ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SDN PAJAJARAN BOGOR

Main Article Content

Yulia Apriani
Mega Febriani Sya
Zahra Fitrah Raja Guk Guk
Anne Affane

Abstract

Dalam kontinum proses pembelajaran terdapat peran sebagai teladan dan pemandu terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan untuk menghubungkan dan mentransformasikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh melalui pemecahan masalah secara kritis dan kreatif. Youtube dipandang sebagai media yang berpotensi meningkatkan pembelajaran anak. Bahasa Inggris sangat penting karena digunakan sebagai bahasa resmi internasional serta bahasa pengantar dalam bisnis, pendidikan, komunikasi massa dan hiburan, sehingga penting untuk terus belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas yang menggunakan Youtube sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas V SDN pajajaran Bogor. Pendekatan kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus yang memfokuskan pada kegiatan penelitian ilmiah dengan menganalisis dan memahami fenomena sosial yang diamati. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan. Melalui kajian hasil analisis kemampuan berpikir tingkat lanjut diperoleh skor sebesar 54% yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat lanjut siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ketika menggunakan Youtube sebagai sarana belajar bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Apriani, Y., Febriani Sya, M., Fitrah Raja Guk Guk, Z. ., & Affane, A. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SDN PAJAJARAN BOGOR . AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 88–98. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12795
Section
Articles

References

Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563

Kusuma, D., Zakaria, Z., & Djuwita, P. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa SMP. Manajer Pendidikan, 254–262.

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., & Rusli, R. K. (2022). Islamic Classroom Management Model in Thailand’s Primary Schools. Kependidikan, 8(4), 857–868.

Lathifah, Z. K., Latif, A., Tambunan, E., Falimu, Harahap, H. S., & Noveny, R. M. (2022). Manajemen Pendidikan di Era Digital: Konsep, Strategi dan Aplikasi (1st ed.).

Pandang, S., Kami, K., Studi, P., & Fasilitas, L. D. A. N. (2022). Hambatan pembelajaran bahasa inggris di indonesia. 2, 1–2.

Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas , Fungsi dan Peran Guru Profesional.

Sari, T. T., & Hanip, R. (2018). Pendekatan Scientifik Dalam Penerapan Kkni Pada Pembelajaran Ips Sd. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.5

Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PheT: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal, 2(1), 40–46. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.591