ANALISIS STRUKTUR TENSES DALAM PERCAKAPAN SEDERHANA: PRESENT SIMPLE TENSE, PRESENT CONTINUONS TENSE DAN PRESENT PERFECT TENSE Indonesia

Main Article Content

Anida Ashri
Davin Naila Frayoga
Neng Zahra Nurraya Fitri
Siti Marwa Awaliah

Abstract


Penguasaan tenses merupakan salah satu komponen penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang menunjukkan waktu terjadinya suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan tenses dalam percakapan bahasa Inggris. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan tenses pada present simple tense, present continuons dan present perfect tense yang terdapat dalam isi percakapan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis isi. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing tense memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Impikasi dari penelitian ini memberikan pemahaman tentang penggunaan grammatical present tense dalam sebuah percakapan bahasa Inggris. 





 


Article Details

How to Cite
Ashri, A., Davin Naila Frayoga, Neng Zahra Nurraya Fitri, & Siti Marwa Awaliah. (2024). ANALISIS STRUKTUR TENSES DALAM PERCAKAPAN SEDERHANA: PRESENT SIMPLE TENSE, PRESENT CONTINUONS TENSE DAN PRESENT PERFECT TENSE: Indonesia. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(1), 75–80. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i1.11748
Section
Articles

References

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804

Amelia Dini, B. D. D. (2022). EFEKTIFITAS METODE AUDIO-LINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS DIALOG PADA SISWA KELAS 3 SD DI KOTA KARAWANG. Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 2003–2005. www.aging-us.com

Budi, W., & Ekhsan, M. (2020). Pelatihan Tata Bahasa Inggris Dasar Secara Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas SDM Pada Siswa SMP N 10 Tambun Selatan. Jpm: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–21.

Ema, D. (2019). Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 2, Edisi September 2019. 20(September), 274–290.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2023). School policy and support in creating English learning as a foreign language that contains character and Tawhid values. 050007. https://doi.org/10.1063/5.0142466

Lestari. (2019). Analisis Penggunaan “Simple Present Tense” dengan Menggunakan Metode Drilling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9288

Manik, T. M., Sulistiyo, U., & Wuladari, B. A. (2021). PENGEMBANGAN MODUL TENSES BAHASA INGGRIS SISWA. JOEAL (Journal of Education and Instruction), 4, 6.

Megawati. (2019a). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNIK MIND MAPPING PADA MAHASISWA STKIP KUSUMANEGARA JAKARTA. JIP STKIP KUSUMA Negara, 11(01), 1–16.

Megawati, E. (2019b). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 11(01), 39. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3076

Megawati, E. (2019c). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PENGAJARAN TENSES PADA MAHASISWA EFL. 11(1), 39–50.

Merita, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Present Continuous Tense Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 379. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10806

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.12

Sari, B. W., & Hartanto, A. D. (2016). PENERAPAN KONSEP GAMIFICATION DALAM MERANCANG APLIKASI PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN POLA MVC. Jurnal Ilmiah, 17, 32–37.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Tsalshabila, B. B., Jr, D. S., Ramadhana, D. W., & Puspitaningtyas, A. (2023). Desa Bejijong To the Next Level Bersama Pojok Literasi Bahasa Inggris Bem Fisip Untag Surabaya. Jurnal Pengabdian Nasional, 03(01), 59–68.

Wibowo, A. (2020). ENGLISH FOR COMMUNICATION 3. In Textbook.

Yuswardi, Y., Zulkarnaini, I., & Rizani, F. (2021). Fitur Tata Bahasa Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Web. Jurnal Tika, 6(01), 35–43. https://doi.org/10.51179/tika.v6i01.411