MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM MBKM KAMPUS MENGAJAR DI UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui MONEV dari program MBKM kampus mengajar di Universitas Djuanda Bogor. Dalam proses pengumpulan data atau analisis, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk wawancara dan menggunakan sumber data sekunder, yaitu metode studi literatur yang menjadi bahan penulisan yakni: buku, jurnal, ataupun materi kuliah yang terkait dengan pembahasan. Hasil analisis diketahui bahwa salah satu kegiatan program MBKM yaitu Kampus mengajar, yang diluncurkan oleh Kemendikbud di tahun 2020, sudah sampai di angkatan ke 4, yang mana disetiap angkatan, peserta Kampus Mengajar mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hanya saja pada angkatan ke 3 program Kampus Mengajar ini mengalami penurunan, tetapi kembali melejit di angkatan ke 4. Program ini terus dikembangkan melalui proses MONEV di setiap bulannya agar tujuan dari program Kampus Mengajar ini tercapai
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arti Y, La Ode Amril, Dede K, Ristika H, & Resti Yektyastuti (2021).Vol.13 No.1. Strategi Pengembangan Program Pembelajaran Mbkm Dalam Rangka Peningkatan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Universitas Djuanda Bogor.
Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. (2021). “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4):2021.
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan I program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Berdasarkan Persepsi Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.
Mayasari, I., Rahmania, T., Cempaka, G., Subagjo, A., & Driarkoro, R. (2022). Monitoring Dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Tingkat Fakultas: Studi Pada Universitas Paramadina. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1).
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Era Digital Dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum Yang Berkarakter Dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434.
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S. dkk. 2020. Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3)
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228. Bab buku atau proseding
Ayu, L.P. (2020). Pelaksanaan Monitoring Dan Evaluasi Terhadap Kinerja Guru. Universitas Islam Makasar. Makassar.
Cronbach., 1998, Dari Jurnal Moerdiyanto., 2009, Teknik Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Dalam Rangka Memperoleh Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Yogyakarta.
Hamdan, Dkk. (2020). Pedoman Monitoring Dan Evaluasi Uin Alauddin Makassar. Makassar.
Istichomaharani, I. ., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change, Social Control Dan Iron Stock. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ke-2.
Mulyana, Dkk. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Bidang Studi Akuakultur.
Nico, O., Ulil, A. (2018). Laporan hasil monitoring dan evaluasi pendidikan dan pengajaran gugus pengendali mutu prodi fakultas adab dan humaniora semester ganjil. Palembang.
Yudi Darma, (2017). Sistem Informasi Monev Penelitian (Simonep) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung.