BILINGUAL LEARNING: POTRET, IMPLEMENTASI, KETERCAPAIAN PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Main Article Content

Yulita Ling Ling
Pebria Dheni Purnasari
Silvester

Abstract

Bahasa merupakan ungkapan perasaan melalui kata-kata yang sering digunakaan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sering menggunakan bahasa untuk berkomuikasi dengan sesama manusia, terdapat beragam bahasa yang ada di dunia dan kemampuan penguasaan dua bahasa disebut bilingual. Implementasi bilingual saat ini masih terus diterapkan di Indonesia khususnya pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia meskipun hal ini jarang diterapkan di setiap instansi sekolah yang ada di Indonesia. Salah satu bahasa yang menjadi Bahasa bilingual di Indonesia yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada era modern saat ini penting untuk menguasai bahasa internasional yang berlaku di dunia yaitu bahasa Inggris. Indonesia menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang wajib menjadi mata pelajaran penting demi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembelajaran billingual di setiap jejang Pendidikan, seperti pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat implementasi pembelajaran billingual yang diterapkan Indonesia dalam berbagai tingkatan pendidikan, yang sudah menerapkan pembelajaran bilingual di Indonesia.

Article Details

How to Cite
Ling Ling, Y. ., Dheni Purnasari, P. ., & Silvester. (2024). BILINGUAL LEARNING: POTRET, IMPLEMENTASI, KETERCAPAIAN PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.12555
Section
Articles

References

Adlia Alfi riani, E. H. (2017). Kepraktisan Dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual. JURNAL KEPENDIDIKAN(1), 12-23.

Adri, Z. (2019). USIA IDELA MASUK SD: Sebuah Pendekatan Psikologi. Yugyakarta, Indonesia: Gre Publishing.

Artini, L. P., & Nitiasih, P. K. (2014). Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual (Vol. 1). Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Dewi, D. A., Bektiarso, S., & Subiki. (2017, Maret 1). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instructiondisertai Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dankemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 45-52.

Erie Agusta, N. N. (2019, MARET). Bilingual Module Innovation with Scientific-Based Regulated Learning Self Strategy. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 33-44.

Gusti Ayu Dewi Setiawati, A. A. (2018, MARET). PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS BILINGUAL SMP. Jurnal Bakti Saraswati, 7_NO 1, 207-216.

Hasbullah, Wiratomo, Y., & Rahmawati, E. Y. (2018, April 1). Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika BilingualBerdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 31-35.

Hidayati, N. N. (2020). Bilingualisme Dan Multilingualisme: Pro Dan Kontra. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 1-140.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. JURNAL UIN AR-Raniry, 27-38.

Juwantara, R. A. (2019, Juni 1). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 9, No. 1, 27-34.

Kurniawan, G. F. (2019, JUNI). Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Sejarah, 8, 68-75.

Laila, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Nkemampuan Komunikasi Matematika Siswa. JURNAL ILMU PENDIDIKAN INFORMAL, 463-474.

Lisnani, S. N. (2018, September). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan Pmri Berkonteks Kebudayaan Lokal. Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 345-356.

Mahmud, B. (2018). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar. Didaktika Jurnal Kependidikan, 76-84.

Marcelina Puspita, W. S. (2014). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Energi Di Alam Sekitar. Unnes Science Education Journal, 475-480.

NUGRAHENI, A. S. (2017, Juni 1). Implementasi Program Bilingual School Untukmeningkatkan Kecerdasan Linguistik di SD Intis School Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 81-100.

Oktavia Lendo, F. T. (2018). Evaluasi Evektifitas program bilingual terhadap kesempurnaan komunikasi siswa kelas 2 Sekolah Dasar Budi Luhur Pondok Aren. Forum Ilmiah, 15, 300-313.

Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. Edukasi, Vol 10, no.2, 167-178.

Rita Astika, A. M. (2019). Implementasi Pembelajaran Bilingual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8, 1-9.

Sihaloho, M. (2022). Sekolah Berstandar Nasional (SBI). Jurnal Akademika, 1, 33-34.

Sujana, W. C. (2019, April). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 29-39.

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik (Vol. 1). (S. Amalia, Ed.) Yokyakarta, Indonesia: Uny Press.

Trisnanti1, I. A., Tirtayani, L. A., & Putra, I. K. (2018). Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaananak Kelompok B Tk Gugus Mawa. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 8(3), 344-352.

Ulfah, A. A., Dimyati, & Putra, J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1844-1852.

Yelis Nurwahidah, T. L. (2020, Desember). Implementasi manajemen kesiswaan pada sekolah bertaraf internasional. Jurnal Pendidikan Islam, 118-126.