EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SUKABUMI

Main Article Content

Hamurdani
Ridwan Haris
Lisani Yanuarti Solihatussajida
Muhamad Hasan Basri
Novi Maryani

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa evaluasi yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Pada  evaluasi formatif yang dilaksanakan meliputi beberapa hal, di antaranya yaitu penugasan, tes tertulis, tes praktik, diskusi kelompok, observasi, portofolio, dan refleksi. Pada evaluasi sumatif dilakukan menggunakan tes atau ujian yang berdasarkan pada kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemajuan belajar siswa dan memberikan masukan bagi guru sebagai acuan untuk perbaikan pembelajaran di kemudian hari. Penilaian dalam evaluasi sumatif ini meliputi Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Madrasah (UM), dan lain-lain yang berhubungan dengan pengujian kepada siswa setelah selesainya proses pembelajaran pada waktu periode tertentu. Dengan evaluasi formatif dan sumatif yang telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi, dapat bermanfaat untuk perbaikan hasil belajara siswa kedepan.


 

Article Details

How to Cite
Hamurdani, Ridwan Haris, Lisani Yanuarti Solihatussajida, Muhamad Hasan Basri, & Novi Maryani, M.Pd.I. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SUKABUMI. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1), 11–19. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8180
Section
Articles

References

Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 211-231.

Wulan, E. R., & Rusdiana, H. A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Arikunto, S., & Jabar, S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Astiti, K. A. (2017). Evaluasi pembelajaran. Penerbit Andi.

Meleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. (2006). Prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19. ARZUSIN, 1(1), 137-150.

Thoha, C. (2006). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semiawan, C. R. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Nastiti, D. P., Santoso, S., & Sudiyanto, S. (2019). Studi Literatur Pengaruh Evaluasi Formatif Terhadap Evaluasi Sumatif. Seminar Nasional Pendidikan 2019.

Most read articles by the same author(s)