ANALISIS TINGKAT KEPUASAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP PERAN LAYANAN KEMAHASISWAAN OLEH BIRO KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS DJUANDA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran layanan kemahasiswaan dan menganalisis kepuasan Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa terhadap layanan yang diberikan biro kemahasiswaan Universitas Djuanda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan pengisian angket. Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil analisis angket menunjukkan bahwa kepuasan responden menunjukan nilai 68,7% yang dimana jumlah tersebut menggambarkan bahwa tingkat kepuasan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa yang ada di universitas Djuanda berada dalam kategori "puas" dengan interval 51% - 75%. Dan (2) Melalui observasi dan wawancara, maka ditemukan bahwa peran layanan kemahasiswaan yang dilakukan oleh biro kemahasiswaan terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa yang ada di Universitas Djuanda, memiliki peran yang cukup penting karena segala sesuatu dan kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa akan selalu diawasi oleh Biro Kemahasiswaan agar semuanya dapat terorganisir dengan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan kepada biro kemahasiswaan Universitas Djuanda agar tetap selalu meningkatkan pelayanan terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa di Universitas Djuanda agar semua kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa dapat terorganisir dengan baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Abbas, W. (2013). Analisa kepuasan mahasiswa terhadap website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).
Ciobanu, A. (2013). The role of student services in the improving of student experience in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 92, 169-173.
Eka Nuraini., (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Bidang Layanan Kemahasiswaan,
Fatimah, F., Darna, D., & Ansori, A. (2019). Evaluasi Tingkat Kualitas Pelayanan Bidang Kemahasiswaan Menggunakan Servequal Di Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 16(2), 211-220.
Iranda, M., & Abdullah, A. (2015). Analisis Kepuasan Unit Kegiatan Mahasiswa Mengenai Layanan Direktorat Kemahasiswaan Universitas Telkom. eProceedings of Management, 2(3).
Kezar, A., Acuña Avilez, A., Drivalas, Y., & Wheaton, M. M. (2017). Building social change oriented leadership capacity among student organizations: Developing students and campuses simultaneously. New directions for student leadership, 2017(155), 45-57.
Kurniah, R., Putra, D. Y. S., & Diana, E. (2022). Penerapan Data Mining Decission Tree Algoritma C4. 5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dan Kemahasiswaan (Studi Kasus Universitas. Prof. Dr. Hazairin, SH). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 5(2), 316-326.
Literte, P. E. (2010). Revising race: How biracial students are changing and challenging student services. Journal of College Student Development, 51(2), 115-134.
Masrizal, M. (2012). Mixed method research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 53-56.
Nuraini, E. (2022). KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN BIDANG KEMAHASISWAAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 653-659.
Ramdhani, M. R., & Kholik, A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Layanan Akademik Pada masa Covid-19 di Perguruan Tinggi Swasta Bogor. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 1-15.
SETIAWAN, R. (2019). KOMUNIKASI PERSUASIF UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS ROHANI BELIA BINA ISLAM (UKMF RABBANI) DALAM PEMBINAAN KODE ETIK MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Tanjung, A. S., Purba, A. M., & Muhammad, M. (2022). Pemahaman terhadap Teori-Teori Organisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5816-5823.