PENGELOLAAN KEGIATAN IBADAH SANTRIWATI DI MADRASAH ALIYAH UMMUL QURO AL-ISLAMI

Main Article Content

Datti Nur Rani
Agus Priyanto
Syamsuddin Ali Nasution
Novi Maryani
Syukri Indra

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kegiatan ibadah santriwati di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi Salat berjamaah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (penelitian non statistic). Dengan subjek penelitian satu orang pembimbing ibadah, 3 orang pengurus ibadah dan 6 (enam) orang santri kelas XI (sebelas). Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman, dengan tahapan reduksi, penarikan dan penyajian kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan penelitian pengelolaan kegiatan ibadah santriwati di Madrasah Aliyah Ummul Quro Al-Islami, hasil penelitian menunjukkan pertama, perencanaan kegiatan ibadah dilakukan dengan cara mengadakan rapat yang dihadiri oleh sekretaris pesantren dan ketua majelis pembimbing organisasi dan menghasilkan beberapa keputusan yaitu, target pencapaian, rencana kegiatan dan klasifikasi pelanggaran. Pengorganisasian kegiatan ibadah dilakukan oleh pengurus ibadah yang merupakan pengurus organisasi dari kelas XI (sebelas) dan memiliki tugas khusus dan umum dalam menjalankan kepengurusannya. Pengarahan kegiatan ibadah dilakukan oleh pembimbing ibadah, dengan mengingatkan dan memberikan arahan kepada pengurus ibadah dalam mengerjakan tugas dan pembimbing akan memberikan sanksi kepada pengurus dan santri yang melanggar peraturan ibadah. Evaluasi eksternal dan internal adalah evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ibadah. Evaluasi internal di bagi menjadi dua yaitu, evaluasi pembimbing dan evaluasi pengurus. yang dilakukan untuk mengetahui kinerja kerja pembimbing dalam satu bulan dengan terisinya buku administrasi, evaluasi pengurus dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ditemukan di lapangan, sedangkan evaluasi eksternal ditunjukkan kepada wali santri untuk meninjau apakah program yang dilakukan sudah memenuhi harapan wali santri.

Article Details

How to Cite
Nur Rani, D., Agus Priyanto, Syamsuddin Ali Nasution, Novi Maryani, & Syukri Indra. (2022). PENGELOLAAN KEGIATAN IBADAH SANTRIWATI DI MADRASAH ALIYAH UMMUL QURO AL-ISLAMI. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(3). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6540
Section
Articles

References

Abdulmuid, Muhibbuddin, 2013. Manajemen Pendidikan, Batang: CV Pengging Mancakunegaran

Abdussalam, Suroso, 2011. Sistem Pendidikan Islam, Bekasi: Sukses Publishing

Abul Bashal, Ali, 2011. Rukhshah (keringanan-keringanan dalam shalat), Jakarta: Akbar Media

Ahmad Saebani, Beni M. Si, & Encep Taufiqurrahman, 2015. Pengantar Ilmu Fiqh, Bandung: CV Pustaka Setia

Ali, Jawwad, 2013. Sejarah Shalat, Tangerang: Penerbit Lentera Hati

Anas Karim Fadhullah al-Maqdisy, Abu, 2010. Sia-siakah shalat anda?, Solo : Ziyad Visi Media

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama RI, 2012. Al-Quran dan Terjemahnya, (Jakarta: Duta Surya

Djazuli, A, 2013. Kaidah-kaidah Fikih, Jakarta: Kencana

Emzir, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta; Rajawali Pers

Fatmawati, Afriana, 2017. Pembiasaan Shalat Berjamaah Meningkatkan KedisiplinanShalat Wajib Siswa di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Sumbergempol, Skripsi (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung), Tulungagung

Fauzi Rachman, Muhammad, 2010. Ibadah-ibadah saat Haid, Bandung: Penerbit Mizania

Fazil, Muhammad, 2017. Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjama’ah dalam Peningkata Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Lhoknga, Skripsi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry), Banda Aceh

Hamid, Abdul, & Beni Ahmad Saebani, 2010. Fiqh Ibadah, Bandung:

CV Pustaka Setia

Hidayah, Naimatul, 2015. Nilai Shalat Berjamaah dalam Membina Akhlak Siswa di SMP Empu Tantular Semarang, Skripsi (Universitas Islam Negeri Walisongo), Semarang

Kristiawan, Muhammad, Dian Safitri & Rena Lestari, 2017. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia

Manan bin H Muhammad Sobari, Abdul, 2011. Jangan Asal Shalat, Bandung:

Pustaka Hidayah

Moleong, Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya

Musfiqon, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Muslihah, Eneng, 2011. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Diadit Media

Rahman, Abdul, 2013. Energi Positif Shalat Berjamaah, Jakarta: Noura Books

Rifa’I, Moh, 2017. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap, Semarang: PT Karya Toha

Rusdiana, A, 2015. Pengelolaan pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia

Sudjana, Djuju, 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono,2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Syarifuddin, Amir, 2010. Garis-Garis Besar Fiqh, Jakarta: Kencana

Syukur NC, Fatah, 2011. Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang: Pustaka Rizki Putra

Tim Huta Publisher, 2017, UUD 1945 AMANDEMEN dengan kabinet kerja periode 2014-2019, Jakarta: Hutapaint

Ummul Quro Al-Islami, Pesantren Modern, 2016. Pesantren-Ku: Buku pedoman pengenalan pesantren, Bogor: Uqimedia

Website Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami disitus www.pp-ummulquro.com.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>