ANALISIS TINGKAT KEPUASAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP PERAN LAYANAN KEMAHASISWAAN OLEH BIRO KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS DJUANDA

Main Article Content

Nabilah Sri Rejeki
Adryan Novanda
Annas Al Mudzakir
Musyaffa Itmar Tanzih
Ainun Nur Fadhilah
Abdul Kholik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran layanan kemahasiswaan dan menganalisis kepuasan Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa terhadap layanan yang diberikan biro kemahasiswaan Universitas Djuanda.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan pengisian angket. Hasil penelitian diuraikan sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil analisis angket menunjukkan bahwa kepuasan responden menunjukan nilai 68,7% yang dimana jumlah tersebut menggambarkan bahwa tingkat kepuasan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa yang ada di universitas Djuanda berada dalam kategori "puas" dengan interval 51% - 75%. Dan (2) Melalui observasi dan wawancara, maka ditemukan bahwa peran layanan kemahasiswaan yang dilakukan oleh biro kemahasiswaan terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa yang ada di Universitas Djuanda, memiliki peran yang cukup penting karena segala sesuatu dan kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa akan selalu diawasi oleh Biro Kemahasiswaan agar semuanya dapat terorganisir dengan baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan kepada biro kemahasiswaan Universitas Djuanda agar tetap selalu meningkatkan pelayanan terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa di Universitas Djuanda agar semua kegiatan yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa dan  Organisasi Mahasiswa dapat terorganisir dengan baik.

Article Details

How to Cite
Sri Rejeki, N., Adryan Novanda, Annas Al Mudzakir, Musyaffa Itmar Tanzih, Ainun Nur Fadhilah, & Abdul Kholik. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA DAN ORGANISASI MAHASISWA TERHADAP PERAN LAYANAN KEMAHASISWAAN OLEH BIRO KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS DJUANDA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8178
Section
Articles

References

Abbas, W. (2013). Analisa kepuasan mahasiswa terhadap website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).

Ciobanu, A. (2013). The role of student services in the improving of student experience in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 92, 169-173.

Eka Nuraini., (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Bidang Layanan Kemahasiswaan,

Fatimah, F., Darna, D., & Ansori, A. (2019). Evaluasi Tingkat Kualitas Pelayanan Bidang Kemahasiswaan Menggunakan Servequal Di Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 16(2), 211-220.

Iranda, M., & Abdullah, A. (2015). Analisis Kepuasan Unit Kegiatan Mahasiswa Mengenai Layanan Direktorat Kemahasiswaan Universitas Telkom. eProceedings of Management, 2(3).

Kezar, A., Acuña Avilez, A., Drivalas, Y., & Wheaton, M. M. (2017). Building social change oriented leadership capacity among student organizations: Developing students and campuses simultaneously. New directions for student leadership, 2017(155), 45-57.

Kurniah, R., Putra, D. Y. S., & Diana, E. (2022). Penerapan Data Mining Decission Tree Algoritma C4. 5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dan Kemahasiswaan (Studi Kasus Universitas. Prof. Dr. Hazairin, SH). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 5(2), 316-326.

Literte, P. E. (2010). Revising race: How biracial students are changing and challenging student services. Journal of College Student Development, 51(2), 115-134.

Masrizal, M. (2012). Mixed method research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(2), 53-56.

Nuraini, E. (2022). KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN BIDANG KEMAHASISWAAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 653-659.

Ramdhani, M. R., & Kholik, A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Layanan Akademik Pada masa Covid-19 di Perguruan Tinggi Swasta Bogor. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 1-15.

SETIAWAN, R. (2019). KOMUNIKASI PERSUASIF UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS ROHANI BELIA BINA ISLAM (UKMF RABBANI) DALAM PEMBINAAN KODE ETIK MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tanjung, A. S., Purba, A. M., & Muhammad, M. (2022). Pemahaman terhadap Teori-Teori Organisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5816-5823.

Most read articles by the same author(s)