ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU DONGENG PESERTA DIDIK ANAK-ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13325Keywords:
Nilai Karakter, Dongeng, Buku DongengAbstract
Dongeng adalah sebuah karya sastra yang mempunyai kontribusi terkait penanaman dan pengembangan nilai-nilai karakter yang biasanya diintegrasikan di dalam mata pelajaran, seperti dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan mata pelajaran yang sesuai untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai-nilai karakter yang pada dongeng di pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diambil dari jurnal-jurnal nasional terbitan dari tahun 2017 - 2023. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 10 jurnal di penelitian ini memiliki nilai karakter yang berbeda-beda, namun memiliki urgensi yang sama yaitu menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai Karakter kepada siswa di sekolah dasar melalui cerita dongeng agar siswa dapat mudah memahami dan mudah untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.
References
Anggraini, A. F., Mukhoiyaroh, & Farisia, H. (2022). 3 1,2,3. Jurnal Pelang: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 61–72.
Apriani, O. Z., Wurjinem, W., & Kustianti, S. K. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Cerita Rakyat Sang Piatu Menjadi Raja Dari Daerah Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 251–257. Https://Doi.Org/10.33369/Juridikdas.3.2.251-257
Arliani, B. N., Musaddat, S., & Safruddin. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Suku Sasak “Putri Mandalika” Sebagai Bahan Ajar. Pelita : Jurnal Pembelajaran, Linguistik Dan Sastra., 1(2), 15–25.
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan Pkm Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. Https://Doi.Org/10.54371/Ainj.V1i1.11
Dwi Apriliani, D., Nurdianasari, N., Darmayanti, V., Badrus Sholeh Arif, M., & Cahyanto, B. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Domba Dan Sahabat Rimba Karya Kak Thifa Sebagai Alternatif Bahan Ajar Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 110–119. Https://Doi.Org/10.26740/Eds.V7n2.P110-119
Humaira, Megan Asri, Sudjani, Halim Deski, Sya, Mega Febriani, Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, Radif Khotamir. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552.
Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentuk Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26. Https://Doi.Org/10.26499/Jentera.V6i1.334
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 1(1), 39–43. Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V1i1.3202
Lathifah, Z. K., Helmanto, F., Pintu, J., Ciawi, T., & Djuanda, U. (2019). Orang Tua Sebagai Panutan Islami Anak. Didaktika, 6(2), 131–136.
Lathifah, Z. K., & Rusli, R. K. (2019). Pembiasaan Spiritual Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. Tadbir Muwahhid, 3(1), 14–26.
Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual Dalam Pembentukan Karakter Pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values And Character Education Journal, 2(1), 11. Https://Doi.Org/10.23887/Ivcej.V2i1.17924
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340.
Putri, E. A., Adri, H. T., & Lathifah, Z. K. (2023). Mentoring In The Implementation Of Student Character And Creativity Education In Sb Kampung Bharu , Malaysia. Proceeding Of 7th Djuanda International Conference, 20, 229–235.
Rouli Simanullang, William T.Sitorus, Widya Octavianty, F. L. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Kupu-Kupu Indah Yang Sombong Karya Yoga Triana. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 154–161.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, Dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. Https://Doi.Org/10.14710/Anuva.2.1.99-106
Sari, M. (2020). Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang Ipa Dan Pendidikan Ipa , Issn : 2715-470x ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa. 41–53.
Uswatun Khasanah, Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 60–64. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1611
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
![](/public/site/images/admin/88x311.png)