PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN BABAKAN MADANG 01

Main Article Content

Iik Pionika
Afridha Sesrita
Annissa Mawardini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SDN Babakan Madang 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SDN Babakan Madang 01. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas perpustakaan, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik dan prosedur pengambilan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menyatakan bahwa siswa belum maksimal dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah dikarenakan masih kurangnya kesadaran dan minat baca yang dimiliki oleh siswa untuk belajar mandiri di perpustakaan. Sebagian guru telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar seperti gedung yang belum memenuhi syarat, penyediaan peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, tata ruang perpustakaan yang belum sesuai, kurangnya tenaga pustakawan, pengunjung perpustakaan yang cenderung masih sepi. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SDN Babakan Madang 01 belum berjalan secara optimal.

Article Details

How to Cite
Pionika, I., Afridha Sesrita, & Annissa Mawardini. (2022). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN BABAKAN MADANG 01. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6535
Section
Articles

References

Bafadal Ibrahim. 2011. PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmono. 2008. MANAJEMEN DAN TATA KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jakarta: PT Grasindo.

Majid Abdul. 2011. PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Novriliam Rio & Yunaldi. PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 23 PAINAN UTARA, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, VOL.1 No.1, September 2012, hlm. 141.

Poerwadarminta, W.J.S. 2014. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Priansa, Donni Juni. 2017. PENGEMBANGAN STRATEGI & MODEL PEMBELAJARAN. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Siregar Eveline et. al., 2015. INOVASI PUSAT SUMBER BELAJAR. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.

Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Sumantri Bambang. PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA, Media Prestasi, VOL. 6 No. 3, Desember 2010, hlm. 123.

Sumardjo. 2006. PEDOMAN UMUM PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Taufik. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Inti Prima.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 pasal 1 tentang perpustakaan.

UU No 43 Tahun 2007 pasal 23 tentang perpustakaan sekolah.