MENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSANTAMA KOTA BOGOR

Main Article Content

erni erliani
Agus Priyanto
Hasan Bisri
Abdul Kholik

Abstract





 Analisis ini bertujuan agar mengetahui kompetesni manajemen kepala sekolah dalam usaha menaikkan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama. Metode analisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Miles Huberman melalui komponen analisis berupa reduksi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Hasil analisis kompetensi manajemen kepala sekolah dalam upaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Bogor. Menyatakan bahwa implementasi kompetensi manajemen kepala sekolah dalam uapaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar dengan cara menempatkan keahlian seseorang (SDM) yang berkompeten dalam bisertagnya, pengembangan keahlian seseorang  (SDM) melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kepustakaan, serta beberapa kebijakan yang diberlakukan agar guru melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagai salah satu upaya kepala sekoalah agar menaikkan kualitas kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar. Pengelolaan administratif yang meliputi perencanaan anggaran, pengadaan kumpulan buku, kategorisas buku, input buku, pelayanan serta mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai salah satu upaya  dalam meningkatakn kualitas sebagai sumber belajar.





Article Details

How to Cite
erliani, erni, Agus Priyanto, Hasan Bisri, & Abdul Kholik. (2023). MENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KOMPETENSI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) INSANTAMA KOTA BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 111–123. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8200
Section
Articles

References

Bafadal, (2016). Pengelolaan Perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah (menuju perpustakaan modern&profesional). Yogyakarta: AR-Ruzz Media .

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Analisis. Depok: Pt Raja Grafindo Perseda .

Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kecana.

Latifah, R. &. (2017). Manajemen Kewirausahaan Pesantren dalam menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. Tadbir Muwahhid, 45-46.

Latifah, Z., & Rahmayanti, V. (2017). Manajemen kewirausahaan pesantren dalam menumbuhkan jiwa entrepeneur. Tadbir Muwahhid 2017, 42-56.

Muh. Fitrah & luthfiyah. (2017). Metodologi Analisis (analisis kualitatif, tindakan kelas & studi kasus). Sukabumi : CV Jejak .

Prastowo, A. (2018). sumber belajar & sumber belajar. Depok: Prenamemenia Group.

Setiawan, A. a. (2018). metodologi analisis kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Sugiyono. (2015). Metode Analisis Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, B. (2018). Pengelolaan Sekolah . Jakarta: PT Bumi Aksara .

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Analisis. Yogyakarta: Pt Pustaka Baru.

Sriwahyuni, E. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Menaikkan kualitas Minat Baca Siswa Melalui Perpustakaan Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, serta Supervisi Pendidikan, 175-1176

Suprapto. (2015). Eksistensi serta Tantangan Perpustakaan Sekolah. Media Online Suara Guru , 1.

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>