PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH SMP ISLAM AL MUSTARIH

Authors

  • Muhamad Basir Jalil Universitas Djuanda
  • Hasan Bisri Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13345

Keywords:

Kepemimpinan kepala sekolah, Penerapan Manajemen Pendidikan, SMP Islam Al Mustarih

Abstract

Sekolah SMP Al Mustarih dikenal karena kepemimpinan aktif dan kreatif dari kepala sekolahnya yang memainkan peran strategis dalam menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif. Kepemimpinan kepala sekolah diidentifikasi sebagai faktor penting dalam keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan.  Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan di SMP Islam Al Mustarih. Metode survei kuantitatif digunakan dengan populasi 110 siswa dan sampel 36 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kepemimpinan kepala sekolah sebesar 46.69 (SD = 3.710) dan skor rata-rata penerapan manajemen pendidikan sebesar 39.86 (SD = 3.642). Uji normalitas menunjukkan distribusi data yang normal (p > 0,05). Selanjutnya, hasil regresi linier menunjukkan hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan penerapan manajemen pendidikan (r = 0,756, p < 0,05). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah menjelaskan 56,1% variasi dalam penerapan manajemen pendidikan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa kepala sekolah di Al Mustarih memainkan peran yang aktif dan strategis dalam menggerakkan seluruh sumber daya pendidikan yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap keseluruhan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

References

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Apriliani, R., Adri, H. T., & Indra3, S. (2024). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN NILAI-NILAI BUDAYA DI SD MUSLIM SUKSA THAILAND (Vol. 3).

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Dalam Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi Mallarangan, A. D., Rahman, A., Nur, S., Khusnul Lathifah, Z., & Lubis, F. M. (2024). Analysis Of The Influence Of Continuous Training Development And Education On Professional Competence Of Teachers In Public Schools. Journal on Education, 6(2), 13449-13456. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5194

Dr. Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. METODOLOGI PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Edisi ke 2., 2.

Fauzan Wakila, Y. (2021). Konsep dan Fungsi Manajemen Pendidikan. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.46799/jequi.v3i1.33

Fauzi, A. (2021). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(2). https://doi.org/10.24235/jiem.v5i2.9107

Fitriliani, A., & Latifah, Z. K. (2022). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa dan Siswi di SDN Cisarua 01. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 120-124. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v10i2.3468

Herlitasari, I., Maufur, M., & Indra, S. (2020). Manajemen Pembinaan Santri Melalui Kegiatan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Umm Aswaja Ciawi Bogor. TADBIR MUWAHHID, 4(2), 161. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3273

Illah, A., Mansur, R., Hidayatullah, M. F., Sariman, S., & Seena, I. (2022). Principal Leadership in Developing the Competence of Islamic Religious Education Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3), 404–419. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i3.2658

Kaiman, Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3).

Kepemimpinan, P., Sekolah, K., Manajemen, P., Sekolah, B., Sd, D., & Mbuik, H. B. (2019). Indonesian Journal of

Primary Education. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 28–37.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520

Mardhiyah Agung Wahyuningsih. (2023). Studi Korelasi Penerapan Manajemen Pendidikan dengan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta. Fahima, 2(2). https://doi.org/10.54622/fahima.v2i2.98

Murtopo, B. A. (2018). EVALUATIF PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 2(1). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v2i1.40

Mustari, M., S2, P., Agama-Agama, S., Sunan, U., Djati, G., & Bandung, B. (2022). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. www.pps.uinsgd.ac.id/saas2

Nurhayati. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam. Jmpis, 3(1).

Rachmawati, Y. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dalam Jurnal Pendidikan

Ekonomi IKIP Veteran Semarang | (Vol. 01, Nomor 01).

Ruqayah, Sy. R., Shunhaji, A., & Syaidah, K. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di PAUD Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 65–76. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.118

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, 2015.

Sugiyono. (2019). Sugiyono (2019. Dalam JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (Vol. 6, Nomor 1).

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Basir Jalil, M. ., Bisri, H., & Kholik, A. . (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH SMP ISLAM AL MUSTARIH. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 204–2018. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13345
Abstract viewed = 0 times