STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SCHOOL CAPACITY BUILDING DI SMPIT AL-KAHFI KECAMATAN CIGOMBONG KABUPATEN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan profesionalitas guru melalui school capacity building di SMPIT Al Kahfi Bogor, dengan melalui dua aspek penting dalam capacity building yaitu aspek pengembangan kepemimpinan dan aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian studi kasus yang digunakan sebagai upaya menggali informasi langsung dan mendalam. Data diambil dari data primer dan data sekunder yang bersumber langsung dari narasumber dan dokumen resmi yang dikeluarkan sekolah. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aspek pengembangan kepemimpinan di SMPIT Al Kahfi Bogor, kepala sekolah melakukan strategi melalui tiga indikator yaitu a) Visi pengembangan kepemimpinan, dilakukan dengan cara berkolaborasi program pemerintah dengan program sekolah dalam hal pengembangan profesionalitas guru. b) Self discipline , dilakukan dengan contoh nyata dalam memimpin, c) Self awareness, dilakukan melalui supervisi untuk membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam mengajar. 2) Aspek pengembangan SDM diantaranya: a) Continuous Professional Development (CPD) dilakukan dengan cara melanjutkan pendidikan S2 dan mengikuti program-program peningkatan profesionalitas berkelanjutan, b) learning organization, sekolah menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif melalui MGMP dan Raber (Raber berbagi), c) Pengembangan diri, dilakukan melalui pembacaan literatur dan eksplorasi metode pembelajaran baru, d) Cooperative Collegial Development, dengan melakukan kolaborasi dalam MGMP wilayah,dan pengimbasan kepada sekolah penggerak, e) Skill Development model, guru-guru akhir mengembangkan keterampilan dengan melalui penggunaan media pembelajaran interaktif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Djam'an Satori, D. M. (2013, Oktober). Model Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah (School Capacity Building) untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XVII, 184-192.
Elvira. (2021, Juli). Faktor Penyebab rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya pada Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi. Jurnal Ilmu Kependidikan dan Ilmu Keislaman, 16, 93-98.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020, Juni). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assessment): Upaya Perbaikan Bertumpu pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4, 30-41.
Irman Suherman, R. S. (2023). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 125-133. doi:10.30997/ejpm.v4i2.7353
Irsyada, D., & Kurniady, D. A. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dan Capacity Building Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD di Kabupaten Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII, 65-74.
Kurniawan, D., Puluhulawa, J., & Wantu, S. M. (2017, Mei). Capacity Building Dinas Pendidikan dalam Peningkatan Kinerja Guru (Studi Kasus Guru PPKn SMP di Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2, 211-129.
Lathifah, Z. K., Latif, A., Tambunan, E., Falimu, Harahap, H. S., & Noveny, R. M. (2022). Manajemen Pendidikan di Era Digital: Konsep, Strategi dan Aplikasi (1st ed.).
Lathifah, Z. K., Setyaningsih, S., & Wulandari, D. (2022). Development of Internal Quality Assurance System Model for Pesantren Using the 2020 Education Unit Accreditation Instrument. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 983–998. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.2246
Mallarangan, A. D. D., Rahman, A., Nur, S., Lathifah, Z. K., & Malini, F. (2024). Analysis Of The Influence Of Continuous Training Development And Education On Professional Competence Of Teachers In Public Schools. 06(02), 13449–13456.
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal INOVASI, 5, 1-10.
Rafa'ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: DEEPPUBLISH.
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.