DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS IV)

Main Article Content

Debi Julianti
Mustolah Maufur
Zahra Khusnul Lathifah
Annissa Mawardini

Abstract





Siswa slow learner adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang memiliki masalah-masalah dalam belajar. Sehingga perlu adanya dukungan dari siswa reguler atau teman sebayanya untuk memberikan dukungan kepada siswa slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan teman sebaya terhadap minat belajar slow learner di SDN Tenjoayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus, latar penelitian diambil dengan kondisi yang sesungguhnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengobservasi subyek dan obyek penelitian, melakukan wawancara dan melakukan dokumentasi jika diperlukan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa reguler atau teman sebaya pernah memberikan dukungan kepada siswa slow learner, seperti dukungan emosional berupa pemberian semangat, perhatian dan lainnya. Dukungan instrumental berupa pemberian rangkulan, ajakan dan lainya. Dukungan informasi berupa menjelaskan materi yang sulit dipahami, memberi tahu ketika jawaban siswa slow learner salah dan lainnya. Siswa slow learner di kelas IVB memiliki masalah-masalah belajar seperti hasil belajar yang rendah, kurang bersemangat ketika belajar, cenderung pendiam dan pasif dalam belajar. Siswa slow learner lebih senang menggambar dibandingkan dengan membaca dan berhitung. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa slow learner seperti kondisi fisik yang cenderung terlihat lemas, kurangnya motivasi dan perhatian orang tua serta malas belajar. Oleh karena itu peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa di SDN Tenjoayu khususnya di kelas IVB teman sebaya dan guru kelas telah memberikan dukungannya dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa slow learner. Seperti dukungan emosional, dukungan instrumental dan dukungan informasi serta dapat memahami keterbatasan yang dimiliki oleh siswa slow learner.





Article Details

How to Cite
Julianti, D., Mustolah Maufur, Zahra Khusnul Lathifah, & Annissa Mawardini. (2023). DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI KELAS IV). AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(2), 48–70. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8199
Section
Articles

References

Agustina, N. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.

Amir, N. T. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow Learner. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Chaplin, J. (2005). Kamus Lengkap Psikologi (Diterjemahkan oleh Kantini Kartono). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Pranamedia Group.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hanifah, N. (2016). Sosiologi Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Hurlock, E. B. (Edisi kelima, 1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Komariah, D. S. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Mutmainnah. (2017). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman; [3], 1, 7.

Ningrum, S. (2013). ”Menggagas Pendidikan Bermakna Bagi Anak yang Lamban Belajar (Slow Learner)”. Yogyakarta : FAMILIA.

Nurahmawati, A. (2017). Studi Kasus Tentang Motivasi Belajar Siswa Slow Learner Di Kelas III”. SDN Karangrejek 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-6 , 285-287.

Rahmayanti, V. (2016). ”Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok”. Jurnal SAP; [1]; 2, 17.

Santrock, J. W. (Edisi kedua, 2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, D. P. (2016). Penerimaan Sosial Teman Sebaya Terhadap Anak Autism Spectrum Disorder Di Kelas III Sekolah Green School Yogyakarta. ”Penerimaan Sosial Teman Sebaya Terhadap Anak Autism Spectrum Jurnal Widia Ortodidaktika Vol. 5 No. 11, 1190.

Shery Mead, D. H. (2001). Peer Support: A Theoretical Perspective. Psychiatric Rehabilitation Journal, 135.

Soeroso, A. (2008). Sosiologi 1. Jakarta: Yudhistira.

Solomon, P. (VOLUME 27 NUMBER 4 2004). PEER SUPPORT/PEER PROVIDED SERVICES UNDERLYNG PROCESSES, BENEFITS, AND CRITICAL INGREDIENTS. PSYCHIATRIC REHABILITATION JOURNAL, 393.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Pranadamedia Group.

Syah, M. (2018). Psikologi Belajar. Depok : PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Taylor, S. E. (2018). HEALTH PSYCHOLOGY. New York: McGraw-Hill Education.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009