PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan membaca terhadap keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SDN Pasir Angin 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitantif, bersifat hubungan fungsional, dengan jenis penelitian ex post facto dan alat analisis regresi sederhana, adapun jumlah responden sebanyak 41 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan melalui wawancara, angket, hasil tes, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan membaca terhadap keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SDN Pasir Angin 02, hal ini disebabkan karena pembiasaan membaca siswa kelas VI di SDN Pasir Angin 02 masih tergolong kurang baik, dan baru diterapkan di SDN Pasir Angin 02 selama satu semester sehingga belum berjalan dengan maksimal.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Cahyani, Isah. 2012. Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.
Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gani, Bustami A. dkk. 1993. Al Qur’an dan Tafsirnya Jilid X Juz 28-29-30 Semarang: PT. Citra Effhar Semarang.
Juldianti. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Siswa Kelas III. Jurnal. Tidak diterbitkan. Pendidikan Dasar, Volume 7 Edisi 2. Jakarta.
Kholik, Abdul. 2017. Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat Desa Sadeng Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Taman Bacaan Masyarakat Keliling. Jurnal. Tidak diterbitkan. FKIP Universitas Djuanda Bogor. Bogor: Universitas Djuanda Bogor.
Humaira, M. A. (2015). Legenda Batu Hiu: Analisis Struktur, Konteks Penutur, Fungsi, dan Makna. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2): 108-120
Maulidia, Puspita, dkk. 2015. Masalah Minat Membaca Dikalangan Pelajar. Tempo. Co Nasional. diakses dari https://indonesiana.tempo.co/read/40172/2015/04/23/ithamaulidia/masalah-minat-membaca-di-kalangan-pelajar. pada tanggal 23 April.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara..
Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Permendiknas. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Salinan lampiran Permendikbud. Sekretariat Negara. Jakarta.
Sihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Juz’Amma. Jakarta: Lentera Hati.
Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV, 2013.
Sya, M. F. (2015). KETERAMPILAN MENULIS ESAI NARATIF BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEER REVIEW. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2): 96-107.
Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan bahasa. Bandung: CV Agkasa.
Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI SDN Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. e-jurnal. Tidak diterbitkan. Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V No. 6. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yasmin, Martinis. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jambi: Referensi GP Press Grup.