ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SDN PAJAJARAN BOGOR
Main Article Content
Abstract
Dalam kontinum proses pembelajaran terdapat peran sebagai teladan dan pemandu terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan untuk menghubungkan dan mentransformasikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh melalui pemecahan masalah secara kritis dan kreatif. Youtube dipandang sebagai media yang berpotensi meningkatkan pembelajaran anak. Bahasa Inggris sangat penting karena digunakan sebagai bahasa resmi internasional serta bahasa pengantar dalam bisnis, pendidikan, komunikasi massa dan hiburan, sehingga penting untuk terus belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas yang menggunakan Youtube sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas V SDN pajajaran Bogor. Pendekatan kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus yang memfokuskan pada kegiatan penelitian ilmiah dengan menganalisis dan memahami fenomena sosial yang diamati. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan. Melalui kajian hasil analisis kemampuan berpikir tingkat lanjut diperoleh skor sebesar 54% yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat lanjut siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ketika menggunakan Youtube sebagai sarana belajar bahasa Inggris.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563
Kusuma, D., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa SMP. Manajer Pendidikan, 254–262.
Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., & Rusli, R. K. (2022). Islamic Classroom Management Model in Thailand’s Primary Schools. Kependidikan, 8(4), 857–868.
Lathifah, Z. K., Latif, A., Tambunan, E., Falimu, Harahap, H. S., & Noveny, R. M. (2022). Manajemen Pendidikan di Era Digital: Konsep, Strategi dan Aplikasi (1st ed.).
Pandang, S., Kami, K., Studi, P., & Fasilitas, L. D. A. N. (2022). Hambatan pembelajaran bahasa inggris di indonesia. 2, 1–2.
Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas , Fungsi dan Peran Guru Profesional.
Sari, T. T., & Hanip, R. (2018). Pendekatan Scientifik Dalam Penerapan Kkni Pada Pembelajaran Ips Sd. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.5
Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PheT: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.591