DAMPAK KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV

Main Article Content

Siti Rahmawati
Agus Priyanto
Annissa Mawardini

Abstract

Arah penelitian ini untuk menguji seberapa besar kinerja guru, motivasi belajar siswa dan dampak kinerja guru
terhadap motivasi belajar siswa kelas IV semester genap.Teknik penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif
dengan desain penelitian korelasi fungsional. Data penelitian dikumpulkan memanfaatkan teknik angket kuesioner, dengan jumlah responden siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa kinerja
guru kelas IV dalam kategori sedang yakni sebesar 52,9%. Motivasi belajar siswa semester genap, sebanyak 19 siswa dalam kategori mempunyai motivasi belajar yang sedang serta 1 orang siswa memiliki motivasi belajar tinggi.
Diperoleh dampak signifikan antara kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa, diketahui nilai t hitung 6,395 ˃ 2,1009 t tabel dengan taraf kesalahannya yaitu 5% dengan hasil yang signifikan 0,000 > 0, 05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya dampak kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa yakni sebesar 69,4 %, dampak dari luar yang tidak diteliti dalam penelitian ini yakni sebesar 30.6%. Sehingga simpulan pada penelitian ini yakni terbisa dampak yang signifikan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, S., Agus Priyanto, & Annissa Mawardini. (2023). DAMPAK KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 172–181. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6784
Section
Articles

References

M nur Ghufron dan Rini. (2012). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Barnawi & Mohammad Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Agnia & WRR Hayu. (2017). METODE SOSIODRAMA BERDAMPAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4.

hamalik, o. (2014). proses belajar mengajar. bandung: pt bumi aksara.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada .

Supardi U.S, . (2016). Aplikasi Statistika dalam Penelitian (konsep statistika yang lebih komprehensif). Change

Publication.

Udin Syaefudin, S. (2017). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta,cv.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.

Shihab, M. Q. (2011). Tafsir Al- Mishbah. Jakarta: Penerbit Lentera Hati

Most read articles by the same author(s)