MENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSANTAMA KOTA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Analisis ini bertujuan agar mengetahui kompetesni manajemen kepala sekolah dalam usaha menaikkan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama. Metode analisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Miles Huberman melalui komponen analisis berupa reduksi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Hasil analisis kompetensi manajemen kepala sekolah dalam upaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Bogor. Menyatakan bahwa implementasi kompetensi manajemen kepala sekolah dalam uapaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar dengan cara menempatkan keahlian seseorang (SDM) yang berkompeten dalam bisertagnya, pengembangan keahlian seseorang (SDM) melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kepustakaan, serta beberapa kebijakan yang diberlakukan agar guru melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagai salah satu upaya kepala sekoalah agar menaikkan kualitas kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar. Pengelolaan administratif yang meliputi perencanaan anggaran, pengadaan kumpulan buku, kategorisas buku, input buku, pelayanan serta mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai salah satu upaya dalam meningkatakn kualitas sebagai sumber belajar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Bafadal, (2016). Pengelolaan Perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah (menuju perpustakaan modern&profesional). Yogyakarta: AR-Ruzz Media .
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Analisis. Depok: Pt Raja Grafindo Perseda .
Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kecana.
Latifah, R. &. (2017). Manajemen Kewirausahaan Pesantren dalam menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. Tadbir Muwahhid, 45-46.
Latifah, Z., & Rahmayanti, V. (2017). Manajemen kewirausahaan pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepeneur. Tadbir Muwahhid 2017, 42-56.
Muh. Fitrah & luthfiyah. (2017). Metodologi Analisis (analisis kualitatif, tindakan kelas & studi kasus). Sukabumi : CV Jejak .
Prastowo, A. (2018). sumber belajar & sumber belajar. Depok: Prenamemenia Group.
Setiawan, A. a. (2018). metodologi analisis kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiyono. (2015). Metode Analisis Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujanto, B. (2018). Pengelolaan Sekolah . Jakarta: PT Bumi Aksara .
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Analisis. Yogyakarta: Pt Pustaka Baru.
Sriwahyuni, E. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Menaikkan kualitas Minat Baca Siswa Melalui Perpustakaan Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, serta Supervisi Pendidikan, 175-1176
Suprapto. (2015). Eksistensi serta Tantangan Perpustakaan Sekolah. Media Online Suara Guru , 1.
Wahyudi. (2012). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.