SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI UNIVERSITAS DJUANDA

Main Article Content

Gina Rohmatunnisa Kholilah
Rima Nuraisyah
Ayuning Tyas
Annisa Nuraeni
Abdul Kholik

Abstract

Teknologi informasi yang semakin canggih menjadi latar belakang semakin berkembangnya sistem informasi manajemen yang digunakan di Universitas Djuanda. Sistem informasi manajemen merupakan proses operasional yang dirancang sesuai dengan standar yang ditentukan agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang ada di tingkat perguruan tinggi. Dengan adanya sistem informasi manajemen  maka informasi mengenai akademik dan non akademik lebih mudah diakses dan terkontrol, karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta memberikan kemudahan dalam pengawasannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menguraikan secara deskriptif mengenai Sistem Informasi Manajemen di perguruan tinggi. Implementasi sistem informasi manajemen sejak tahun 2016 dan sudah semakin berkembang.  Penelitian ini dilakukan di Universitas Djuanda dengan tujuan untuk memberikan gambaran sistem informasi manajemen yang digunakan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara serta studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan mengenai sistem informasi manajemen yang digunakan di Universitas Djuanda berkenaan dengan sistem manajemen yang digunakan, kendala, dan pengelolaan sistem yang digunakan.

Article Details

How to Cite
Kholilah, G. R., Rima Nuraisyah, Ayuning Tyas, Annisa Nuraeni, & Abdul Kholik. (2023). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI UNIVERSITAS DJUANDA. L AFF: URNAL OSIAL UMANIORA, 1(1), 20–27. etrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8181
Section
Articles

References

Agustin, H. (2019). Sistem Informasi Manajemen dalam Perspektif Islam. Depok: Rajawali Pres.

Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan Sistem Informasi dalam Perguruan Tinggi. Journal of Information Systems, 79-86.

Dhiny, Syamsun, M., & Agusta, I. (2017 Vol. 15 No. 2). Analisis Efektivitas Komunikasi Organisasi dalam Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 133-143.

Firdaus, A., Firdaus, & Bardadi, A. (n.d.). Analisis Sistem Informasi Manajemen Perkuliahan pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi, 272-287.

Joko, B. S. (Vol. 16 No. 2). Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi dalam Bidang Pendataan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 146-156.

Manuhutu, M. A., & Wattimena, J. (2019 ). Perancangan Sistem Informasi Konsultasi Akademik Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 149-156.

Mewengkang, R., Tumbel, G., Mamonto, F., & Joufree Rotty, V. N. (2021 Vol. 4 No. 2). Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Manajemen Akademik di Universitas Negeri Manado. Journal of Management, 318-339.

Pamungkas, S., Kusrini, & Prasetyo, A. B. (2021 Vol. 11 No. 2). Analisis TIngkat Kematangan Sistem Informasi Manajemen Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Palangkaraya Menggunakan

Most read articles by the same author(s)