Pengembangan Agroindustri Sagu Menjadi Cemilan Sehat “Bagea Sahe” Melalui Identifikasi Preferensi Konsumen di Sulawesi Tenggara

Main Article Content

Asriani Asriani
Juwita Juwita
Dhian Herdhiansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut cemilan sehat ”Bagea Sahe“ yang berasal  dari bahan baku sagu dan jahe. Penentuan lokasi dilakukan dengan  metode purposive. Pemilihan responden dengan teknik convenience sampling, jumlah responden sebanyak 30 orang yang bertindak sebagai  konsumen. Teknik analisis data dengan menggunakan skala likert.  Variabel yang digunakan berupa atribut rasa, tingkat kemanisan, tekstur,  cemilan sehat dan kemasan terhadap cemilan “Bagea Sahe”  Hasil analisis  diketahui bahwa tingkat preferensi responden paling tinggi terdapat  pada atribut cemilan sehat (3,65) dan yang paling rendah adalah atribut kemasan (2,37).

Kata kunci : Preferensi, konsumen, agroindustri, sagu,  bagea sahe.

Article Details

How to Cite
Asriani, A., Juwita, J., & Herdhiansyah, D. (2021). Pengembangan Agroindustri Sagu Menjadi Cemilan Sehat “Bagea Sahe” Melalui Identifikasi Preferensi Konsumen di Sulawesi Tenggara. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL, 7(2), 117–125. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/Agrohalal/article/view/4195
Section
Articles

References

Abidin et al. 2020. Analisis Kelayakan Dan Perspektif Pengembangan Pengolahan Sagu Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. 22(3):307-319.

Abidin Z & Asaad M. 2018. Pengembangan bioindustri sagu menjadi gula cair mendukung swasembada gula nasional. Dalam Pertanian Bioindustri: Solusi pertanian masa depan. Editor: L.Hutahaean, Rubiyo dan R. Hendayana. IAARD Press. p105 -120.

Angriva S & Sunyigono AK. 2020. Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Produk Madu PT Kembang Joyo. Agriscience 1(1):186-199.

Asriani & Herdhiansyah D. 2016. The Implications of Government Policy for the Development of Agro-industry Sago with SWOT Analysis. International Journal of Business and Management Invention. 5(7):18 – 22.

Asriani & Herdhiansyah D. 2020. Tingkat Pemahaman Petani Kakao Terhadap Inovasi Bubuk Coklat. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2): 122 – 229.

Azmi AS, Malek MIA, Puad NIM. 2017. A review on acid and enzymatic hydrolyses of sago starch. International Food Research Journal. 24(Suppl): 265 -273.

Budiyanto A. 2015. Bioindustri sagu. Makalah Disampaikan pada pelatihan Diversifikasi Olahan Sagu di BPTP Sulawesi Tenggara, Kendari tanggal 23 Oktober 2015.

Cahyono S & Tjokropandojo DS. 2002. Peran Kelembagaan Petani Dalam Mendukung Keberlanjutan Pertanian Sebagai Basis Pengembangan Ekonomi Lokal. Perencanaan wilayah dan kota. 7(2):1-8.

Chaudhury, R. R. (2015). Herbal remedies and traditional medicines in reproductive health care practices and their clinical evaluation. Journal of Reproductive Health and Medicine. 1(1): 44–46.

Delfitriani D, Rahmaningrum V, Ginantaka A. 2020. Desain Afektif Kemasan Produk Household Care Berbahan Baku Serat Selulosa pada PT XY. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 9(2): 134-142.

Dirjen Perkebunan Indonesia. 2019. Statistik perkebunan Indonesia. Sagu 2015–2017. Dirjen Perkebunan Indonesia, Jakarta.

Helviani H, Taridala SAA, Bafadal A, Budiyanto B. 2018. Preferensi Konsumen Sagu Di Kota Kendari. Jurnal Sosio Agribisnis. 3(1):16-29.

Hidayat AR. 2001. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Teh di Lingkungan Mahasiswa Universitas Jember. [Skripsi] Universitas Jember, Jember.

Kotler P & Keller KL. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Cetakan II Edisi 12. Benyamin M, penerjemah; Bambang S, editor. PT Indeks Terjemahan dari: Marketing Management, Jakarta.

Khotimah DK & Mayulu,H. 2019. Preferensi Konsumen Terhadap Karkas Ayam Broiler Segar Dan Beku Di Kota Samarinda. Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis. 1(1):1-9.

Kurniati E, Silvia E, Efendi Z. 2016. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kue Baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. 8(2):67-7.

Kusnandar, Mardikanto T, Wibowo A. 2010. Manajemen Agroindustri. Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Lawless HT & Heymann H. 2010. Principles of Good Practice. In: Sensory Evaluation of Food. Food Science Text Series, Springer, New York, 57-77.

Novita I, Miftah H, Sunaryo, MA. 2020, Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Obat Herbal Kunyit Putih. JURNAL AGRIBISAINS. 4(2):81-88.

Rahardjo SA. 2017. Analisis Atribut yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk HOMDS Teh Hijau. PERFRMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(6):739-745.

Ramadhani F, Barokah U, Sutrisno, J. 2020, Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Teh Di Kabupaten Sukoharjo. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian 4(1):21-29

Rosalina Y & Silvia E. 2015. Kajian Perubahan Mutu selama Penyimpanan dan Pendugaan Umur Simpan Keripik Ikan Beledang dalam Kemasan Polypropylene Rigid. J. Tekn. dan Industri Pertanian Indonesia. 7(1):1 – 6.

Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar statistik untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Cetakan Keempat. Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2000. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Supriyati N & Suryani E. 2016, ‘Peranan, Peluang dan Kendala Pengembangan Agroindustri di Indonesia’, Forum penelitian Agro Ekonomi. 4(2):92-106.

Taridala SAA, Saediman, Merdekawati I. 2013. Pemasaran Sagu (Metroxylon sp). Prosiding seminar nasional: Menggagas kebangkitan komoditas unggulan lokal pertanian dan kelautan. Fakultas pertanian Universitas Trunojoyo Malang. p. 202 – 211

Udayana IGB. 2011. Peran Agroindustri dalam Pembangunan Pertanian. Jurnal Teknologi Industri Pertanian.

Yusriana Y, Erfiza NM, Jainuddin J, Nilda C. 2017. Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kue Bhoi Khas Aceh di Kota Banda Aceh. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. 9(2): 76-81.