Motivasi Orang Tua Memilih Pesantren Sebagai Sarana Pendidikan

Main Article Content

Mohammad Ilham Nudin
Omon Abdurakhman
Syukri Indra

Abstract

Motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan mayoritas dipengaruhi oleh  keinginan orang tua dalam memilih pendidikan  yang  lebih baik, hal ini disebabkan orang tua menginginkan  pendidikan anak sebisa mungkin jauh lebih baik dari pada orang tuanya, tidak terpatok pada pendidikan orang tuanya, karena dengan pendidikan anaknya yang  jauh lebih baik dari orang tuanya, wawasan anak akan bertambah anak juga mampu menghadapi persaingan di masa yang akan datang untuk kehidupan masa depan yang lebih baik pula. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan motivasi orang tua memilih pesantren sebagai sarana pendidikan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa gambaran tentang motivasi orang tua dalam memilih pesantren sebagai sarana pendidikan, motivasi orang tua, memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren Salafi Terpadu Darussyifa Al-fitroh Perguruan Yaspida Sukabumi ini, pertama orang tua memilih pondok pesantren darussyifa Al-fitroh sebagai sarana pendidikan bagi anaknya karena adanya motivasi instrinsik dari dalam diri orang tua yang memiliki harapan anaknya menjadi anak yang berperilaku baik, sopan santun, dan memiliki pegangan hidup yang baik akan pengetahuan agama, terdidik mandiri, serta menjadi anak yang takhdim kepada kyai dan guru. Kedua, adalah motivasi ekstrinsik yaitu antara lain motivasi dari luar yang memiliki pengaruh bahwa pondok pesantren merupakan ruang lingkup yang membentuk dan membina akhlak, moral yang sesuai dengan ajaran agama serta faktor alumni dari pondok pesantren yang telah mengaplikasikan didikan pondoknya kepada masyarakat sekitar.

Article Details

How to Cite
Nudin, M. I., Abdurakhman, O., & Indra, S. (2020). Motivasi Orang Tua Memilih Pesantren Sebagai Sarana Pendidikan. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 3(1), 1–16. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/2609
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.

Moleong, L. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mubarok, E., & Sastra, A. (2018). Pesantren Penyemai Generasi Insan Kamil. Uika Press.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.