IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH JAM’IYYATUL AULAD

Main Article Content

Gilang Ramdani Fauzi
Novi Maryani
Abdul Kholik
Suwilah
Ridwan Haris
Agus Priyanto

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah manajemen pendidikan dan bersentuhan langsung dengan siswa, memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan potensi siswa, begitu sangat penting dalam menjalakan kegiatan pendidikan di sekolah khususnya sebagai upaya peningkatan prestasi siswa yakni sebagai pelatihan utama siswa dalam menjalankan dan mempersiapkan kehidupannya di masa depan, pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa ini dirasa perlu diteliti sebagai peningkatan dan pengembangan pengetahuan penulis dan bagi lembaga tempat dilaksanakan penelitian yaitu di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Palabuhanratu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus, Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan, Guru dan siswa. Dokumen diperoleh dari catatan administrasi yang berada di kantor kesiswaan dan tata usaha. Dan observasi dilakukan untuk memperoleh data yang valid. Peneliti menemukan bahwa implementasi manajemen kesiswaan dari Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi telah dilakukan sesuai dengan prinsip dan fungsi manajemen pada umumnya yang mengacu kepada POAC perencanaan (planing), pengorganisaslian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (Controling). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi sangat relevan dan berpengaruh baik dilaksanakan untuk siswa di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad. Terlihat dari indikator dari prestasi belajar siswa dalam peningkatan prestasi siswa yang telah ditentukan oleh sekolah.

Article Details

How to Cite
Fauzi, G. R., Novi Maryani, Abdul Kholik, Suwilah, Ridwan Haris, & Agus Priyanto. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH JAM’IYYATUL AULAD . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 81–93. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8208
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.

Badrudin, (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Permata Puri Indah

Depdiknas, (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djunaid, H, (2014). Konsep Pendidikan Dalam Al Qur'an. Makassar: Jurnal Lentera Pendidikan, 17 (01). 139-150. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/521

Farida, S, N. (2016). Hadis-Hadis Tentang Pendidikan, Jurnal Ilmu Hadis, 01 (01), 35-42. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Diroyah/article/viewFile/2053/1437

Firmanto, A. R. (2013). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Disiplin Belajar Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Bandung: UPI.

Gunawan, I., & Noorbenty, D. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hasbullah, (2006). Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, M, S.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hermaya, (2002). Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imron, A, (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Akasara.

Moleong, J, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mukhtar, (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Press, Semarang, IKIP, (2003). Bimbingan Konseling Sekolah. Semarang: Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang.

Prihatin, E, (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Ramayulis & Mulyadi, (2017). Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Islam Jakarta: Kalam Mulia.

Sardiman A. M, (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K, (2007). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Suwardi., & Daryanto, (2017). Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Siswa, Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Vokasi, 02 (02). 234-249. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1034/835.

Thahir, A., & Hidriyanti B, (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar, Lampung: Konseli Jurnal Bimbingan dan Konseling E-Journal, 01 (02), 55-66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/download/306/1202

Syaodih, N, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel., & Hastuti, S, (2006). Bimbingan dan Konseling, Bandung: Citra Praya.

Yasa, S, G. (2009). Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>