PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PKN SDN CIKUDA 01
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (quasi experimental design). Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inside outside circle pada kelas eksperimen diperoleh data skor maksimum yaitu 100 dan skor minimum yaitu 60 dengan jumah rata-rata skor sebesar 83,21. Skor maksimum yang diperoleh pada kelas kontrol yaitu 90, sedangkan skor minimum yakni 25 dengan skor rata-rata 62,32. Terdapat kenaikan persentase rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 37,30%. Hasil kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa meningkat setelah diberikan perlakuan, yakni nilai rata-rata kelas kontrol siswa 62,32, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,21, dengan selisih 20,89.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Sistem Pendidikan Nasional. (2012). Bandung: Nuansa Aulia.
Arikunto, dan Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
Djama, S. (1984). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fuad, I. (2012). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. (2015). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kebudayaan, D. P. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran. Kata Pena.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Makrifat. (2012, 2 6). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA.
Mustmi, M. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV Arti Bumi Intaran.
Nurmilawati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model STAD dan Model Discovery pada Siswa Kelas VII SMPN 1 TINGGIMONCONG.
Pulukadang, W. (2018). Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.
Purwanto, N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers.
Afrida. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI CTL BERASOSIASI TEKNIK THINK-PAIR-SHARE. OJS.UNIDA.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sujana. (1992). Penelitian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Syansu, M., & dkk. (1983). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Proyek LPTK Ditjen Dikti Depdikbud.
Taniredja, E., Faridli, M., & Harmianto , S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: ALFABETA.
Usman, S. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Walgito, B. (1972). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah . Yogyakarta: FIP-IKIP.