Integrasi Tauhid dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDIT Raudhatul Jannah

Main Article Content

Rina Mirawati
mega febriani sya

Abstract

Lembaga pendidikan Islam berupaya
mewujudkan pembelajaran yang di desain secara
integratif, menyatukan antara ilmu pengetahuan
umum dengan ilmu pengetahuan agama. Lembaga
pendidikan Islam harus siap menciptakan
keseimbangan untuk mencetak generasi yang tidak
hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan umum saja
tetapi juga dapat membentuk insan yang berakhlak
mulia dengan berlandaskan tauhid. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui proses integrasi tauhid
dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD IT
Raudlatul Jannah yang menjadi latar dari penelitian.
Proses integrasi ini dapat mentransmisikan nilai
karakter tauhid yang disisipkan dalam pembelajaran
bahasa Inggris untuk berperan menyeimbangkan
antara ilmu pengetahuan umum dengan ilmu
pengetahuan agama sebagai dasar pondasi yang
kokoh agar peserta didik mampu memfilter hal-hal
buruk dari nilai budaya luar yang tidak sesuai dengan
nilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk
mendeskripsikan proses integrasi tauhid dalam
pembelajaran bahasa Inggris kelas IV pada materi
speaking, listening, reading, writing di SD IT Raudlatul
Jannah. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif
menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dengan instrument pertanyaan yang telah di validasi
oleh validator ahli dan dokumentasi. Penelitian ini
menghasilkan temuan berupa gambaran proses
integrasi tauhid dalam pembelajaran bahasa Inggris
kelas IV pada materi speaking, listening, reading,
writing di SD IT Raudlatul Jannah.

Article Details

How to Cite
Mirawati, R., & febriani sya, mega. (2022). Integrasi Tauhid dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDIT Raudhatul Jannah. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(4), 284–302. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6786
Section
Articles

References

Ahsin W. al-Hafidz, Kamus Ilmu al-

Qur’an, (Jakarta: Amzah, 2005),

hlm. 303.

Al-Ghazali. (1975). Ihya

ulumuddin. Kudus: Darul Kutub Al-

ilmiyah.

Amrullah. (2017) Pendidikan Islam

Kontemporer. Malang: UIN-

Malang Press (Anggota IKAPI).

Bandri. (1994). The Dilemma of Muslim

Psychologists. Diterjemahkan

oleh Siti Zainab Luxfiati dengan

judul Dilema Psikolog Muslim,

Jakarta: Pustaka Firdaus.

Brown, H.D. (2001). Teaching by

Principles: An Interactive

Approach to Language

Pedagogy, New York: Addison

Wesley Longman, Inc..

Chitravelu, N. Sithamparam, S. &

Choon, T.S. (2005). ELT

Methodology: Principles dan

Practice (2 nd edition). Selangor

Darul Ehsan: Oxford Fajar

Sdn.Bhd..

Departemen pendidikan dan

kebudayaan, Kamus Besar

Bahasa Indonesia, (Jakarta:

Balai Pustaka, 1995) hlm. 105.

Dinas Pendidikan. (1994). Kurikulum

Muatan Lokal Bahasa Inggris.

Tenggarong: Diknas Kabupaten

Kutai Kartanegara.

Djiwandono. (2008). Tes Bahasa,

Jakarta: PT Indeks.

Emzir. (2012). Analisis Data: Metode

Penelitian Kualitatif, Jakarta:

Rajawali Pers.

Fulcher, G. (2000). The Communicative

Legacy in Language Testing.

Diakses pada 25 Desember

, dari

http://languagetesting.info/articl

es/store/FulcherCLT.pdf.

Ghony, Al Manshur. (2012) Metode

Penelitian, Jakarta: Arp-ruzz

Media.

Hardiansyah. (2010). Metodologi

Penelitian Kualitatif untuk Ilmu

ilmu Sosial, Jakarta: Salemba

Humanika

Haris. (2012). Pendidikan Karakter

Berbasis Tauhid, Sidoarjo: Al-

Afkar Press.

Harmer, J. (2004). How to Teach

Writing, England: Pearson

Education Limited.

Harmer, J. (2007b). The Practice of

English Language Teaching.

Harlow, Essex: Pearson

Education, Ltd.

Hasan, H. (2014). Sistem Pendidikan

Nasional Berdasarkan

Tauhid. Madaniyah, 4(1), 78-92.

Helgesen, M. (2003). Listening. Dalam

D. Nunan (Ed). Practical

English Language Teaching.

New York: McGraw Hill.

Hiebert, E. H. & Kamil, M. L. (2005).

Teaching dan Learning

Vocabulary: Bringing Research

to Practice. London: Lawrence

Erlbaum Associates.

Juliya, Z. S. (2014). Hubungan antara

kedisiplinan menjalankan salat

tahajjud dengan kecerdasan

emosional santri di Pondok

Pesantren Jawaahirul Hikmah

III Besuki Kabupaten

Tulungagung (Doctoral

dissertation, Universitas Islam

Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Kadaruddin. (2017). Metode

Pembelajaran Bahasa Inggris

Berbasis Multimedia,

Yogyakarta: Grup Penerbitan

CV Budi Utama.

Kalin, Ibrahim. (2012) Three Views of

Science in the Islamic World in

Islam dan Science: Historic dan

Contemporary Perspectives,

Studies in the Islam dan

Science Nexus. Ed. Muzaffar

Iqbal (England : Ashgate

Publishing Limited).

Kosak M. (2011). The Types of

Reading dan Exercises for

Teaching Reading. Diakses

pada 9 Maret, 2020 dari

http://www.e-

osnova.ru/PDF/osnova_10_0_6

pdf.

Majid, Andayani. (2012) Pendidikan

Karakter Perspektif Islam,

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Marzuki, M. A., & Hukum, F. I. S.

(2012). Pendidikan Agama

Islam.

Masrifah, S. (2013). Peranan

Kebersihan Lingkungan

Sekolah Dalam Mendukung

Aktivitas Belajar Siswa di

Madrasah Ibtidaiah al-Ihsan

Banjarwungu Kecamatan Tarik

Sidoarjo (Doctoral dissertation,

UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mayers, A. (2005). Writing with

Confidence: Writing Effective

Sentences dan Paragraphs,

London: Longman Publication

Group.

Moleong. (2000). Metode Penelitian

Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nunan, D. (2003) Practical English

Language Teaching, New York:

Mcgraw Hill.

Patriana, Pradnya. (2007). Hubungan

Antara Kemandirian Dengan

Motivasi Bekerja Sebagai

Pengajar Les Privat Pada

Mahasiswa Di Semarang.

Jurnal.Semarang: Universitas

Diponegoro.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional, Kamus Besar Bahasa

Indonesia (Jakarta: Pusat

Bahasa, 2008), hlm. 590.

Rasyid, D. (2000) Islam dalam

Berbagai Dimensi, Jakarta:

Gema Insani

Rusyan. (2006). Pendidikan Budi

Pekerti, Jakarta: Inti Media

Cipta Nusantara, hlm. 25.

Sanusi. (2006). Jalan Kebahagiaan,

Jakarta: Gema Insani, hlm.103.

Sudrajat, D. (2015). Studi tentang

pelaksanaan pengajaran

bahasa Inggris di SD kota

Tenggarong. CENDEKIA:

Journal of Education dan

Teaching, 9(1), 13-24.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Methods),

Bandung: Alfabeta, hlm. 316.

Syarbini, Haryadi. (2010). Dahsyatnya

sabar, syukur dan ikhlas

Muhammad SAW, Bandung:

Ruang Kata.

Thornbury, S. (2002). How to Teach

Vocabulary, England: Pearson

Education Limited.

Wilson, J. (2008) How to Teach

Listening, Essex: Pearson

Education Limited.