IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH JAM’IYYATUL AULAD
Main Article Content
Abstract
Manajemen kesiswaan adalah manajemen pendidikan dan bersentuhan langsung dengan siswa, memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan potensi siswa, begitu sangat penting dalam menjalakan kegiatan pendidikan di sekolah khususnya sebagai upaya peningkatan prestasi siswa yakni sebagai pelatihan utama siswa dalam menjalankan dan mempersiapkan kehidupannya di masa depan, pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa ini dirasa perlu diteliti sebagai peningkatan dan pengembangan pengetahuan penulis dan bagi lembaga tempat dilaksanakan penelitian yaitu di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Palabuhanratu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus, Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan, Guru dan siswa. Dokumen diperoleh dari catatan administrasi yang berada di kantor kesiswaan dan tata usaha. Dan observasi dilakukan untuk memperoleh data yang valid. Peneliti menemukan bahwa implementasi manajemen kesiswaan dari Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi telah dilakukan sesuai dengan prinsip dan fungsi manajemen pada umumnya yang mengacu kepada POAC perencanaan (planing), pengorganisaslian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (Controling). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi sangat relevan dan berpengaruh baik dilaksanakan untuk siswa di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad. Terlihat dari indikator dari prestasi belajar siswa dalam peningkatan prestasi siswa yang telah ditentukan oleh sekolah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.
Badrudin, (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Permata Puri Indah
Depdiknas, (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Djunaid, H, (2014). Konsep Pendidikan Dalam Al Qur'an. Makassar: Jurnal Lentera Pendidikan, 17 (01). 139-150. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/521
Farida, S, N. (2016). Hadis-Hadis Tentang Pendidikan, Jurnal Ilmu Hadis, 01 (01), 35-42. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Diroyah/article/viewFile/2053/1437
Firmanto, A. R. (2013). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Disiplin Belajar Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Bandung: UPI.
Gunawan, I., & Noorbenty, D. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hasbullah, (2006). Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, M, S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hermaya, (2002). Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Imron, A, (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Akasara.
Moleong, J, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mukhtar, (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.
Press, Semarang, IKIP, (2003). Bimbingan Konseling Sekolah. Semarang: Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang.
Prihatin, E, (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Ramayulis & Mulyadi, (2017). Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam Jakarta: Kalam Mulia.
Sardiman A. M, (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, D. K, (2007). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Suwardi., & Daryanto, (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Siswa, Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Vokasi, 02 (02). 234-249. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1034/835.
Thahir, A., & Hidriyanti B, (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar, Lampung: Konseli Jurnal Bimbingan dan Konseling E-Journal, 01 (02), 55-66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/download/306/1202
Syaodih, N, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel., & Hastuti, S, (2006). Bimbingan dan Konseling, Bandung: Citra Praya.
Yasa, S, G. (2009). Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.