EVALUASI PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SUKABUMI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa evaluasi yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Pada evaluasi formatif yang dilaksanakan meliputi beberapa hal, di antaranya yaitu penugasan, tes tertulis, tes praktik, diskusi kelompok, observasi, portofolio, dan refleksi. Pada evaluasi sumatif dilakukan menggunakan tes atau ujian yang berdasarkan pada kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemajuan belajar siswa dan memberikan masukan bagi guru sebagai acuan untuk perbaikan pembelajaran di kemudian hari. Penilaian dalam evaluasi sumatif ini meliputi Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Madrasah (UM), dan lain-lain yang berhubungan dengan pengujian kepada siswa setelah selesainya proses pembelajaran pada waktu periode tertentu. Dengan evaluasi formatif dan sumatif yang telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sukabumi, dapat bermanfaat untuk perbaikan hasil belajara siswa kedepan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 211-231.
Wulan, E. R., & Rusdiana, H. A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Arikunto, S., & Jabar, S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi pembelajaran. Penerbit Andi.
Meleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, N. (2006). Prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Magdalena, I., Oktavia, D., & Nurjamilah, P. (2021). Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19. ARZUSIN, 1(1), 137-150.
Thoha, C. (2006). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Semiawan, C. R. (1992). Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Nastiti, D. P., Santoso, S., & Sudiyanto, S. (2019). Studi Literatur Pengaruh Evaluasi Formatif Terhadap Evaluasi Sumatif. Seminar Nasional Pendidikan 2019.