Integrasi Tauhid dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDIT Raudhatul Jannah
Main Article Content
Abstract
Lembaga pendidikan Islam berupaya
mewujudkan pembelajaran yang di desain secara
integratif, menyatukan antara ilmu pengetahuan
umum dengan ilmu pengetahuan agama. Lembaga
pendidikan Islam harus siap menciptakan
keseimbangan untuk mencetak generasi yang tidak
hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan umum saja
tetapi juga dapat membentuk insan yang berakhlak
mulia dengan berlandaskan tauhid. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui proses integrasi tauhid
dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD IT
Raudlatul Jannah yang menjadi latar dari penelitian.
Proses integrasi ini dapat mentransmisikan nilai
karakter tauhid yang disisipkan dalam pembelajaran
bahasa Inggris untuk berperan menyeimbangkan
antara ilmu pengetahuan umum dengan ilmu
pengetahuan agama sebagai dasar pondasi yang
kokoh agar peserta didik mampu memfilter hal-hal
buruk dari nilai budaya luar yang tidak sesuai dengan
nilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk
mendeskripsikan proses integrasi tauhid dalam
pembelajaran bahasa Inggris kelas IV pada materi
speaking, listening, reading, writing di SD IT Raudlatul
Jannah. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif
menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dengan instrument pertanyaan yang telah di validasi
oleh validator ahli dan dokumentasi. Penelitian ini
menghasilkan temuan berupa gambaran proses
integrasi tauhid dalam pembelajaran bahasa Inggris
kelas IV pada materi speaking, listening, reading,
writing di SD IT Raudlatul Jannah.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ahsin W. al-Hafidz, Kamus Ilmu al-
Qur’an, (Jakarta: Amzah, 2005),
hlm. 303.
Al-Ghazali. (1975). Ihya
ulumuddin. Kudus: Darul Kutub Al-
ilmiyah.
Amrullah. (2017) Pendidikan Islam
Kontemporer. Malang: UIN-
Malang Press (Anggota IKAPI).
Bandri. (1994). The Dilemma of Muslim
Psychologists. Diterjemahkan
oleh Siti Zainab Luxfiati dengan
judul Dilema Psikolog Muslim,
Jakarta: Pustaka Firdaus.
Brown, H.D. (2001). Teaching by
Principles: An Interactive
Approach to Language
Pedagogy, New York: Addison
Wesley Longman, Inc..
Chitravelu, N. Sithamparam, S. &
Choon, T.S. (2005). ELT
Methodology: Principles dan
Practice (2 nd edition). Selangor
Darul Ehsan: Oxford Fajar
Sdn.Bhd..
Departemen pendidikan dan
kebudayaan, Kamus Besar
Bahasa Indonesia, (Jakarta:
Balai Pustaka, 1995) hlm. 105.
Dinas Pendidikan. (1994). Kurikulum
Muatan Lokal Bahasa Inggris.
Tenggarong: Diknas Kabupaten
Kutai Kartanegara.
Djiwandono. (2008). Tes Bahasa,
Jakarta: PT Indeks.
Emzir. (2012). Analisis Data: Metode
Penelitian Kualitatif, Jakarta:
Rajawali Pers.
Fulcher, G. (2000). The Communicative
Legacy in Language Testing.
Diakses pada 25 Desember
, dari
http://languagetesting.info/articl
es/store/FulcherCLT.pdf.
Ghony, Al Manshur. (2012) Metode
Penelitian, Jakarta: Arp-ruzz
Media.
Hardiansyah. (2010). Metodologi
Penelitian Kualitatif untuk Ilmu
ilmu Sosial, Jakarta: Salemba
Humanika
Haris. (2012). Pendidikan Karakter
Berbasis Tauhid, Sidoarjo: Al-
Afkar Press.
Harmer, J. (2004). How to Teach
Writing, England: Pearson
Education Limited.
Harmer, J. (2007b). The Practice of
English Language Teaching.
Harlow, Essex: Pearson
Education, Ltd.
Hasan, H. (2014). Sistem Pendidikan
Nasional Berdasarkan
Tauhid. Madaniyah, 4(1), 78-92.
Helgesen, M. (2003). Listening. Dalam
D. Nunan (Ed). Practical
English Language Teaching.
New York: McGraw Hill.
Hiebert, E. H. & Kamil, M. L. (2005).
Teaching dan Learning
Vocabulary: Bringing Research
to Practice. London: Lawrence
Erlbaum Associates.
Juliya, Z. S. (2014). Hubungan antara
kedisiplinan menjalankan salat
tahajjud dengan kecerdasan
emosional santri di Pondok
Pesantren Jawaahirul Hikmah
III Besuki Kabupaten
Tulungagung (Doctoral
dissertation, Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Kadaruddin. (2017). Metode
Pembelajaran Bahasa Inggris
Berbasis Multimedia,
Yogyakarta: Grup Penerbitan
CV Budi Utama.
Kalin, Ibrahim. (2012) Three Views of
Science in the Islamic World in
Islam dan Science: Historic dan
Contemporary Perspectives,
Studies in the Islam dan
Science Nexus. Ed. Muzaffar
Iqbal (England : Ashgate
Publishing Limited).
Kosak M. (2011). The Types of
Reading dan Exercises for
Teaching Reading. Diakses
pada 9 Maret, 2020 dari
http://www.e-
osnova.ru/PDF/osnova_10_0_6
pdf.
Majid, Andayani. (2012) Pendidikan
Karakter Perspektif Islam,
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Marzuki, M. A., & Hukum, F. I. S.
(2012). Pendidikan Agama
Islam.
Masrifah, S. (2013). Peranan
Kebersihan Lingkungan
Sekolah Dalam Mendukung
Aktivitas Belajar Siswa di
Madrasah Ibtidaiah al-Ihsan
Banjarwungu Kecamatan Tarik
Sidoarjo (Doctoral dissertation,
UIN Sunan Ampel Surabaya).
Mayers, A. (2005). Writing with
Confidence: Writing Effective
Sentences dan Paragraphs,
London: Longman Publication
Group.
Moleong. (2000). Metode Penelitian
Kualitatif, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nunan, D. (2003) Practical English
Language Teaching, New York:
Mcgraw Hill.
Patriana, Pradnya. (2007). Hubungan
Antara Kemandirian Dengan
Motivasi Bekerja Sebagai
Pengajar Les Privat Pada
Mahasiswa Di Semarang.
Jurnal.Semarang: Universitas
Diponegoro.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional, Kamus Besar Bahasa
Indonesia (Jakarta: Pusat
Bahasa, 2008), hlm. 590.
Rasyid, D. (2000) Islam dalam
Berbagai Dimensi, Jakarta:
Gema Insani
Rusyan. (2006). Pendidikan Budi
Pekerti, Jakarta: Inti Media
Cipta Nusantara, hlm. 25.
Sanusi. (2006). Jalan Kebahagiaan,
Jakarta: Gema Insani, hlm.103.
Sudrajat, D. (2015). Studi tentang
pelaksanaan pengajaran
bahasa Inggris di SD kota
Tenggarong. CENDEKIA:
Journal of Education dan
Teaching, 9(1), 13-24.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mixed Methods),
Bandung: Alfabeta, hlm. 316.
Syarbini, Haryadi. (2010). Dahsyatnya
sabar, syukur dan ikhlas
Muhammad SAW, Bandung:
Ruang Kata.
Thornbury, S. (2002). How to Teach
Vocabulary, England: Pearson
Education Limited.
Wilson, J. (2008) How to Teach
Listening, Essex: Pearson
Education Limited.