Motivasi Orang Tua Memilih Pesantren Sebagai Sarana Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan mayoritas dipengaruhi oleh keinginan orang tua dalam memilih pendidikan yang lebih baik, hal ini disebabkan orang tua menginginkan pendidikan anak sebisa mungkin jauh lebih baik dari pada orang tuanya, tidak terpatok pada pendidikan orang tuanya, karena dengan pendidikan anaknya yang jauh lebih baik dari orang tuanya, wawasan anak akan bertambah anak juga mampu menghadapi persaingan di masa yang akan datang untuk kehidupan masa depan yang lebih baik pula. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran tentang motivasi orang tua dalam memilih pesantren sebagai sarana pendidikan, motivasi orang tua, memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren Salafi Terpadu Darussyifa Al-fitroh Perguruan Yaspida Sukabumi ini, pertama orang tua memilih pondok pesantren darussyifa Al-fitroh sebagai sarana pendidikan bagi anaknya karena adanya motivasi instrinsik dari dalam diri orang tua yang memiliki harapan anaknya menjadi anak yang berperilaku baik, sopan santun, dan memiliki pegangan hidup yang baik akan pengetahuan agama, terdidik mandiri, serta menjadi anak yang takhdim kepada kyai dan guru. Kedua, adalah motivasi ekstrinsik yaitu antara lain motivasi dari luar yang memiliki pengaruh bahwa pondok pesantren merupakan ruang lingkup yang membentuk dan membina akhlak, moral yang sesuai dengan ajaran agama serta faktor alumni dari pondok pesantren yang telah mengaplikasikan didikan pondoknya kepada masyarakat sekitar.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Moleong, L. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mubarok, E., & Sastra, A. (2018). Pesantren Penyemai Generasi Insan Kamil. Uika Press.
Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.