (Pai) Melalui Pemanfaatan

Media Pembelajaran Kontekstual

Dan Pengembangan Budaya

Religius Di Sekolah. Kuttab, 1(1),

–14.

Putra, K. S. (2015). Implmentasi

Pendidikan Agama Islam Melalui

Budaya Religius (Religious

Culture) Di Sekolah. Jurnal

Kependidikan, 3(2), 14–32.

Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan

Kepala Sekolah Dalam

Mengembangkan Budaya Sekolah

Efektif Di Sekolah Dasar. Jurnal

Dinamika Manajemen Pendidikan,

(2), 114.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003,

Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017).

Penanaman Nilai-Nilai Religius Di

Sekolah Dasar Untuk Penguatan

Jiwa Profetik Siswa. Prosiding

Konferensi Nasional

Kewarganegaraan Iii, November,

–63.

Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya.

Departemen Agama RI, Bandung:

Diponegoro.